Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Setting Grafis Game 3D Pada VGA AMD Crimson



AMD baru saja merilis Driver baru bernama Crimson yang menggantikan driver yang lama bernama Catalyst, Crimson dikatakan lebih baik dibanding Catalys karena dibuat dari NOL, artinya AMD benar-benar merancang Crimson berbeda dari Catalyst. Beberapa perbedaan yang dapat di temui seperti membuka aplikasi Crimson yang terasa lebih cepat, dimana pada catalyst akan menemui loading yang lumayan lama, beberapa perbedaan lain seperti optimasi kinerja. Crimson sepenuhnya mendukung semua kartu grafis AMD  arsitektur GCN (Graphic Core Next) untuk 64bit maupun 32bit, unduh drivernya disini.


Hampir tidak ada perbedaan istilah yang ditemui antara AMD Crimson dengan Catalyst, Hanya saja Crimson datang dengan tampilan yang baru, disini yang membingungkan adalah tata letaknya saja jika anda pengguna yang terbiasa dengan Catalyst.

Perlu Dicatat Bahawa Crimson Lebih Di Optimalkan Untuk GPU Berarsitektur GCN (Graphic Core Next) Bukan TerraScale. Jika anda menggunakan arsitektur terra scale sebaiknya instal catalyst.

Cara Pengaturan Game Dan 3D ( Global Graphic )

Buka saja Tab Game dengan logo stik > Global Setting > Disana anda akan menemui Global Graphic dan Global Overdrive. Global Graphic untuk mengatur grafis 3D seperti anti aliasing, texture dan lainya.

Global OverDrive Untuk fitur Overclocking.

Jika anda tidak menyukai keterangan panjang yang akan saya terangkan, anda bisa meniru pengaturan grafis seperti pada gambar diatas. Tetapi jika masih mengalami masalah dalam performa game, anda bisa membaca isi artikel ini sehingga menjadi sedikit lebih paham cara menyesuaikan kemampuan VGA Card anda dengan pengaturan grafis.

Untuk membuka Driver Klik kanan pada jendela Desktop lalu pilih Catalys / Crimson. Penjelasan dan tutorial dimaksudkan untuk mendapatkan performa game terbaik di perangkat komputer anda.
Untuk membuka Driver Klik kanan pada jendela Desktop lalu pilih Catalys / Crimson.

Anti Aliasing

Atas: Antialias OFF. Bawah: Antialias ON
Fitur ini untuk menghaluskan garis grid yang ada pada bidang miring sehingga tampak halus. semakin tinggi level anti aliasing, semakin halus permukan garis miring dan semakin besar pula beban komputasi kinerjanya. ada 3 pilihan pengaturan:

Dari yang saya rasakan, antialiasing menyedot banyak performa. saya sarankan untuk dinonaktifkan fitur Anti Aaliasing karena tidak setimpal antara kualitas grafis yang didapat dan pengorbanan performa.

1. Use Aplication Setting > artinya pengaturan grafis mengikuti pengaturan game bukan crimson.
2. Enhance Aplication Setting > akan aktif jika pada pengaturan fitur antialiasing pada game dinonaktifkan, mungkin lebih tepatnya melapisi pengaturan yang tidak aktif.
3. Override Aplication Setting > artinya pengaturan grafis game akan mengikuti pengaturan Crimson bukan game.

Anistrophic Filter Mode
Kiri: Anistrophic OFF. Kanan: Anistrophic ON.

Fitur ini meningkatkan fokus tekstur gambar pada permukaan grafis yang berada di sudut pandang miring sehubungan dengan sudut pandang kamera yang biasanya gambar mengalami bercak-bercak tidak rapi. Ini mirip seperti kamera menggunakan lensa yang fokus terhadap jarak tertentu saja.

Jika diaktifkan maka gambar akan lebih rapi dan lembut, tingkat fokus tergantung pada level pengaturan, semakin tinggi semakin jauh jarak kamera yang fokus namun semakin menyedot performa GPU.

1. Use Aplication Setting > artinya pengaturan grafis mengikuti pengaturan game bukan crimson.
2. Override Aplication Setting > artinya pengaturan grafis game akan mengikuti pengaturan Crimson bukan game.

Texture Filter Mode

Kiri: antialiasing OFF, texture filter OFF. Tengah: antialiasing ON, textur filter OFF. Kanan: antialiasing On, texture filter ON.

Fitur ini hampir mirip dengan antialiasing, perbedaan textur filter adalah fitur ini untuk menghaluskan gambar pada permukaan 3d, sedangkan antilalias untuk menghaluskan gambar pada permukaan 2d.

Yang saya rasakan Textur filter hampir tidak menguras performa cocok untuk bandwidth memory VRAM tinggi, jadi set pada level tertinggi.

1. High > artinya kualitas texture di tingkatkan dan mendukung efek bayangan.
2. Standar  > artinya masih mendukung efek bayangan tapi texture menjadi blur.
3. Performance > artinya textur tidak mendukung fitur bayagan dan kualitas menjadi blur

Surface Format Optimization Setting 
Sebuah efek demosi yang merubah grafis 64 bit ke 32 bit agar lebih mudah diproses, tetapi mengurangi kualitas grafis.

Fitur ini dapat meningkatkan performa hingga 30%, jadi aktifkan saja.

Surface Format Optimization sendiri merupakan trik AMD untuk mempercepat proses kalkulasi framebuffer, dengan mengurangi kalkulasi biner pada nilai warna framebuffer. fitur ini tersedia pada driver seri Catalyst Control Center v10.10e keatas dan kemungkinan besar tersedia untuk semua seri Crimson. Fitur ini membawa mode 32bit bukan 64bit, dan pada pencitraan warna digital yang saya tau saat ini ada Red, Green, Blue, dan Alpha atau lebih dikenal sebagai RGBA. masing-masing membawa nilai 16bit artinya seperti ini Red = 16bit, Green = 16bit, Blue = 16bit, Alpha = 16bit. sehingga didapat hasil 16 + 16 + 16 + 16 = 64, umunya grafis game sepenuhnya menggunakan 64bit untuk satu texel.

Untuk mengurangi memory dan mempercepat proses, fitur Surface Format Optimization akan mengubah nilai bit pada masing-masing warna menjadi Red = 11bit, Green = 11bit, Blue = 10bit, Alpha = None. Sehingga didapat nilai 11 + 11 + 10 = 32, Fitur ini akan membuat nilai kalkulasi menjadi 32bit untuk setiap satu texel, sehingga perhitungan menjadi sederhana dan cepat tentunya. Umunya fitur Surface Format Optimization mampu meningkatkan kinerja hingga sebesar 30% namun mengurangi kualitas grafis walau tidak terlalu mencolok.

VSync
VSync atau disebut / memiliki kepanjangan Vertical Synchronization atau dalam bahasa indonesia memiliki arti 'menyingkronkan garis vertikal'. Monitor / TV akan menghasilkan seluruh warna pada layar dengan mengganti warna pixel ( titik ) secara urut, dimulai dari deretan paling atas, dari pixel kiri kekanan, lalu deretan-deretan pixel ke bawahnya ( Vertikal ) dan selanjutnya, dan itu di lakukan secara cepat dan berulang-ulang, dan mata manusia sulit menangkapnya.

Dikarenakan sebuah Frame harus ditampilkan dengan jadwal yang telah di tetapkan, terkadang ada beberapa deretan Pixel yang belum diganti warnanya. contoh adegan 60 fps, artinya dalam satu detik GPU harus mampu menghasilkan 60 adegan gambar penuh, namun dikarenakan proses untuk menggambar sebuah frame menjadi berat akhirnya terjadi keterlambatan penggambaran, jika hal ini terjadi maka GPU akan melewati proses tersebut dan melanjutkan adegan gambar selanjutnya, ini membuat gambar terlihat robek seperti gambar di atas. Hal lain juga dapat menyebabkan gambar robek adalah Refresh Rate, dimana antara monitor dan mesin pengolah grafis memiliki Refresh Rate yang berbeda.

Fungsi Firtur VSync berguna untuk membuat GPU menggambar adegan Frame dengan penuh dan tidak akan menggambar frame berikutnya sebelum frame yang ia kerjakan sudah selesai. ini membuat gambar tidak akan terlihat robek, sehingga adegan gambar terlihat singkron, tetapi biasanya akan memberi pengaruh terhadap resource komputasi GPU.

Triple Buffer
Berfungsi untuk memproses sebuah adegan frame selanjutnya, sebelum ditampilkan ke layar, biasanya frame-frame yang telah di proses di simpan di memory VRAM dalam bentuk framebuffer. Fitur ini memanfaatkan resource komputasi GPU yang masih kosong untuk mengerjakan adegan frame berikutnya, sehingga dapat meninggkatkan kualitas gambar, karena gambar terlihat bergerak lebih halus.

Kesalahan Mengartikan VSync. Apakah Vsync mengotrol jumlah frame? tidak. VSync hanya menyingkronkan penggambaran pada pixel-pixel yang berderet secara vertikal dengan menyamakan jumlah refresh rate monitor.

Tessellation

Fitur ini untuk menggandakan Polygon/Segitiga pada Object 3D sehingga lekukan-lekukan pada permukaan 3d tampak halus dan realistis. Pilih AMD Optimize pada semua pilihan.

Frame Target Control
Merupakan fitur untuk mengontrol jumlah fps ( frame per second ), Frame per Second merupakan jumlah gambar yang muncul dalam satu detik, sebuah adegan animasi tersusun dari frame-frame, Frame tadi berganti-ganti terus menerus dilayar sehingga menghasilkan animasi bergerak. Normalnya untuk menghasilkan grafis terbaik atur ke 60fps, sedangkan terendah adalah 55fps. Jangan atur di bawah 55fps takutnya game berjalan seperti mengalami lag atau patah-patah.

Global Overdrive

 Tips untuk melakukan overclocking yang saya rasa aman karena telah saya uji dari perangkat harga sedang dengan cara ubah clock GPU menjagi Full, Naikkan Clock memory 2 tingkat jangan lebih, Ubah nilai tegangan ke Full, Atur Fan bekerja Full. Alhamdullillah sejauh ini aman-aman saja di VGA saya.

Tips untuk melakukan overclocking yang saya rasa aman karena telah saya uji dari perangkat harga sedang dengan cara ubah clock GPU menjadi Full, Naikkan Clock memory 2 tingkat jangan lebih, Ubah nilai tegangan ke Full, Atur Fan bekerja Full. Alhamdullillah sejauh ini aman-aman saja di VGA saya.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+

34 comments

sama gan saya juga tidak ada global overdrive nya

global overdrive untuk seri overclock aja.. GPU mobile gak direkomendasikan..

https://www.youtube.com/watch?v=QJlepf8OdNc

Klo yg dual VGA gmn y?

http://www.dukuntekno.com/2016/03/cara-mengaktifkan-fitur-amd-crossfire.html

Ane udh update ke amd crimson versi 16.1.1
Prosesor amd a8 6410 amd radeon R5
Vga 1 gb
Ram 8 gb
Laptop mrek Hp pau 15-f100 dx
Ko dimainin pes 2016 masih lag yahh

vga nya dari apu kan bukan vga card? coba setting grafis pesnya.. folder instalasi pes ada aplikasi setting.. atur grafisnya lwt situ..

Gan klo untuk seri amd fx 9800..koq di widows 7 ga muncul untuk driver vga dual grafik r8 nya...yg ada r7..

cobak cara ini gan.. http://www.dukuntekno.com/2016/03/cara-mengaktifkan-fitur-amd-crossfire.html

di crymson punya saya, saat masuk ke radeon settings, gaada setting untuk gamingnya gan?? cuman ada powerplan dll, saya Asus X555dg

punya saya ga mau diupdate, udah bolak balik nyoba update tapi ttep aja masih seri 16.3.2 , padahal sekarang udah 16.7.3 , mohon pencerahan gan

Cobak uninstal dulu driver AMD ampe keakar2nya menggunakan Display driver uninstaller yg bisa di unduh di sini http://www.guru3d.com/files-details/display-driver-uninstaller-download.html
setelah itu instal driver AMD versi terbaru..

gan laptop saya acer 4745G HD 5470 masih 512mb grapiknya si, saya instal crimson atau amd catalisyt kok beda ya dengan dengan diver yang dulu bawaan cd laptop (masih pake ATI catalisyt), klo yang dulu saat tekan tombol P yang ada disamping tombol eject dv-room itu bs swicth ke mode yang kita inginkan, alias bisa pilih vga amd atau yg dari intel yg mau di pilih, tp klo yg skg gbs, mnrt saya cenderung yang di pake yg AMD, jadi kipas laptop/vga sll muter kenceng, dan saat streaming youtube dengan bebrapa tab pasti laptop panas dan ngelag2 (macet2), apakah driver baru tdk suport atau windowsnya yg tidak suport untuk swicth saat di tekan tombol P, atau saya yang kurang paham mengenai cara vga bekerja, mf saya pemula,mohon pencerahannya

Masuk Radeon Additional Setting untuk setting power.. klo kesulitan masuk menu additional, bisa ikuti langkah2 crossfire ini karena caranya sama2 masuk menu additional http://www.dukuntekno.com/2016/03/cara-mengaktifkan-fitur-amd-crossfire.html

Apakah prosesor apu bisa ditambah grafis card gan?
Soalnya kasus saya sama kaya yg di atas ini

Kalo Laptop kebanyhakan tidak bisa ditambah graphic card. tip lain agar bermain game lebih lancar:
-pakai win 10 64bit
-charging laptop ketika ngegame
-gunakan RAM dual channel untuk maksimalkan APU
-Cobak pada bagian setting grafis set off/low semua kecuali pada Texture filter, triple buffer, shader chace, surface optimization.

soal produk acer 4745G HD 5470 yang tidak lagi mendapatkan suport penuh dari drive amd bis tanya2 di forum resmi acer http://community.acer.com/t5/Discussion-Forums/ct-p/boards.

atau anda download driver crimsonnya jngn di situs amd, tp di situs acer.

sori lg s update komenya.. lg d cek soalnya... :p

kak mohon pencerahannya
cara setting amd radeon setting untuk pes 2016?
ane pake asus x454y amd radeon grapichs r5

Setting pes http://www.dukuntekno.com/2016/09/setting.amd.pes.html

Setting Apu http://www.dukuntekno.com/2016/10/Set.APU.html

Min..,gimna yah..supaya bisa keluar global override di crimsonnya,saya cuma ada global graphicnya aj,mohon bantuan ma petunjuknya ya min

q blum pernah ngalamin, tp cobak cara berikut:
- cobak pake driver catalyst bukan crimson
- uninstal driver dengan display driver unindtaler di http://www.guru3d.com/files-details/display-driver-uninstaller-download.html lalu intal ulang driver, pastikan instal driver yang sesuai untuk gpu anda..
- uninstal apliakasi over drive pihak ke3 klo pake aplikasi overdrive pihak ke3

sementara itu saran yg bisa saya beri.. yg laen mungkin ada yg tau..???

Salam, saya pakai radeon r7 2gb. Kalo saya pake ram 4gb vga terbaca 4gb. Tapi kalo saya pakai ram 8gb vga hanya terbaca 1.7gb saja. Tolong bantu jelaskan. Maaf merepotkan. Hehe salam.

Salam, saya pakai radeon r7 2gb. Kalo saya pake ram 4gb vga terbaca 4gb. Tapi kalo saya pakai ram 8gb vga hanya terbaca 1.7gb saja. Tolong bantu jelaskan. Maaf merepotkan. Hehe salam.

mimin gk tau ya.. munking mobo di PC agan gk suport rank channel pada ram 8gb agan.. cobak di pake di mobo lain yg speknya lbh tinggi ama pinda HDD nya buat load OS agan..

trus jg liat mobo agan maximal suport ram berapa giga? contoh biasanya klo mobonya nax suport 8gb maka ruang ram bakal keptong..

Mimin bisa bantu gak, saya pake lenovo amd A8 7410 graphic R5 intergrated settingan amd crimson yang paling pas buat gaming gimana ya? makasih min

klo saya sendiri pas maen game di GPU yg low.. yang saya setting Maximal cuman texture filter.. ama resolusinya saya samakan ama layar.. lainya seperti anti aliasing (AA), anitrophic, dll saya set low / off..

min punyaku kok cuma ada gaming sama system doang ya ? mohon pencerahannya

seri gpu nya apa ya mas bro? trus d perangkat laptop apa d komputer..

Gini mas bro Fahmi, tiap GPU membawa fitur yg tertanam secara hardware.. ini juga yg membuat tiap seri GPU memiliki driver khusus.. seperti crimson untuk HD5450 berbeda dengan crimson untuk HD7870.. contoh kecil pada crimson untuk HD5450 tidak ada fitur shader chace sedang di HD7870 ada.. contoh lain di R9 Nano ada pilihan Power Efficiency, yg lain mungkin tidak..

aku pake amd r7m360 kang kadang2 pas buka radeon setting , keluar tulisan "no amd graphic driver is installed or amd driver is not functioning properly. please install the amd driver appropriate for your amd hardware" tapi kadang2 bisa, padahal udah download di web nya langsung

cobak instal ini mas gan Fahmi
http://support.amd.com/en-us/download/auto-detect-tool

ama instal .net framework 4.6