Pengertian ROPs, TMUs Dan Shader Pada GPU Graphic Card



Graphic Card merupakan sebuah mesin untuk mengolah grafis, hardware grafis ini memiliki bagian-bagiannya sendiri ketika melakukan pengolahan data grafis, setia data grafis diolah secara bertahap, dan pada tahap yang berbeda data grafis tersebut akan dialihkan untuk melakukan perhitungan lain sebelum tahap akhir yaitu ditampilkan ke layar. contohnya adalah ROPs, TUMs dan Shader, semua GPU yang mendukung efek 3D memiliki bagian ini yang tertanam secara hardware. Berikut ulasan singkat mengenai keduanya.

ROP ( Render Output Procces ) adalah komponen hardware pada Graphics Processing Unit ( GPU ) dan merupakan langkah akhir dalam proses rendering pada akselerator 3D. tiap pipeline mengambil informasi pixel dan texel lalu memprosesnya melalui operasi matriks dan operasi vektor, dan terakhir menentukan warna pada pixel di layar. Proses ini disebut rasterization. ROPs melakukan prosesnya antara warna buffer dalam memori lokal, serta mencampurkan mereka bersama-sama dengan hitungan tertentu. Metode antialiasing berbasis hardware seperti MSAA juga merupakan bagian dari operasi ROPs.

TMU ( Tekstur Mapping Unit ) adalah unit yang mengambil warna ke layar ketika CPU membaca tekstur pada posisi tertentu. TMUs melakukan konversi dari tekstur piksel format untuk float4, lalu melakukan penyaringan dengan texels sesuai pengaturan sampler, dan mungkin melakukan fungsi-fungsi khusus seperti kedalaman pemetaan bayangan asli. Masing-masing juga memiliki cache sendiri untuk mendapatkan speedup berturut-turut.

Adegan 3D umumnya terdiri dari dua hal: geometri 3D dan tekstur. unit tekstur dalam kartu video mengambil tekstur dan bentuk geometri, lalu membungkus geometry dengan tekstur dan menghasilkan piksel bertekstur yang kemudian dapat ditulis ke layar dan membentuk gambar 3D. Tekstur dapat menjadi gambar yang utuh seperti peta cahaya, atau bahkan benjolan pemetaan.

Shader adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk melakukan shading dengan memproduksi nilai warna yang sesuai di dalam sebuah gambar. Shading juga berfungsi untuk menghasilkan efek khusus atau melakukan video pasca-processing . Intinya adalah Shader adalah sebuah program yang memberitahu komputer cara menggambar sesuatu dengan cara tertentu.

Secara teoritis jumlah unit ROPs, TMUs , dan shader adalah sama. Namun, pada 2004 terjadi perubahan dalam arsitektur hardware grafis, dimana beberapa komponen dalam GPU ( Graphic Processing Unit ) telah dipisahkan, hal ini untuk memungkinkan alokasi transistor agar lebih optimal untuk beban kerja dan jatah memori yang tersedia. Kedepan mesin pengolahr grafis akan terus memisahkan berbagai bagian lain dari arsitektur mereka untuk meningkatkan kemampuan untuk aplikasi grafis yang lebih dari sebelumnya. Desain ini juga memungkinkan pembuat chip untuk membangun modular line-up, di mana GPU Low End dan High End pada dasarnya menggunakan tehnik untuk mencetak chip dengan cara yang sama sehigga lebih murah dalam memproduksinya.