Penjelasan Dan Fungsi Bagian Bagian Motherboard Disertai Gambar

Setiap komputer memiliki bagiannya masing-masing, salah satu yang paling utama adalah Motherboard, motherboard lebih sering disebut sebagai mobo yang merupakan bagian dari komponen CPU. Motherboard atau mobo adalah komponen yang dipakai untuk memasang bagian-bagian dari CPU, seperti Prosesor, memory RAM, Harddisk, VGA Card, dll. Motherboard juga memiliki ukuran yang bervariasi, semakin besar ukuranya semakin banyak komponen yang dapat dipasang. Untuk memasang komponen tadi ke mobo anda harus tau dimana tempat prosesor pada mobo itu pasang, tempat ram dipasang, dan tempat untuk komponen lain.

Disini saya akan menjelaskan nama-nama dari bagian motherboard dan fungsinya, gambar di bawah saya ambil dari motherboard bermerek ASUS dengan model atau seri P8H67. Oke deh, yuk kita langsung saja ke penjelasan yang akan Dukun Tekno berikan. Gambar dibawah juga telah saya beri nomor-nomor untuk menunjukkan nama tempat komponen-komponen tertentu untuk dipasangkan ke mobo.
1. Socket Prosesor
Gambar contoh mobo dengan socket prosesor 1155 yang telah terpasang proseosor
Socket merupakan tempat prosesor di tanam, jadi disanalah tempat untuk memasang prosesor ketika ingin dipasang dan prosesor memiliki salah satu fungsi vital, yaitu memproses perhitungan digital. Perlu diperhatikan bahwa prosesor tertentu hanya kompatible dengan socket tertentu, contoh Core i5 1155 hanya kompatibe/cocok dengan motherboard yang memiliki socket 1155. Gambar contoh mobo ASUS P8H67 diatas memiliki socket 1155.

2. Slot RAM
Gambar memasang RAM ke Slot RAM dengan memperhatikan pembatas
Merupakan tempat untuk Memory RAM dipasang, motherboard diatas menggunakan memory RAM jenis DDR3. Sampai artikel ini ditulis, ada 4 jenis memory RAM DDR. Yaitu DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4. Perhatikan bahwa Slot untuk RAM DDR3 hanya cocok dengan DDR3 dan tidak akan cocok dengan Memory RAM DDR1, DDR2 dan DDR4. Ini dikarenakan pembatas pada RAM dan Slot RAM hanya kompatible / cocok dengan slot dan ram yang sama, cobalah lihat pembatas yang ada pada gambar diatas.

3. 28 Pin Power Connector
Merupakan konektor power 28 (24+4 pin) dari powersuply. Disinilah suplai listrik diberikan kepada motherboard melalui PSU (Power Suply Unit).  Ingat, 24 pin dan 8 / 4 pin power akan terhubung dengan perangkat PSU, jadi disinilah PSU terhubung.

4. Port SATA
Merupakan port Serial Advance Technology Atachment atau sering di sebut SATA, Serial ATA /SATA berbeda dengan ATA, SATA lebih baru, modern dan lebih canggih. Fungsi SATA biasa digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan HDD / Harddisk drive.

5. Port IDE / ATA
Fungsinya sama dengan SATA yaitu untuk menghubungkan Mobo / Motherboard dengan HDD, namun port IDE merupakan teknologi lama. Motherboard keluaran terbaru sudah tidak mendukung port IDE/ATA. Jika anda menemukan Mobo dengan port IDE, kebanyakan mobo keluaran lama era Intel Core 2 Duo.

6. System Panel Connector
tombol port usb, audio, restar, power, on Off
Panel yang menghubungkan dengan tombol-tombol pada kasing komputer, seperti tombol On/Off. Anda lihat ada tombol Power di kasing CPU? nah tombol-tombol tadi terhubung dengan panel ini.

7. Serial Port Connection
Menghubungkan dengan port USB, Audio pada Kasing komputer. Anda meliha port USB dan Audio di kasing CPU? Panel inilah yang akan terhubung dengan port USB dan Audio yang ada di kasing.

8. Slot PCI
Merupakan port tambahan agar motherboard bisa ditambahkan perangkat Hardware yang tidak tertanam pada Motherboard itu sendiri. seperti TV Turner, Sound Card, LAN Card, Video Receiver, dll.

9. Slot PCI Express 2.0 x1 (PCIe x1)
Fungsinya hampir sama dengan PCI tetapi memiliki teknologi yang lebih maju sehingga lebih canggih, yaitu untut menambahakan komponen seperti TV Turner, Sound Card, LAN Card, Video Receiver, dll.

10. Slot PCI Express 2.0 x16 (PCIe x16)
Port PCIe X16 digunakan untuk memasang VGA Card. Ingat bahwah bentuk slot PCI, PCIe x1, PCIe x16 memiliki bentuk yang berbeda, sehingga hanya kompatibel / cocok dengan slot tertentu. Contoh VGA Card yand dibuat untuk slot PCIe x16 hanya cocok untuk slot PCIe x16.

11. Batery Cmos
Berfungsi untuk menyimpan tanggal dan waktu ketika komputer dimatikan. Seperti jam, ketika komputer dinyalakan, komputer akan selalu kembali di tanggal dan waktu yang tepat, ini karena settingan waktu tersimpan berkat adanya batery cmos. selain menyimpan settingan waktu, batery cmos juga berfungsi sebagai penyimpan pengaturan system. Lalu bagai mana jika batery cmos habis? Jika batery CMOS habis, maka pengaturan tanggal akan kembali ke tanggal dimana motherboard itu selesai di rakit, dan anda perlu menyeting sistem motherboard kembali.

12. 8 Pin Power Connector
Untuk menyalurkan daya listrik ke motherboard, motherboard tertentu bisa datang dengan 4 pin atau 8 pin power connector. Tergantung daya yang dibutuhkan oleh motherboard itu sendiri. Ingat, 24 pin dan 8 / 4 pin power akan terhubung dengan perangkat PSU, jadi disinilah PSU terhubung.

Nah diatas merupakan penjelasan mengenai bagian-bagian dari motherboard, jika ada kesalahan penulisan mohon dikoreksi. Sekian Dan Terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Penjelasan Dan Fungsi Bagian Bagian Motherboard Disertai Gambar"

Post a Comment