Cara Merakit Komputer Untuk Pemula Beserta Gambar

Kali ini Dukun Tekno akan membuat tutorial dan panduan cara merakit bagian komputer dengan baik dan benar, Cocok untuk anda yang sedang mengerjakan tugas sekolah atau hanya sekedar ingin merakit komputer (PC) sendiri karena tidak perlu membayar jasa teknisi komputer. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan tutorial ini adalah praktekan setiap langkah-langkahnya dengan hati hati dan silahkan bertanya melalui komentar jika masih bingung. Ini dikarenakan komponen elektronik komputer cukup rapuh sehingga harus dilakukan dengan hati-hati.

Selain dilakukan dengan hati-hati, anda harus menentukan spesifikasi komputer dengan benar. Seperti  contoh misalnya, spesifikasi motherboard dengan RAM DDR3, berarti Motherboard hanya suport RAM DDR3 atau Prosesornya yang hanya cocok dengan prosesor tertentu. Tenang nanti akan saya jelaskan spesifikasi apa saja yang saling kompatibel, anda bisa berkomentar mengenai hal ini. Jika kolom komentar tidak muncul coba buka situs ini menggunakan Google Chrome, Baiklah langsung ke tutorial saja yaa!.

Alat Kerja
1. Obeng Plus dan Min, Saya Sarankan jangan cuma satu. Siapkan lebih dari satu dengan bentuk yang berbeda-beda.

Bahan-Bahan Bagian Komputer Yang Akan Dirakit
1. Kasing Dan Sekrup Bawaan Kasing.
2. Motherboard
ASUS P5G41-M LX
Gambar Motherboard dengan model ASUS P5G41-M LX yang tertulis di permukaan.
Perhatikan spesifikasi motherboard anda, seperti tipe prosesor apa yang di dukung, ram ddr berapa yang didukung, selain itu Mobo memiliki beberapa tipe ukuran yang berbeda-beda. Pada permukaan moteheboard biasanya ada tulisan model / tipe motherboard, anda bisa menggunakan nama model tersebut untuk mencari mengenai spesifikasi teknis motherboard di internet, contoh: ASUS P5G41-M LX seperti gambar diatas.

3. Prosesor
4. Heatsink Kipas
5. RAM
6. Power Supply
7. Hardisk / HDD (Hard Disk Drive)
8. Keboard + Mouse
9. LCD Monitor
10. Perangkat Optional Jika Harus Dibutuhkan:
  • VGA CARD
  • Speaker

Langkah-Langkah Merakit Komputer
1. Langkah Memasang Prosesor Dan Heatsink Ke Mobo

cocokkan segitiga yang ada pada socket dan prosesor
Pertama yang harus anda perhatikan adalah mencocokkan segitiga yang ada pada socket dan prosesor. Ketika prosesor dipasang pada socket mobo, posisi sudut segitiga di prosesor harus sama dengan posisi segitiga di socket. Lihat gambar diatas, klik untuk perbesar.

memutar pengunci mengikuti arah panah, makan pengunci akan terbuka dan jika memutar dengan arah sebaliknya maka pengunci akan terkunci.
Langkah seleanjutnya adalah memasang heatsink prosesor, yang harus diperhatikan ketika memasang heatsink prosesor adalah bagian pengunci. Jika anda memutar pengunci mengikuti arah panah, makan pengunci akan terbuka dan jika memutar dengan arah sebaliknya maka pengunci akan terkunci.

2. Langkah Memasang RAM Ke Mobo
sesuikan arah pembatas pada memory RAM dan slot RAM. Setelah itu pasang dengan benar.

Persihkan RAM dan Slot RAM, hal ini dilakukan karena kebanyakan komputer mati karena RAM kotor. Buka tuas pengunci pada slot RAM, sesuikan arah pembatas pada memory RAM dan slot RAM. Setelah itu pasang dengan benar.

3. Langkah Memasang Power Suply Ke Kasing

Pasang powersupply di bagian belakang, pastika kipas power supply mengarah kebelakang dan sesuaikan posisi sesuai dengan posisi lubang sekrup agar lebih mudah. Ini karena lubang sekrup pada Power supply memilki jarak sudut yang berbeda, sehingga jika posisi power suply terbalik lubang sekrup pada power suply dan kasing tidak akan saling bertemu.

4. Langkah Memasang HDD Ke Kasing
Masukkan HDD secara perlahan, HDD termasuk komponen yang mudah rusak jadi anda harus hati hati ketika memasukkanya. Masukkan HDD dan pasang sekrup HDD nya. Pastikan HDD tidak akan megganjal ketika Motherboard akan dipasang.

5. Langkah Memasang Mobo Ke Kasing
Ketika memasang mobo, bagian prosesor berada diatas. Pasang mobo dan sekrupnya.

6. Langkah Menghubungkan Kabel - Kabel Dan Tutup Kasing

Pasang kabel power suply ke mobo dan hardisk, pasang kabel IDE / SATA untk menghubungkan Mobo dengan HDD, Pasang kabel front panel dengan benar (lihat gambar diatas)

7. Langkah Menghubungkan Monitor, CPU, Keyboard Dan Mouse
Hubungkan bagian Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dengan kabel masing-masing port. Untuk menghubungkan Monitor dengan CPU, kabel untuk bagian ini memiliki ujung yang sama sehingga tidak ada masalah jika terbalik. Untuk menghubungkan Keyboard dan Mouse jika menggunakan kabel USB anda bisa mencolokkan kabel di depan atau dibelakang CPU.

8. Pengetesan
Untuk melihat apakah semua komponen terpasang dengan benar. Pertama-tama cobalah untuk menghidupkan komputer dengan menekan tombol power yang ada di casing, jika komputer hidup dan layar memunculkan menu BIOS berarti semua bagian komputer telah terpasang dengan benar. Ingat sampai tahap ini anda belum memasuki langkah menginstal OS sehingga komputer tidak akan masuk ke Windows, karena kita belum menginstal OS Windows.

Nah diatas merupakan tutorial Dasar-dasar cara merakit komputer untuk pemula, jika anda ingin bimbingan karena mungkin keterangan diatas kurang komplit, anda bisa berkomentar apa saja mengenai hal ini dan menjelaskan bagian mana yang masih kurang anda mengerti. Untuk sementara sekian dan terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Cara Merakit Komputer Untuk Pemula Beserta Gambar"

Post a Comment