Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Memasang Thermal Paste Pada CPU, GPU PC Komputer Desktop Dengan Benar


Arikel ini saya buat setelah melakukan perbaikan pasta CPU pada PC dan GPU pada VGA Card. Hasilnya suhu menurun antara 10% - 15%, bahkan pada VGA Card saya suhunya tidak pernah tembus 66 C untuk memainkan game seperti Battlefield4, rata-rata dibawah 50 C. Oke, langsung ke penjelasan.

Thermal paste merupakan sebuah paste yang berfungsi untuk mengisi sela-sela ruang kosong antara CPU dan Heatsink. ini bertujuan agar panas pada prosesor dapat mengalir lebih optimal ke heatsink. Tentunya permukanan penampang prosesor dan heatsing tidak sepenuhnya rata, ini akan terlihat jika dilihat menggunakan kaca pembesar atau juga karena kemiringan heatsink yang tidak sejajar dengan prosesor. Disini paste digunakan untuk mengisi sela-sela kosong yang disebabkan oleh permukaan yg tidak merata atau sudut kemiringan heatsing yang tidak sejajar dengan prosesor.

Maaf ya, gambar dari google. belum sempet foto :v.. klo bisa lebih tipis dari gambar di atas.

Nah yang ini adalah yang salah.. ingat penghantar panas terbaik bukanlah pasta, tetapi heatsink tembaga.

Ketika memberi paste pada permukaan prosesor atau GPU, oleskan sedikit sekali bahkan saking sedikitnya permukaan prosesor/GPU masih terlihat. Ingat paste bukanlah penghantar panas yang baik, penghantar panas yang baik adalah logam heatsink itu sendiri, maka dari itu jangan terlalu banyak memberikan paste. olehsakan minyak yang memiliki penghantar panas yang baik tetapi tidak mudah menguap pada permukaan Heatsink seperti minyak Zaitun atau Oli, olesnya jangan banyak cukup kasi minyak/oli di tisu lalu oleskan tisu tadi ke permukaan Heatsink.

Entar klo dah di SS tak kasih hasilnya kaya suhu porci ama gpu.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+