Cara Memasang Thermal Paste Pada CPU, GPU PC Komputer Desktop Dengan Benar


Arikel ini saya buat setelah melakukan perbaikan pasta CPU pada PC dan GPU pada VGA Card. Hasilnya suhu menurun antara 10% - 15%, bahkan pada VGA Card saya suhunya tidak pernah tembus 66 C untuk memainkan game seperti Battlefield4, rata-rata dibawah 50 C. Oke, langsung ke penjelasan.

Panas merupakan hal yang biasa pada komponen elektronik termasuk komputer, panas disebabkan oleh frequensi listrik pada chip IC, Bagian prosesor merupakan yang paling mudah mengalami panas yang berlebih dibandingkan komponen komputer yang lain. Bahan utama prosesor adalah silikon yaitu berfungsi sebagai bahan semi konduktor dan bahan lain seperti emas sebagai bahan penghantar listrik yang di susun menjadi bentuk tertentu hingga membentu suatu sirkuit yang terpadu. Panas di timbulkan oleh elektron-elektron listrik yang bergesekan dengan atom-atom logam penghantar listrik pada bagian prosesor. jika elektron dalam jumlah yang besar datang dan melewati sebuah logam pastinya akan menghasilkan panas yang luarbiasa.

Hubungan performa pada CPU dan Panas
Clock pada CPU/prosesor adalah sebuah denyutan listrik yang mengalir sepersekian kali dalam satu detik pada komponen prosesor. semakin banyak listrik mengalis melewati logam, akan semakin banyak panas yang ditimbulkan. Panas juga disebabkan oleh ukuran transistor pada prosesor, hanya beberapa nano meter saja (1cm = 10.000.000 nano meter), semakin besar ukuran transistor semakin banyak panas yang dihasilkan. Untuk mendinginkan komponen komputer dari suhu panas maka dipasangi sebuah Heatsink dan kipas / fan, heatsing berfungsi untuk menyerap panas pada prosesor sedangkan kipas berfungsi untuk membuang panas yang ada pada heatsing. Jadi proses aliran panas ini mengalir dari prosesor ke heatsink lalu panasnya dibuang oleh kipas.

Thermal paste berfungsi untuk mengisi sela-sela ruang kosong antara CPU dan Heatsink. ini bertujuan agar panas pada prosesor dapat mengalir lebih optimal ke heatsink. Dikarenakan permukanan penampang prosesor dan heatsing tidak sepenuhnya rata, akan ada sela sela kosong antara prosesor dan heatsink yang diakaibatkan oleh kemiringan ketika memasang heatsing ke prosesor, ini dapat berakibat panas tidak mengalir optimal. Nah, disinilah thermal paste digunakan untuk mengisi sela-sela kosong yang disebabkan oleh permukaan yg tidak merata atau sudut kemiringan heatsing yang tidak sejajar dengan prosesor, sehingga panas dapat sepenuhnya diserap oleh heatsink.
Nah yang ini adalah yang salah.. ingat penghantar panas terbaik bukanlah pasta, tetapi heatsink tembaga.
Ketika memberi paste pada permukaan prosesor atau GPU, oleskan sedikit, bahkan saking sedikitnya permukaan prosesor/GPU masih terlihat. Ingat paste bukanlah penghantar panas yang baik, penghantar panas yang baik adalah logam heatsink itu sendiri, maka dari itu jangan terlalu banyak memberikan paste. olehsakan minyak yang memiliki penghantar panas yang baik tetapi tidak mudah menguap pada permukaan Heatsink seperti minyak Zaitun atau Oli, oleskan secukupnya, caranya gunakan tisu untuk mengoleskan minyak ke permukaan prosesor.

Entar klo dah di SS tak kasih hasilnya kaya suhu porci ama gpu.

Related Posts:

0 Response to "Cara Memasang Thermal Paste Pada CPU, GPU PC Komputer Desktop Dengan Benar"

Post a Comment