Cara Connect Menghubungkan Menggunakan Stik PS3 Ke PC Windows Via Bluetooth


Anda ingin memainkan game menggunakan stik PS3 di komputer windows? sebenarnya stik ps3 tidak didukung oleh sistem operasi windows, windows lebih cocok untuk dimainkan menggunakan stik XBox. Tetapi walaupun begitu anda masih tetap bisa menggunakan controller stik ps3 layaknya menggunakan stik xbox. Dengna driver khusus stik ps3 akan mendapatkan fungsionalitas layaknya stik xbox yang didukung oleh windows.

Perhatian:
Aplikasi MotionJoy akan menimpa driver bluetooth, otomatis bluetooth hanya dapat terkoneksi dengan Stik/Controller PS3 dan tidak dapat terkoneksi dengan perangkat lain misalnya keyboard, mouse, dll. sedangkan aplikasi Better DS3 merupakan konfigurasi tambahan supaya menangani Motion Joy yang error (kebanyakan motion joy terjadi error jika digunakan dalam kondisi sedang offline).

Bahan
1. PC/Komputer/Laptop Windows XP, 7, 8, 8.1, 10
2. Bluetooth 2.0
3. MotionJoy, pilih dari salah satu link dibawah.

4. Better DS3, pilih dari salah satu link dibawah.

5. Stick/Controller Wireless PS3

Langkah-Langkah 
( Tutorial menggunakan komputer Windows 7 )

1. Hubungkan Stik PS3 dengan komputer melalui kabel USB, ini berfungsi supaya Windows mendeteksi perangkat baru. Untuk melihat apakah terdeteksi atau tidak, klik Start > Control Panel > Hardware & Sound > Device And Printers.

2. Instal MotionJoy, Jika ini pertama kali komputer terinstal MotionJoy, anda harus melakukan konfigurasi driver MotioninJoy. Setelah Anda mengunduh dan memasang MotioninJoy, bukalah programnya untuk mengatur driver. Anda tidak akan membutuhkan MotioninJoy setelah memasang driver-nya.
  • Pilih tab “Driver Manager”.
  • Centang kotak untuk stik Anda di bagian “Hardware Location”. biasanya “Port ****".
  • Kiik tombol Load driver. Windows akan memperingatkan Anda bahwa driver tersebut tidak terpercaya. Lanjutkan saja instalasinya.

3. Setelah selesai, buka tab Profiles pada MotionJoy. Ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan sebelum ke langkah sambungan melalui bluetooth:
- Pastikan Controller Stik PS3 terdeteksi, harusnya seperti ini jika sudah melewati langkah nomor 1.
- Pilih Profil (PS2 atau PS3 preferabbly)
- Kemudian Pilih Enable
- Untuk tes dengan mengklik tombol Vibration Testing.

4. Lalu tes apakah semua tombol diinput oleh motionjoy dengan benar atau tidak dengan cara buka Start > Control Panel > Hardware & Sound > Device And Printers. Klik icon Game And Controller lalu properti, seperti gambar diatas.

5. Selanjutnya kita akan menghubungkan Stik PS3 ke PC melalui Bluetooth, buka MotionJoy > Buka Tab BluetoothPair, Biasanya pengaturan telah tersetting otomatis, jadi tinggal klik Pair Now.

6. Tambahan, Kita ke tahap pengaturan stik melalui better DS3.
  • Unduh dan instal aplikasi Better DS3 nya.
  • Buat profil baru.
  • Klik autofill XBox
  • Save profile, aply
bagian nomor 6 merupakan tambahan, soalnya jika tidak menggunakan Better DS3, driver sering error.

Related Posts:

4 Responses to "Cara Connect Menghubungkan Menggunakan Stik PS3 Ke PC Windows Via Bluetooth"

  1. Gan kalau sdh d point 5 tapi di par now ko bluetooth tetep ga mau konek..padahal sdh kenapa id address nya..di cabut kabel usb steack nya ko tetep ga bisa pakai bluetooth yh...disukainya gmn gan??

    ReplyDelete
  2. Id address sdh kebaca...steack sdh getar..cuman d lepas kabel.usb steack jd ga konek..harus pakai kabel terus..solusi gmn gan

    ReplyDelete
  3. Id address sdh kebaca...steack sdh getar..cuman d lepas kabel.usb steack jd ga konek..harus pakai kabel terus..solusi gmn gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada aplikasi MotionInJoy buka tab BluetoothPair > lalu buka Suport Feature > Jika bagian Enhance Data Rate ACL 2/3Mbps Mode ter centang harusnya bisa konek...

      Mencabut kabel USB nya harus setelah Klik tombol Pair Now bukan sebelumnya.

      Delete