Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pahami Istilah Surface Format Optimization Pada Driver Graphic AMD



Bila anda sering melakukan seting manual melalui Driver graphic card AMD maka pastinya anda akan menemukan sebuah opsi yang bernama 'Surface Format Optimization' pada pengaturan Graphic di Catalyst maupun Crimson, tetapi apa yang dimaksud dengan 'Surface Format Optimization' itu? tentunya anda bertanya-tanya, karena umunya setting grafis 3D yang ditemukan pada driver antara lain antialiasing, texture filter, anistrophic, dan lainya. Jadi semakin penasaran bukan?

Surface Format Optimization sendiri merupakan trik AMD untuk mempercepat proses kalkulasi framebuffer, dengan mengurangi kalkulasi biner pada nilai warna framebuffer. fitur ini tersedi pada driver seri Catalyst Control Center v10.10e keatas dan kemungkinan besar tersedia untuk semua seri Crimson. Fitur ini membawa mode 32bit bukan 64bit, dan pada pencitraan warna digital yang saya tau saat ini ada Red, Green, Blue, dan Alpha atau lebih dikenal sebagai RGBA. masing-masing membawa nilai 16bit artinya seperti ini Red = 16bit, Green = 16bit, Blue = 16bit, Alpha = 16bit. sehingga didapat hasil 16 + 16 + 16 + 16 = 64, umunya grafis game sepenuhnya menggunakan 64bit untuk satu texel.

Untuk mengurangi memory dan mempercepat proses, fitur Surface Format Optimization akan mengubah nilai bit pada masing-masing warna menjadi Red = 11bit, Green = 11bit, Blue = 10bit, Alpha = None. Sehingga didapat nilai 11 + 11 + 10 = 32, Fitur ini akan membuat nilai kalkulasi menjadi 32bit untuk setiap satu texel, sehingga perhitungan menjadi sederhana dan cepat tentunya. Umunya fitur Surface Format Optimization mampu meningkatkan kinerja hingga sebesar 30% namun mengurangi kualitas grafis walau tidak terlalu mencolok.