Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Refresh Rate Verical Dan Vertical Synchronization


Refresh Rate

Refresh Rate atau Refresh Rate Vertical merupakan jumlah berapa kali dalam satu detik dalam meupdate aliran listrik pada hardware, atau seberapa kali sebuah layar di aliri listrik. Layar tidak terus menerus di aliri listrik karena dapat menyebabkan panas berlebih, kerusakan komponen, juga menyebabkan konsumsi listrik yang besar, maka dari itu dibuat sebuah jeda aliran listrik untuk menghindari kerusakan.

Refresh Rate hampir sama dengan Frame Per Secon ( FPS ) bedanya fps adalah jumlah gambar yang ditampilkan pada layar monitor, sedangkan refresh rate meliputi pencahayaan diulang. Contoh saja sebuah adegan gambar memiliki 24 fps dan refres rate monitor adalah 72mhz, maka setiap satu frame gambar akan mendapatkan refresh rate 3 kali ( 72/24 ). refresh rate sangat mempengaruhi mata, jika terlalu sedikit akan menyebabkan gambar berkedip-kedip dan membuat mata menjadi tegang.

VSync

VSync atau disebut / memiliki kepanjangan Vertical Synchronization atau dalam bahasa indonesia memiliki arti 'menyingkronkan garis vertikal'. Monitor / TV akan menghasilkan seluruh warna pada layar dengan mengganti warna pixel ( titik ) secara urut, dimulai dari deretan paling atas, dari pixel kiri kekanan, lalu deretan-deretan pixel ke bawahnya ( Vertikal ) dan selanjutnya, dan itu di lakukan secara cepat dan berulang-ulang, dan mata manusia sulit menangkapnya.

Dikarenakan sebuah Frame harus ditampilkan dengan jadwal yang telah di tetapkan, terkadang ada beberapa deretan Pixel yang belum diganti warnanya. contoh adegan 60 fps, artinya dalam satu detik GPU harus mampu menghasilkan 60 adegan gambar penuh, namun dikarenakan proses untuk menggambar sebuah frame menjadi berat akhirnya terjadi keterlambatan penggambaran, jika hal ini terjadi maka GPU akan melewati proses tersebut dan melanjutkan adegan gambar selanjutnya, ini membuat gambar terlihat robek seperti gambar di atas. Hal lain juga dapat menyebabkan gambar robek adalah Refresh Rate, dimana antara monitor dan mesin pengolah grafis memiliki Refresh Rate yang berbeda.

Fungsi Firtur VSync berguna untuk membuat GPU menggambar adegan Frame dengan penuh dan tidak akan menggambar frame berikutnya sebelum frame yang ia kerjakan sudah selesai, selain itu juga menyelaraskan antara Resfresh rate monitor dengan GPU. ini membuat gambar tidak akan terlihat robek, sehingga adegan gambar terlihat singkron, tetapi biasanya akan memberi pengaruh terhadap resource komputasi GPU.