Cara Menggunakan Stik PS3 Di Android Via OTG

Smartphone Android yang notabene terlahir sebagai bagian dari perangkat mobile kita tahu bahwa jenis perangkat tersebut mengandalkan input touchscreen pada layar, dan ini meyebabkan tidak banyak tombol yang dapat kita temui, paling-paling cuman tombol Power, Volume Down, Volume Up dan tombol tambahan yang lainnya seperti Home, Back, Option. Mau tidak mau hal ini menyebabkan input touch screen sebagai kontrol utama untuk berinteraksi dengan smartphone Android, termasuk ketika bermain game.

Walaupun begitu menurut Dukuntekno ada beberapa game yang lebih enak ketika dimainkan menggunakan input touchscreen ketimbang Stik, contohnya seperti game bergenre RPG, Puzzle, Strategy. Dalam praktek memainkan game tersebut ketika akan memilih suatu karakter atau konten pada titik tertentu, tidak perlu melakukan gulir kanan / gulir kiri seperti ketika menggunakan stik. melalui touchscreen kita bisa langsung memilih karakter tersebut tanpa tombol gulir. Tetapi tentusaja ada jenis game yang tidak enak jika dimainkan melalui input touchscreen.

Beberapa game yang tidak enak dimainkan melalui input touchscreen menurut saya adalah game bergenre tembak-tembakan, fighting atau gelut-gelutan. Tentu ketika bermain game tembak-tembakan, akan lebih mudah jika menggunakan kontroler stik, seperti ketika ingin mengincar target menggunakan analog pada stik adalah pilihan terbaik ketimbang menggunakan touchscreen yang kadang-kadang tanpa sengaja malah terpencet tombol lain atau menghalang-halaingi pemandangan. Selain game bergenre tembak-tembakan dan fighting, ada game yang dapat dimainkan dari aplikasi emulator. Contohnya game dari konsole PS1, GBA, PSP, N64, dll. Game-game tersebut secara default menggunakan stik kontroler sebagai media input ketika memainkan game, dan sekalilagi akan lebih enak jika menggunakan kontroler stik PS ketika memainkan semua game tadi.

Menggunakan stik PS3 di perangkat samartphone android sebagai kontroler game merupakan hal sangat mungkin untuk dilakukan, karena semenjak Android versi HoneyComb selesai dirilis, versi tersebut telah tertanam sebuah Driver HID yang memiliki kepanjangan Human Interface Device yang berfungsi agar Android dapat di kontrol melalui perangkat lain selain touchscreen termasuk melalui Stik PS3. Contoh device lainya yang dapat di jadikan sebagai kontrol input android adalah Keyboard, Mouse, Stik Ipega, Moga, dll. Disini akan membahas tutorial menjadikan Stik PS3 sebagai media Input Android termasuk ketika memainkan game. Berikut tutorialnya.

Sebelum membeli Stik PS3 gunakan aplikasi SixAxis Compatibility Checker untuk memeriksa apakas Model Smartphone Anda dapat menggunakan aplikasi sixaxis, di tutorial ini kita akan menggunakan tambahan aplikasi sixaxis. Download SixAxis Compatibility Checker di link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dancingpixelstudios.sixaxiscompatibilitychecker

Bahan
Stik PS3, kabel OTG, kable USB
1. Android HoneyComb keatas yang telah ter r*oted.
2. Aplikasi Sixaxis.apk v1.1.1 unduh di http://upfile.mobi/uNbBuw3KFP6
3. Kabel OTG
4. Kabel USB
5. Stik PS3 Ori/KW

Langkah Menggunakan Stik PS3 Via OTG
Ketahui bahwa android ada yang suport fitur OTG dan ada juga yang tidak dan disini kita menerangkan tutorial untuk android yang suport OTG, bagi yang Androidnya tidak memiliki fitur OTG (On The Go) sebaiknya ikuti tutorial yang ini aja Cara Menggunakan Stik PS3 Di Android Non OTG.
1. Instal Sixaxis.apk dan buka aplikasinya.
2. Sambungkan kabel USB dan Kabel OTG.
3. Hubungkan Stik PS3 dan Android menggunakan kabel.
4. Klik PAIR di aplikasi SixAxis nya.

5. Nah sudah terhubung, tinggal cabut kable nya.
6. Pencet tombol Star + Power.
7. Maka lampu stik PS3 bakal kedipin agan, tunggu hingga hanya satu lampu yang hidup.

Beberapa Daftar Game 3D Terbaik Dengan Ikon Kontrol Akan Hilang Jika Di Mainkan Menggunakan Stik PS3:
1. Beach Buggy Blitz
2. Riptide GP2
3. Modern Combat 3, 4, 5, 6
4. Dead Trigger 2
5. Real Racing 3
6. Sky Riders
7. ShadowGun
8. Virtua Tenis
9. Real Boxing
10. FIFA 2015
Ada Yang Mau Menambahkan?

Sekian tutorial cara menggunakna Stik PS3 di android, terima kasih telah berkunjung di situs Dukuntekno.com, jika masih belum mengerti cara menghubungkan Stik PS3 ke Android. Saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang masih membuat anda bingung, dan jangan lupa untuk memasukkan model smartphone androidnya ketika ingin berkomentar untuk menjelaskan penyabab stik tidak terhubung, TerimaKasih!

Related Posts:

0 Response to "Cara Menggunakan Stik PS3 Di Android Via OTG"

Post a Comment