Pengertian FPS (Frame Per Second)

Apa Itu FPS?
FPS (Frame Per Second) Adalah sebuah satuan untuk mengukur jumlah adegan gambar pada layar dalam satu detik. Dalam ilusi optik yang dihasilkan oleh layar monitor / tv, misalnya ketika mata manusia melihat video, permainan video, atau menonton tv. Adegan-adegan gerak yang dihasilakn oleh monitor tersebut sebenarnya merupakan gabungan dari frame-frame yang berganti-ganti terus menerus dari frame (bingkai gambar) satu ke frame berikutnya, karena berganti dengan begitu cepat membuat mata manusia melihat seolah-olah seperti sebuah adegan visual yang hidup.

Jumlah FPS menentukan tingkat kuwalitas pada adegan layar monitor, semakin tinggi jumlah FPS maka adegan pada layar monitor akan tampak lebih bagus. Jumlah frame yang sedikit misalnya hanya 10fps akan mengakibatkan adegan gambar yang terlihat patah-patah. Jumlah FPS pada layar televisi analog memiliki setidaknya sekitar 29fps untuk tv saluran NTSC dan 25fps untuk tv saluran PAL. Sedangkan jumlah fps pada perangkat kompuasi seperti komputer, laptop, smartphone umumnya memiliki jumlah fps hingga 60fps.

FPS Pada Game
Ketika sesorang berbicara mengenai FPS, umunya akan merujuk ke performa Hardware komputer atau kelancara ketika memainkan game tertentu, jumlah FPS dijadikan sebagai patokan mengenai performa perangkat keras GPU untuk dapat permainan komputer yang akan dimainkan, hal ini biasanya disebut System Requirment atau syarat system hardware yang dibutuhkan untuk memainkan game tersebut. Untuk melihat jumlah frame pada monitor, anda bisa menggunakan aplikasi Fraps, atau jika menggunakan smartphone Android anda bisa memakai aplikasi FPS Meter.

Frame atau Bingkai merupakan hasil akhir dari proses pengolahan grafis dari berbagai jenis pehitungan algoritma matrik oleh GPU dan setelah menjadi frame yang utuh, CPU akan langsung mengirim sinyal yang berisi data warna ke monitor lalu monitor akan menampilkanya. Umumnya GPU harus mampu menggambar frame setidaknya hingga 60fps, hal ini mengikuti jumlah frame yang mampu digambar oleh Monitor yaitu 60Hz, di Monitor memiliki istilah Refresh Rate dengan satuan Hz. Monitor dan GPU merupakan perangkat yang terpisah. Disebut Refresh Rate karena monitor hanya memperbaharui warna dilayar dari sinyal frame yang diterima, Monitor bukanlah mesin pengolah gambar, melainkan menampilkan gambar dalam bentuk Visual.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.