-->

Penyebab Dan Cara Mengatasi Disk Usage 100% Full Proses Pada Windows 7 8 10

Disk Full adalah suatu kondisi pada perangkat memory seperti HDD atau SSD yang mengalami proses baca dan tulis yang penuh atau sibuk. Hal ini akan mempengaruhi performa komputer, terutama bagian yang berhubungan dengan loading program, konten, membuka file, dll. Disini Dukun Tekno akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang menjadi faktor utama Hardisk menjadi super sibuk, masalahnya penyebab terjadinya masalah disk usage full proces tidak disebabkan oleh satu faktor saja, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun umumnya perangkat dengan hardware yang lebih baru jarang mengalami masalah ini.

Karena masalah disk usage full process banyak dialami oleh perangkat HDD maka saya akan mengulas sedikit tentang HDD. Ada beberapa faktor yang menentukan kinerja memory sistem, yaitu: FSB (front side bus) ini merupakan kinerja tertinggi bandwidh sistem, contoh jika FSB memiliki bandwith 12800Mbps maka memory HDD / RAM tidak mungkin mampu melampaui bandwith tersebut karena FSB adalah bandwitd maksimal yang bisa dilayani oleh sistem. Selain FSB ada kinerja terbaik yang dimiliki oleh HDD, contoh HDD dengan SATA 3 mampu mentransfer data hingga 6Gbps, dan faktor lain seperti aktifitas sistem OS, daya yang kurang, dll. Baiklah beberapa faktor lain akan saya urutkan dari hal yg paling berpengaruh.

Ukuran RAM Terlalu Kecil
Sistem Operasi Windows memiliki fitur yang bernama Virtual Memory, fitur ini berfungsi untuk melonggarkan ruang RAM, konsepnya seperti ini, Ketika RAM penuh maka data akan dipindah ke HDD. Ini berarti fitur ini akan sering mengakses HDD pada komputer dengan ruang RAM yang sedikit dan memakan kinerja terbaik yang dimiliki hdd, Supaya fitur Virtual Memory tidak sering aktif, maka cobalah untuk upgrade RAM, itu merupakan solusi terbaik, anda bisa saja menonaktifkan fitur virtual memory, namun lebih baik jangan dilakukan.

Terlalu Banyak Aplikasi Sampah
Mungkin komputer anda memiliki aplikasi yang tidak berguna yang berjalan di latar belakang, hapus semua aplikasi yang tidak berguna untuk meningkatkan kinerja komputer, tidak hanya kinerja HDD yang meningkat tetapi juga kinerja prosesor.

Kurang Daya Dari PSU ( Power Suply Unit )
Sumber daya dari PSU yang kurang dapat membuat HDD tidak bekerja secara maksimal, naikkan daya tegangan rumah dan upgrade PSU seperti membeli PSU berlogo 80 Plus dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Dan jika anda menggunakan Laptop anda bisa menghubungkan laptop dengan listrik melalui charger untuk menambah pasokan listrik ke laptop.

Copy / Paste
Copy Paste meruakan proses yang paling menguras performa HDD, tidak ada jeda yang diberikan untuk melakukan proses yang lain. pastikan apakah ada proses copy paste yang masih berjalan, yang pada akhirnya memberi beban kepada Hardisk untuk menjalankan proses yang lain.

Extrack File Archive
Meng Extrack file archive seperti Rar, Zip, 7z, Gzip, dll akan memberi beban sama seperti dengan copy paste, tetapi biasanya proses extract ( decompile ) biasany akan memberi jeda sehingga masih dapat melakukan baca tulis untuk membuka program dll.

Loading Program
Ketika anda membuka sebuah aplikasi besar aplikasi tersebut tidaklah langsung terbuka, dia akan melakukan loading konten, dll. proses ini akan memakan waktu yang panjang,

Virus 
Virus yang sudah mengrogoti proses HDD pastilah jumlah virusnya telah membengkak, dan biasanya terdiri dari berbagai jenis virus. Instal antivirus dan adwarecleaner untuk membersihkan virus. jika gagal melakukan instalasi, sebaiknya instal ulang OS dari sumber terpercaya. beberapa artikel saya juga mengulas mengenai Antivirus terbaik.

Harddisk Sudah Lemah
Perhatikan umur Hardisk anda, HDD mengandalkan sebuah motor dinamo untuk menggerakkan plat piring. kekuatan magnet pada motor akan berkurang seiring waktu. Suhu yang panas juga mempengaruhi umur magnet pada Hardisk.

Kesimpulan
Secara umum masalah Disk Full Process lebih banyak terjadi pada perangkat Laptop dan komputer lama, ini merupakan masalah yang timbul akibat perangkat keras (Hardware) dengan spesifikasi jadul, jadi dengan mengganti HDD dengan teknologi baru (misalnya SATA) maka ini akan menyelesaikan masalah utama dari Disk Full Process.