Pengertian PSU (Power Suply Unit) Dengan Logo 80 Plus




Sebagai orang yang dekat dengan teknologi komputer, saya sering temui bahwa harga pada PSU (Power Suply Unit) dengan label 80+ selalu diatas harga PSU biasa, saya mulai tertarik untuk mencari tahu apa-apa mengenai logo 80+ tersebut, setelah ketemu ternyata hal itu merupakan sebuah label sertifikasi tentang efesiensi daya power suply dimana PSU dengan logo 80 plus tergolong lebih hemat listrik dibanding yang tidak.

Kenapa Harus Ada Efesiensi Daya Pada PSU?
Jadi begini, PSU adalah mesin pengubah arus AC (listrik PLN) menjadi DC, selama proses converter arus daya listrik, sebagian listrik berubah menjadi panas. Hal ini akan mengurangi Output DC yang harus di suply kepada komponen komputer. Efesiensi dibuat dengan berbagai cara supaya listrik tidak terbuang menjadi panas sehingga lebih hemat energi. Oleh karena itu dibuat standard 80 untuk mensertifikasi PSU dengan efesiensi minimal 80%.

Lebih Jelas Mengenai Lebel 80 Plus Pada PSU

80 Plus adalah program sukarela untuk mempromosikan PSU dengan efesiensi diatas 80%, lebel tersebut di keluarkan oleh Ecos Consulting (Organisasi peduli lingkungan) di tahun 2004. Ada beberapa jenis logo 80 Plus yang dikeluarkan, berikut macam-maca logo 80 Plus:

Jenis Sertifikat
AC 10%
AC 20%
AC 50%
AC 100%
Output DC 80 Plus
  
80%
80%
80%
Output DC 80 Plus Bronze
  
82%
85%
82%
Output DC 80 Plus Silver
  
85%
88%
85%
Output DC 80 Plus Gold
  
87%
90%
87%
Output DC 80 Plus Platinum
  
90%
92%
89%
Output DC 80 Plus Titanium
90%
92%
94%
90%

Efisiensi dari power supply komputer adalah daya Output dibagi dengan daya Input, daya input yang tersisa diubah menjadi panas. Misalnya, power supply dengan 600watt memiliki efisiensi 60% berjalan pada beban penuh (AC 100%) maka akan menarik daya sebesar 1000 watt dari listrik pln dan karena itu akan membuang-buang 400 watt menjadi panas. Di sisi lain, sebuah power supply 600 watt dengan efisiensi 80% berjalan pada beban penuh akan menarik 750 W dari listrik dan karena itu akan membuang listrik hanya 150 watt menjadi panas.

Kenali Perbedaan PSU 80 Plus Asli Dan Palsu
Ada kasus di mana perusahaan mengklaim bahwa PSU mereka telah bersertifikat 80 Plus padahal mereka belum memiliki sertifikat 80+, dan dalam beberapa kasus PSU mereka tidak memenuhi persyaratan untuk memiliki sertifikat 80Plus. Biasanya perusahaan menjual kembali PSU mereka dengan nama baru dan nama perusahaan baru, pasokan tingkat pengecer tidak akan memenuhi persyaratan untuk 80Plus, situs https://plugloadsolutions.com/ memiliki daftar semua perlengkapan PSU yang bersertifikat, sehingga memungkinkan untuk mengkonfirmasi bahwa pasokan benar-benar memenuhi persyaratan.

Alasan Kenapa PSU Dengan 80 Plus Lebih Mahal
Berbagai cara dilakukan oleh produsen PSU agar PSU buatanya memenuhi sertifikasi 80 Plus, mulai dari bahan komponen, rangkaian komponen, penambahan IC tertentu, dll. Kebanyakan yang paling berpengaruh adalah bahan komponen yang digunakan. Walaupun begitu anda tetap mendapatkan keuntungan dari segi tagihan listrik, tagihan listrik anda akan berkurang karena power suply anda  memiliki efesiensi daya yang tinggi.


Related Posts:

1 Response to "Pengertian PSU (Power Suply Unit) Dengan Logo 80 Plus"