Mantra Sakti Dukun Teknologi

Macam-Macam Jenis Virus Komputer Komplit



Virus Komputer tidak sama dengan virus biologis yang menyerang tubuh manusia, virus komputer adalah sebuah program atau aplikasi yang memiliki fungsi untuk menggandakan diri ke media lain, kebanyakan adalah Flashdisk. Virus ini melakukan kegiatan yang merugikan bagi pengguna komputer seperti menguras ruang HDD, mencuri data pribadi, merusak data, menampilkan iklan, spam, dan menguras resource CPU, dll.

Virus Komputer yang dibedakan dari sifatnya:

Worm: Menduplikatkan dia sendiri di media penyimpan seperi Harddisk / HDD. Ini memembuat HDD jadi penuh karena worm itu.
Trojan: Membawa data pc yg sudah terinfeksi & mengirimkannya terhadap pembuat virus trojan.
Backdoor: Hampir sama dengan trojan. Tetapi, Backdoor bisanya menyerupai file yg baik-baik saja. Contohnya game.
Spyware: Virus yang mata-matai pengguna, bisa lewat rekaman microphone, kamera, atau jejak penggunaan komputer.
Rogue: ialah program yg meniru program antivirus & menampilkan kegiatan sama seperti antivirus normal, & memberikan peringatan-peringatan palsu berkenaan adanya virus. Tujuannya merupakan biar kastemer membeli & mengaktivasi acara antivirus palsu itu & mendatangkan duit bagi produsen virus rogue tersebut. dan rogue bakal terhubung celah keamanan dalam computer guna mendatangkan virus lain.
Rootkit: Virus yang memiliki hak akses data setara dengan kernel OS, ini membuat Virus Rootkit mampu menumbangkan antivirus.
Polymorphic virus: Virus yg senang beubah-ubah supaya tak sanggup terdeteksi, arti kata polymorphic pada virus komputer adalah sebuah virus yang mampu mempertahankan algoritmanya sendiri, contoh 2 + 2 diubah 6 - 2 karena keduanya sama-sama menghasilkan angka 4.
Metamorphic virus: Virus yg mengubah pengkodeannya sendiri supaya lebih susah dideteksi, arti metamorphic pada virus komputer adalah adalah virus mampu membawa berbagai kode virus untuk lebih dari satu sistem operasi dan membuat output sama seperti kode sumber OS, artinya virus jenis ini mampu menginfeksi lebih dari satu Sistem Operasi.

Virus Komputer yang dibedakan dari cara kerja menduplikasi diri/penyebaran:

Virus Resident: jenis virus komputer yang menyembunyikan dan menyimpan diri sendiri dalam memori komputer, yang kemudian memungkinkan untuk menginfeksi file yang dijalankan oleh komputer, tergantung pada pemrograman.
Virus Non Resident: virus komputer yang tidak menyimpan atau mengeksekusi sendiri dari komputer memori, dapat terdiri dari modul finder dan modul replikasi. Modul Finder bertanggung jawab untuk mencari file baru untuk diinfeksi. Modul Replikasi untuk membuat file executable baru, itu panggilan modul replikasi untuk menginfeksi file tersebut. dengan kata lain virus ini bersemayam di file execute dari program.
Virus Makro: Virus yang menyebar lewat pesan E-mail, documen. atau virus yang menginfeksi file Extensi dari pengembang aplikasi ke 3 ( Third Party ) bukan file execute.
Virus Stealth / Siluman: sebuah virus komputer yang menggunakan berbagai mekanisme untuk menghindari deteksi oleh perangkat lunak antivirus. Umumnya secara mekansme, Stealth menggambarkan arti dari siluman, dengan berbagai trik dia melakukan salinan diri ke bagian memori yang di anggap aman ketika Antivirus melakukan Scanning. Selain itu virus jenis ini juga di gunakan untuk tindakan yang positif, seperti mencegah pembajakan aplikasi atau juga digunakan sebagai pelindung aplikasi dari infeksi virus.


1 comments:

keren gan informasinya sangat membantu sekali,
ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada citra laptop,tempatnya servis laptop jogja,menangani berbagai macam kerusakan laptop dan bergaransi,jangan lupa kunjungi gan