Mantra Sakti Dukun Teknologi

Penjelasan Fitur Extensi Set Intruction Pada Prosesor Intel x86



FPU ( x87 ) – Floating-point-unit ( FPU ) instructions

x87 adalah bagian dari x86 arsitektur set instruksi  floating point. Ini berasal sebagai perpanjangan dari 8086 set instruksi dalam bentuk opsional floating point coprocessor yang bekerja bersama-sama dengan CPU x86. microchip ini memiliki nama berakhiran "87". Ini juga dikenal sebagai NPX ( Numeric Processor eXstension ). Seperti ekstensi lain untuk set instruksi dasar, x87-petunjuk tidak ketat diperlukan untuk membangun program kerja, tetapi menyediakan hardware dan microcode implementasi tugas numerik umum, sehingga tugas-tugas ini akan dilakukan jauh lebih cepat daripada kode mesin biasa. Instruksi x87 termasuk instruksi untuk operasi dasar floating point seperti penambahan, pengurangan dan perbandingan, tetapi juga untuk operasi numerik yang lebih kompleks, seperti perhitungan tangen fungsi dan kebalikannya.

MMX

MMX ( Matrix Math eXtention ) digunakan untuk olah data matrix untuk extensi SIMD, diperkenalkan pada tahun 1997 dengan P5 berbasis Pentium mikroprosesor , ditunjuk sebagai "Pentium with MMX Technology". Dikembangkan dan diperkenalkan pertamakali pada Intel i860, dan sebelumnya i750 Intel prosesor pixel video. MMX adalah kemampuan tambahan prosesor yang didukung pada IA-32 prosesor Intel dan vendor lainnya.

MMX Extended

MMX ( Matrix Math eXtention ) seperti namanya ini merupakan perpanjangan dari MMX, termasuk dalam Intel Streaming SIMD Extensions sejumlah instruksi baru yang diperpanjan dari fungsi MMX. AMD dimasukkan bagian ini instruksi MMX diperpanjang ke Athlon mikroarsitektur. Instruksi ini umumnya dikenal sebagai "MMX Extended instruction". Instruksi ini memulai debutnya pada Mei 1999, di Intel Pentium III Processor, sebagai bagian dari SSE set instruksi. Pada akhir Juni 1999, AMD Athlon prosesor dirilis yang membawa instruksi MMX extended, tetapi tidak untuk fungsi SSE.

SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, SSE4.1, SSE4.2, SSE4, SSE4a

SSE ( Streamin SIMB Extention ) Pertama kali pada Intel IA-32, SIMD adalah MMX set instruksi. MMX memiliki dua masalah utama: itu digunakan kembali ada floating point register membuat CPU tidak dapat bekerja pada kedua floating point dan data SIMD pada saat yang sama, dan itu hanya bekerja pada bilangan bulat . SSE instruksi floating point beroperasi pada independen daftar set baru (register XMM), dan menambahkan beberapa instruksi integer yang bekerja pada register MMX.

SSE kemudian diperluas oleh Intel untuk SSE2 , SSE3 , SSSE3 , dan SSE4 . Karena mendukung floating point matematika, itu memiliki aplikasi yang lebih luas daripada MMX dan menjadi lebih populer. Penambahan dukungan integer dalam SSE2 membuat MMX sebagian besar berlebihan, meskipun kinerja kenaikan lebih lanjut dapat dicapai dalam beberapa situasi dengan menggunakan MMX secara paralel dengan operasi SSE.

XSAVE

Melakukan penuh atau parsial hemat komponen prosesor ke daerah XSAVE yang terletak di alamat memori yang ditentukan oleh operan tujuan. Implisit EDX: EAX pasangan Register menentukan instruksi 64-bit. Komponen negara tertentu disimpan sesuai dengan bit diatur dalam meminta-fitur bitmap ( RFBM ), yang memerlukan logika-AND dari EDX: EAX dan XCR0.

AVX

AVX ( Advanced Vector Extensions ) adalah ekstensi untuk x86 arsitektur untuk mikroprosesor dari Intel dan AMD yang diusulkan oleh Intel pada Maret 2008 dan pertama didukung oleh Intel dengan Sandy Bridge pengiriman prosesor di Quartal pertama ( 1 Quartal = 4 bulan ) 2011 dan kemudian oleh AMD dengan Bulldozer pengiriman prosesor di Q3 2011. AVX menyediakan fitur baru, instruksi baru dan skema pengkodean baru.

AVX2

AVX2 memperluas paling bulat perintah untuk 256 bit dan memperkenalkan FMA . AVX-512 memperluas AVX dukungan 512-bit memanfaatkan EVEX awalan encoding yang diusulkan oleh Intel pada bulan Juli tahun 2013 dan pertama didukung oleh Intel dengan Knights Landing prosesor dijadwalkan untuk pada tahun 2015.

FMA

FMA ( Fused Multiply Add ) seperti namanya, intruksi ini digunakan untuk melakukan multi intruksi dan perluasan ke 128 dan 256-bit Streaming SIMD Extensions yang ada di x86 mikroprosesor set instruksi.


Sumber : Intel, Wikipedia, tptp, felixcloutier, cmpsb