Mantra Sakti Dukun Teknologi

Daftar Sistem Operasi Mobile


Bermacam-macam sistem operasi yang dibuat untuk perangkat Mobile, seperti maknanya mobile ( mobil / car ) arti mobile sendiri disini adalah perangkat komputer yang mudah di bawa kemana-mana, seperti smartphone. sebuah smarthphone dapat melakukan banyak hal, mulai bermain games, aplikasi editor, bahkan anda bisa membuat aplikasi lewat smartphone tersebut.

Setiap Sistem Operasi memiliki perbedaan dengan yang lain, mulai dari tipe UI ( User Interface ), dukungan Hardware tertentu, bahkan Sistem Operasi juga memberi pengaruh terhadap performa device. bisa di bilang mereka memiliki fitur yang hampir berbeda karena kebanyakan dibangun pada bahasa pemrograman yang termodifikasi.

Daftar OS Yang Masih Dikembangkan

Android

Perusahaan
Google Open Headset Alliance
Diprogram
C (inti), C++, Java (UI)
Keluarga
Unix
Model sumber
Terbuka
Rilis perdana
23 September 2008
Pengelola paket
Google Play, APK
Jenis kernel
Monolitik
UI
Grafis
Lisensi
Lisensi Apache 2.0 Modifikasi kernel Linux berlisensi GNU GPL v2

Ini adalah sistem operasi mobile paling populer saat ini, saking populernya sistem operasi ini juga dipasang pada Smart Watch, Smart TV, Konsol Permainan, Kamera Digital, Kendaraan Mobil, Drone, Bahkan Satelit juga ada yang menggunakan Sistem Operasi ini, dan tentu masih banyak perangkat lainya. android pertama kali di kembangkan oleh Android Inc. dan akhirnya di beli oleh google.

HTC Dream Smartphone Pertama Android
Untuk menggunakan OS ini, diperlukan spesifikasi minimal pada hardware yang telah di tetapkan oleh google pada 2013 Yaitu: 512MB Ram, CPU ( Armv7, Mips, x86 ), GPU dengan OpenGL ES 2.0, dan Kamera. Sebuah perangkat android biasanya datang dengan perangkat tambahan seperti sensor kusus, gps, dll.

Keamanan android terletak pada sistem sandbox, dimana aplikasi yang akan di instal akan menampilakan apa saja yang akan di akses oleh app tersebut. Umumnya app yang akan diinstal, dilarang untuk membuka sms dan buku telephone. Beberapa aplikasi juga dapat memberi gangguan seperti menampilkan iklan, intinya sistem sandbox ini akan memberikan hak akses data pada aplikasi setelah di instal, namun bukan pada tingkat administrator, sehingga keamanan terletak pada pengguna agar cermat dalam menginstal aplikasi.

BlackBerry 10

Perusahaan
BlackBerry Ltd
Diprogram
-
Keluarga
Unix, QNX
Model sumber
Tertutup
Rilis perdana
30 January 2013
Pengelola paket
-
Jenis kernel
Microkernel
UI
Grafis
Lisensi
Hak Milik

Dikembangkan oleh Blackberry, dan di buat untuk smartphone Blackberry. Smartphone ini cocok  untuk kalangan pembisinis walaupun banyak pengguna bukan dari kalangan tersebut. Smartphone ini biasa datang dengan tombol QWERTY ala Blackberry dan multitouch screen.

Blackberry 10 juga mencakup kemampuan untuk menjalankan 8 "Frames Aktif". BlackBerry Paspor dapat menjalankan 16 aplikasi sebagai "Frames Aktif", multitasks secara real time. Frames aktif adalah aplikasi yang sedang berjalan dalam sistem operasi, tapi diminimalkan. Aplikasi ini dapat berjalan baik atau berhenti sementara di "Frames Aktif" untuk memperpanjang umur baterai. Beberapa mampu menampilkan feed informasi langsung pada layar awal.

Tertanamnya lapisan Runtime Android, membuat sistem operasi ini mampu menginstal dan menjalankan aplikasi atau game berbasis Android. Blackberry 10.2 mendukun android mulai aplikasi android 2.3 Gingerbread hingga 4.2.2 Jelly Bean. sedangkan Blackberry 10.3 mendukung hingga Android 4.3.

Firefox

Perusahaan
Mozzila
Diprogram
HTML5, CSS, JavaScript, C ++
Keluarga
Firefox OS / Open Web (berdasarkan kernel Linux)
Model sumber
Tertbuka
Rilis perdana
21 Febuari 2013
Pengelola paket
-
Jenis kernel
Monolitik
UI
Grafis
Lisensi
Free Software MPL 2.0

Sebuah Sistem Operasi yang di buat berdasarkan Algoritma rendering engine pada browser firefox. Sama seperti halaman web pada situs di internet. Untuk membuat aplikasi Firefox, program di tulis dalam kode html5, ini membuat keamana sistem operasi ini dikritik oleh beberapa ahli keamanan.

Sailfish

Perusahaan
Jolla
Diprogram
QT 5
Keluarga
Linux (Unix-seperti)
Model sumber
Tertbuka
Rilis perdana
-
Pengelola paket
RMP Package Manager
Jenis kernel
Monolitik
UI
Grafis
Lisensi
EULA

Jolla yang sebelumnya dikenal sebagai para mantan pegawai perusahaan Nokia, di depak karena bangkrut. Perusahaan Jolla melanjutkan proyek meego yang yang dulunya dikerjakan oleh Nokia dan Intel, dan akhirnya terlahir Sistem Operasi baru bernama Sailfish, OS ini juga dapat menjalankan Aplikasi Android. Meego yang mewarisi tekni inti MER, dimanfaatkan oleh Jolla untuk mendapatkan keuntungan dalam menggunakan OS Sailfish buatanya.

Keuntungan dari standar Mer, OS Sailfish dapat digunakan pada perangkat keras dengan dukungan kernel Linux dan kompatibel dengan middleware dari distribusi saham inti Mer. sebuah VirtualBox implementasi dengan Sailfish OS SDK yang tersedia untuk pengembangan pada komputer dengan sistem operasi populer Linux, OS X dan Windows. Implementasi mesin virtual ini berisi seluruh Sailfish OS diisolasi dari sumber daya lokal dan OS lokal ( Linux, OSX, Windows ) untuk memungkinkan evaluasi nyaman dari perilaku dan kinerja perangkat lunak kode Sailfish.

Tizen

Perusahaan
Yayasan Linux, Tizen Association, Samsung, Intel
Diprogram
HTML5, C, C ++
Keluarga
Linux
Model sumber
Tertbuka
Rilis perdana
5 Januari 2012
Pengelola paket
RMP Package Manager
Jenis kernel
Monolitik
UI
Grafis
Lisensi
GPLv2, LGPL, Apache License, BSD, Flora Lisensi

Sistem operasi ini dibangun oleh teknisi Samsung dan Intel dengan berbasis pada linux dan GNU C Library. Sistem operasi ini dibuat dengan target agar dapat berjalan dengan baik pada perankat Smartphone, PC, Smart TV, Printer, Mesin Cuci, Lemari Es, dll. dengan kata lain agar perangkat yang menggunakan Sistem Operasi ini dapat terhubung satu sama lain.

Salah satu dari pengembang Tizen yaitu 'Tizen Association' yang terdiri dari Fujitsu, Huawei, Intel, KT, NEC Casio, NTT DoCoMo, Orange, Panasonic, Samsung, SK Telecom, Sprint dan Vodafone. Asosiasi Tizen memutuskan apa yang perlu dilakukan pada Tizen, Kelompok Pengarah Teknis menentukan seperti apa kode sebenarnya yang akan dimasukkan ke dalam sistem operasi untuk mencapai tujuan tersebut. Akar Tizen, kembali ke Samsung Linux Platform (SLP) dan LiMo. Samsung dengan proyek homegrown nya 'Bada' pada 2013 menjadi Tizen.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+