Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Virtual Memory Dan Video RAM


Perbedaan Virtual Memory Dan Video RAM

VRAM memiliki kepanjangan Video Random Access Memory, kata Video dan Virtual terdengar hampir identik, tetapi taukah kalian keduanya benar-benar memiliki fungsi yang sangat berbeda. Disini Dukun Tekno seperti biasanya ingin memberikan informasi yang kebanyakn orang salah mengartikanya, dalam hal ini Dukun Tekno ingin memberi pengertian dan perbedaan antara Virtual Memory dan VRAM.

Di internet sendiri tidak sedikit artikel yang menganggap bahwa VRAM sama dengan Virtual memory, untuk itu mari kita dalami tentang keduanya.


Virtual Memory

Virtual Memory atau Memory Virtual adalah sebuah data yang berisi informasi memory fisik atau physical memory yang tersimpan pada media penyimpan seperti Hardisk atau SSD. Ini merupakan sebuah fitur, dan dilakukan ketika komputer Anda tidak memiliki ruang Random Access ( RAM ) yang cukup untuk menjalankan program atau sebuah operasi, Windows menggunakan HDD ata SSD sebagai tempat memori virtual untuk kompensasi.

Virtual memory menggabungkan RAM komputer Anda dengan ruang sementara pada hard disk. Ketika RAM hampir penuh, memori virtual akan bergerak dari RAM ke ruang yang disebut paging file di HDD/SSD. Memindahkan data ke dan dari file paging akan membebaskan RAM dari memory penuh, sehingga komputer Anda dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Semakin besar ruang RAM pada komputer Anda, umumnya akan berjalan semakin cepat. Jika kurangnya RAM adalah faktor utama memperlambat komputer Anda, anda mungkin tertarik untuk meningkatkan jumlah memori virtual untuk kompensasi. Namun, komputer Anda dapat membaca data dari RAM jauh lebih cepat daripada hard disk, sehingga menambah RAM adalah solusi yang lebih baik.



VRAM

VRAM adalah jenis memory DRAM dan digunakan untuk menyimpan famebuffer pada Video Adapter. framebuffer adalah data ram yang berisi nilai warna untuk adegan video, kualitas warna berdasarkan jumlah bit pada pixel seperti 1bit hanya bisa menyimpan hitam dan putih, 4bit mampu menghasilkan 256 warna, 8bit untuk 16777216 warna, dll. Penyimpanan data VRAM biasanya mengikuti konsep framebuffer sehingga bisa menghasilkan Output yang lebih cepat, Biasanya VRAM berada di VGA Card berdekatan dengan Chip GPU dan mengelilinginya.

Keterangan Lain

Virtual Memory adalah tehnik untuk memindahkan data RAM ke Hardisk memory, sedangkan VRAM adalah perangkat keras. Setelah membaca kesimpulan diatas sudah jelas bahwa Virtual Memory benar-benar berbeda dengan VRAM, VRAM juga berbeda dengan RAM tetapi saya tidak akan menjelaskan hal itu di artikel ini, karena saya sudah membuat artikenya, tinggal di cari di kolom pencarian pada pojok kanan atas.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+

2 comments

Terima kasih min saya sekarang tahu apa perbedaanya VRAM dengan Virtual Memory