Pengertian MultiTasking, MultiThreading Dan MultiCore Pada CPU


Pengertian MultiTasking, MultiThreading Dan MultiCore Pada CPU
Dukuntekno sengaja membuat artikel ini agar pembaca dapat membedakan antara MultiTasking, MultiThreading, dan MultiCore. Dimana istilah-istilah tersebut biasa di temukan pada spesifikasi Prosesor, dengan menggunakan kata 'Multi' yang pada akhirnya membuat bingun bagi yang belum mengerti istilah-istilah tersebut.

MultiTasking / Multiprocessing
Multitasking adalah sebuah konsep untuk menjalankan tugas atau aplikasi secara berurutan yang dikerjakan oleh CPU dengan selang waktu yang amat singkat sehingga seolah-olah aplikasi-aplikasi yang berjalan seakan-akan terbuka secara bersamaan.

Namun sebenarnya proses ini akan membagi resource CPU dan Memory RAM, sehingga jika terlalu banyak Aplikasi yang terbuka dan sudah melewati kemampuan CPU dan Memory RAM akibatnya akan membuat komputer mengalami interleaved atau bisa di sebut 'not responding'. Ini di sebabkan karena beberapa Aplikasi harus dekerjakan hingga proses terselesaikan, baru setelah itu mengerjakan aplikasi berikutnya.

MultiThread
Thread sendiri adalah sebuah intruksi terkecil dalam sebuah Task / Aplikasi / Program. Perbedan Thread dengan Task adalah Thread adalah sebuah intruksi terkecil bagian dari Task. Atau juga bisa bilang bahwa Task adalah kumpulan-kumpulan Thread yang kompleks. Sedangkan MultiThreading adalah kemampuan CPU atau Prosesor untuk menjalankan lebih dari satu Thread dengan waktu yang telah di tentukan oleh CPU itu sendiri.

CPU yang memiliki fitur Multithreading mampu berpindah tugas dari thread yang satu ke thread yang lain. Hal ini membuat suatu Aplikasi berjalan lebih responsif, karena pada suatu aplikasi yang berjalan cukup berat, CPU memiliki kesempatan untuk berpindah thread. Pada selang waktu tertentu CPU akan berpindah ke thread yang di anggap lebih penting untuk di proses.

MultiCore
Dalam istilah komputer Core adalah Unit Pengolah, sedangkan MultiCore Adalah sebuah perangkat komponen komputasi dengan lebih dari satu Unit Pengolah dimana setiap unit memiliki komputasi yang mandiri.

Perbedaan Thread Dengan Task
- Thread biasanya tertanam secara Hardware yang merupakan fitur dari CPU, sedangkan Task merupakan bagian dari fitur Operating System.
- Task biasanya independen bukan bagian terkecil dari program, sedangkan Thread adalah bagian dari suatu Task.
- Task memiliki ruang alamat memory terpisah, sedangkan Thread salin berbagi ruang alamat.
- Task hanya berinteraksi melalui sistem yang disediakan antar-proses mekanisme komunikasi.
- Beralih proses antar Thread lebih cepat bila dibandingkan dengan proses beralih Task dengan Task yang lain.