Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pengertian MultiTasking, MultiThreading Dan MultiCore Pada CPU


Add caption

Dukun Tekno sengaja membuat artikel ini agar pembaca dapat membedakan antara MultiTasking, MultiThreading, dan MultiCore. Dimana istilah-istilah tersebut biasa di temukan pada spesifikasi Prosesor, dengan menggunakan kata 'Multi' yang pada akhirnya membuat kebingungan bagi yang belum mengerti istilah-istilah tersebut.

MultiTasking / Multiprocessing

Multitasking adalah sebuah konsep untuk membuka tugas atau aplikasi secara berurutan dengan waktu tertentu, proses multitasking ini dikerjakan oleh CPU dengan waktu yang amat singkat sehingga aplikasi-aplikasi yang berjalan seperti terbuka secara bersamaan. namun proses ini akan membagi resource CPU dan Memory RAM, sehingga jika anda membuka Aplikasi yang banyak dan sudah melewati kemampuan komputasi CPU dan Memory RAM akan membuat komputer mengalami interleaved atau umumnya bisa di sebut 'not responding'. Ini di sebabkan karena setiap Task harus dekerjakan hingga selesai sebelum mengerjakan Task yang lain.

MultiThread

Thread sendiri adalah sebuah intruksi terkecil dalam sebuah program, perbedan dengan Task adalah. Thread adalah sebuah intruksi terkecil dimana Thread sendiri adalah himpunan dari Task ( Process ), atau juga bisa disebut Task Adalah Thread yang kompleks. sedangkan MultiThreading adalah kemampuan CPU atau Prosesor yang mampu menjalankan lebih dari satu Thread dengan waktu yang telah di tetapkan.

MultiCore

Dalam istilah komputer Core adalah Unit Pengolah, sedangkan MultiCore Adalah sebuah perangkat komponen komputasi dengan lebih dari satu Unit Pengolah dimana setiap unit memiliki komputasi yang mandiri.

Perbedaan Thread Dengan Task

- Task biasanya independen, sedangkan Thread sebagai himpunan bagian dari suatu Task.
- Task memiliki ruang alamat memory terpisah, sedangkan Thread berbagi ruang alamat.
- Task hanya berinteraksi melalui sistem yang disediakan antar-proses mekanisme komunikasi.
- Konteks beralih antara Thread dalam Task yang sama biasanya lebih cepat dari konteks switching antara Task.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+