Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Dedicated RAM Dan Shared Graphic Memory


Perbedaan Dedicated RAM Dan Shared Graphic Memory

Hal seperti ini biasanya muncul pada kartu grafis atau chip GPU dengan konfigurasi tertentu, Setiap chip GPU datang dengan spesifikasi yang berbeda terutama pada bagian video memory. beberapa GPU datang tanpa memory khusus sedangkan lainya dengan memorynya sendiri, hal ini yang mungkin memunculkan kedua istilah tersebut.

Dedicated RAM

Adalah sebuah istilah yang mengacu pada GPU yang memiliki VRAM sendiri. Contohnya adalah Graphic Card, Dedicate RAM biasanya memiliki keunggulan dalam hal kinerja operasi, terutama bandwith. Kekuranganya adalah Dedicated RAM umumnya tidak dapat di tambah ruang memorynya.

Shared Graphic Memory

Mengacu pada Chip GPU yang di beri ruang RAM yang digunakan sebagai memory graphic, Komputer yang menggunakan Shared Graphic Memory akan melakukan partisi memory RAM menjadi 2 partisi, partisi satu digunakan untuk Sistem dan yang satunya sebagai Graphic Memory. Umumnya pada Shared Graphic Memory dapat di atur melalui BIOS atau Jumper. Kerugian dari desain ini kinerja yang lebih rendah karena sistem RAM biasanya berjalan lebih lambat dari RAM grafis dedicated.

Kesimpulan

Pada Dedicated RAM, sebuah Chip grafis datang dengan memorynya sendiri, memory inilah yang disebut Dedicated RAM. Sedangkan pada Shared Video Memory biasanya beberapa ruang memory RAM dialokasikan untuk grafis, contoh komputer dengan 512 MB RAM diatur dengan RAM grafis 64MB, akan muncul di sistem operasi dan user dengan hanya memiliki 448 MB RAM yang terpasang ( 512 - 64 = 448 ).