Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Perbandingan SSD VS HDD


SSD ( Solid State Drive ) dan HHD ( Hard Disk Drive ) adalah bagian komponen komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. keduanya memiliki fungsi yang sama namun selain fungsinya yg sama, keduanya memiliki perbedaan dalam tehnik menyimpan data digital.

Komponen dan Prinsip Kerja

HDD merupakan kependekan dari Harddisk Drive, sedangkan SSD adalah singkatan dari Solid State Drive.

HDD track and sector
Plat Piring pada HDD tersusun dari sector sector yang dirapatkan. dan sector yang saling terhubung yang membentuk garis melingkar disebut track. diatas hanya gambaran saja, sebenarnya jumlah sector bisa lebih banyak hingga miliaran dan tak terlihat oleh mata manusia.

HDD tersusun atas komponen mekanik dan elektronik. Bagian mekanik HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan sensor magnetik yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah( baca dan tulis) data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data.

Secara umum, proses pengolahan data HDD dilakukan atau terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. SSD dalam memproses data, menulis dan membaca data tidak didukung oleh proses mekanik, dalam SSD tidak ada komponen mekanis seperti motor dan lengan serta piringan yang berputar.

Pada SSD hanya terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan memori RAM.

Ukuran dan Berat

Bagian komponen pada HDD, seperti platter, head, dll sangat berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi serta berat dari HDD itu sendiri. Karena teknologi HDD sangat bergantung pada putaran piringan, hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat diproduksi.

Berbeda dengan HDD, SSD menggunakan IC sebagai media penyimpan digital, sehingga ukurannya ditentukan oleh ukuran transistor. SSD yang tersedia sekarang adalah 2,5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk penggunaan laptop. Seiring dengan semakin kecilnya ukuran laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet untuk menjelajahi web, Anda akan melihat kemampuan
SSD yang dapat beradaptasi dengan mudah dengan ukuran laptop/tablet.

Performa/Kecepatan


Fragmentasi
Karena bentuknya yang spiral (bundar), HDD sangat baik untuk menyimpan file-file yang berukuran besar yang terletak pada blok yang berdekatan. Dan ketika kapasitas HDD mulai penuh, file-file yang sudah tersimpan dapat terpencar, inilah yang dikenal dengan istilah fragmentasi. Efek dari fragmentasi ialah turunnya kinerja dari HDD itu sendiri. Dalam keadaan ini, untuk memulihkan kinerja dari HDD, biasanya kita melakukan defrag untuk memulihkannya.

ssd ic chip

Sedangkan pada SSD kita tidak perlu pusing memikirkan persoalan tenang fragmentasi karena data tersimpan pada IC flash berbentuk chip. Bahakan ketika HDD berada pada performa terbaik, SSD tertentu masih mampu menandingi kecepatan HDD hingga 8x.

Keunggulan SSD Dibanding HDD
1. Lebih cepat.
2. Tidak sepanas HDD
3. Lebih rendah raya listrik dibanding HDD
4. Tidak Bising karena tidak memiliki bagian komponen penggerak.
5. Lebih tahan Benturan dan goncangan dibanding HDD.

Keunggulan HDD Dibanding SSD
1. Memiliki siklus penghapusan yang lebih lama dibanding SSD. SSD menggunakan IC chip untuk menyimpan data, komponen ini sewaktu2 akan aus jika teraliri Listrik.