Cara Mengatasi Error OpenGL



Penjelasan Dukungan Hardware
Sebelumnya mungkin saya akan mejelaskan mengenai hubungan antara hardware dan software supaya anda lebih mengerti kenapa error ini bisa terjadi, sebuah komponen pada perangkat komputer memiliki sepesifikasi teknis yang telah didisain secara hardware, komponen-komponen tersebut di cetak sesuai dengan tujuannya masing masing. Selain memiliki fungsi untuk menyelesaikan tugasnya, komponen komputer tadi juga ditanamkan dengan berbagai teknologi supaya memiliki fitur-fitur tertentu, maka dengan semakin banyaknya fitur yang di suport akan semakin banyak pula dukungan software untuk masa depan. Tetapi lambat laun teknologi tersebut pastinya akan ditinggalkan dan digantikan oleh teknologi jenis baru, yang lebih efesien dan juga lebih banyak mendukung fitur untuk meningkatkan kompibilitas software yang ada.

Kinerja memang menjadi faktor utama pada komponen komputer, hal ini dikarenakan performa kinerja akan mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas pada aplikasi / software. tetapi jangan langsung melupakan satu hal, yaitu mengenai kompibilitas program. Sebuah program agar berjalan dengan semestinya dibutuhkan sebuah kompibilitas di perangkat keras, ini disebabkan setiap kompuasi digital yang dilakukan oleh perangkat komputer, memiliki bentuk algoritma sendiri, masalahnya algoritma seperti apa yang dibutuhkan oleh software supaya berjalan dengan baik? apakah komponen hardware yang terpasang telah memenuhi syarat untuk menjalankan program tersebut, misalnya dukungan alogaritma tertentu? Jika tidak memenuhi syarat tentunya program tadi akan error, dan program tidak berjalan dengan semestinya.

Ingat! error yang kita bahas ini mengenai dukungan fitur yang tertanam secara harware, bukan secara software. Disini kita berbicara mengenai error yang terjadi oleh mesin grafis akibat karena tidak memenuhi syarat untuk menjalankan sebuah game. Ketika terjadi error, error tesebut akan diikut sebuah pesan, cantoh dalam kasus ini kita membahas mesin grafis yang tidak mendukung fitur OpenGL 2.0 sehingga muncul pesan "OpenGL Must Be 2.0 Or Above", atau "OpenGL 1.4 Render Not Suport", dll. Hal yang menjadi point utama adala, bagaimana cara menyelesaikan error ini?

Cara Mengatasi Dan Perbaiki Error OpenGL
Pesan error "OpenGL Must Be 2.0 Or Above", atau "OpenGL 1.4 Render Not Suport" menandakan bahwa perangkat GPU (Graphic Proccesing Unit) yang menempel pada VGA Card tidak memiliki fitur versi OpenGL yang dibutuhkan. Sayangnya fitur OpenGL dibuat bersama sistem Hardware sehingga tidak ada cara mengatasinya selain membeli perangkat VGA Card dimana GPU nya mendukung versi OpenGL yang dibutuhkan. Sehingga ketika anda ingin memainkan game dan menemukan error "OpenGL Must Be 2.0 Or Above" maka belilah perangkat VGA Card yang mendukung rendering OpenGL 2.0 keatas. Jika anda tidak tau tentang VGA Card yang mendukung OpenGL 2.0. saat ini Kartu VGA keluaran terbaru telah mendukung OpenGL hingga versi 4.0, ini termasuk VGA Card low market atau murah, lebih lanjut tentang VGA Card yang suport OpenGL 2.0 bisa cari di google.

Apa Itu OpenGL?
OpenGL adalah Open Graphic Library sebuah pustaka grafis terbuka untuk memprogram grafis di komputer. OpenGL merupakan jenis program API (Aplication Programing Interface) yang berinteraksi langsung dengan mesin grafis GPU (Graphic Processing Unit), dimana program yang ditulis untuk tampilan grafis pada layar monitor, termasuk grafis game. OpenGL memiliki beberapa versi, berikut versi-versi OpneGL:

Versi OpenGL
Fitur Grafis Yang Didukung
OpenGL 1.1
EXT_vertex_array
EXT_polygon_offset
EXT_blend_logic_op
EXT_texture
EXT_copy_texture
EXT_subtexture
EXT_texture_object
OpenGL 1.2
EXT_texture3D
EXT_bgra
EXT_packed_pixels
EXT_rescale_normal
EXT_separate_specular_color
SGIS_texture_edge_clamp
SGIS_texture_lod
EXT_draw_range_elements
OpenGL 1.2.1
ARB_multitexture
OpenGL 1.3
ARB_texture_compression
ARB_texture_cube_map
ARB_multisample
ARB_multitexture
ARB_texture_env_add
ARB_texture_env_combine
ARB_texture_env_dot3
ARB_texture_border_clamp
ARB_transpose_matrix
OpenGL 1.4
SGIS_generate_mipmap
NV_blend_square
EXT_blend_color
EXT_blend_minmax
EXT_blend_subtract
ARB_depth_texture
ARB_shadow
EXT_fog_coord
EXT_multi_draw_arrays
ARB_point_parameters
EXT_secondary_color
EXT_blend_func_separate
EXT_stencil_wrap
ARB_texture_env_crossbar
EXT_texture_lod_bias
ARB_texture_mirrored_repeat
ARB_window_pos
OpenGL 1.5
ARB_vertex_buffer_object
ARB_occlusion_query
EXT_shadow_func
OpenGL 2.0
ARB_shading_language_100
ARB_shader_objects
ARB_vertex_shader
ARB_fragment_shader
ARB_draw_buffers
ARB_texture_non_power_of_two
ARB_point_sprite
EXT_blend_equation_separate
ATI_separate_stencil
EXT_stencil_two_side
OpenGL 2.1
ARB_pixel_buffer_object
EXT_texture_sRGB
OpenGL 3.0
EXT_gpu_shader4
ARB_map_buffer_range
ARB_color_buffer_float
NV_depth_buffer_float
ARB_texture_float
EXT_packed_float
EXT_texture_shared_exponent
ARB_half_float_pixel
NV_half_float
EXT_framebuffer_object
EXT_framebuffer_sRGB
EXT_framebuffer_blit
EXT_framebuffer_multisample
ARB_texture_float
EXT_texture_integer
EXT_packed_depth_stencil
EXT_draw_buffers2
GL_EXT_texture_array
EXT_texture_compression_rgtc
EXT_transform_feedback
ARB_vertex_array_object
NV_conditional_render
OpenGL 3.1
ARB_draw_instanced
EXT_copy_buffer
ARB_texture_buffer_object
ARB_texture_rectangle
ARB_uniform_buffer_object
NV_primitive_restart
OpenGL 3.2
ARB_geometry_shader4
ARB_sync
ARB_vertex_array_bgra
ARB_draw_elements_base_vertex
ARB_seamless_cube_map
ARB_texture_multisample
ARB_fragment_coord_conventions
ARB_provoking_vertex
ARB_depth_clamp
OpenGL 3.3
ARB_shader_bit_encoding
ARB_blend_func_extended
ARB_explicit_attrib_location
ARB_occlusion_query2
ARB_sampler_objects
ARB_texture_swizzle
ARB_timer_query
ARB_instanced_arrays
ARB_texture_rgb10_a2ui
ARB_vertex_type_2_10_10_10_rev
OpenGL 4.0
ARB_tessellation_shader
ARB_shader_subroutine
ARB_sample_shading
ARB_draw_buffers_blend
ARB_draw_indirect
ARB_transform_feedback2
ARB_transform_feedback3
OpenGL 4.1
ARB_ES2_compatibility
ARB_get_program_binary
ARB_separate_shader_objects
ARB_viewport_array
ARB_vertex_attrib_64bit
ARB_shader_precision
OpenGL 4.2

OpenGL 4.3
OpenGL 4.4

Diatas adalah daftar tabel yang memuat versi OpenGL yagn ditampilkan di bagian sebelah kiri tabel dan fitur ektensi dibagian tabel sebelah kanan. Setia fitur memiliki logaritma perhitungan grafis yang hanya bisa selesaikan dengan hardware yang mendukung. Oleh sebab itu beberapa game tidak akan berjalan jika ia menuntut OpenGL versi 4.0 sedangkan VGA Card anda hanya memiliki OpenGL versi 2.0.

Penutup
Sebenarnya masih banyak sekali jenis pemrogram grafis API (APlication Programing interface) selain OpenGL, contohnya DirectX dari microsoft, Mantle dari AMD, dll. Tetapi OpenGL adalah yang paling populer, mungkin anda akan menemui error-error lain ketika bermain game.

Sekian pembahasan mengenai error OpenGL, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang error OpenGL atau pembahasan OpenGL yang lain, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan.