Cara Verifikasi Blog Dan Mempercepat Index Artikel Lewat Googel Webmasters Tool


Kalo ditanya, Apasih pekerjaan bloger itu? pekerjaanya yaitu menuls, menulis dan menulis. Tidak sembarang menulis, pekerjaan bloger yaitu mengulas berbagai fakta menarik didunia nyata (bukan kebohongan) terutama isu-isu yang sedang polpuler menjadi sebuah artikel yang menarik, diutarakan dengan baik, singkat, padat dan jelas pada setiap pokok penjelasanya. Bekerja sebagai bloger, kita juga ikut berperan aktif dalam memberikan informasi yang dicari oleh pengguna internet, kebanyakan pengguna internet merujuk ke situs Google untuk mencari informasi terkait. Itu karena kepopuleran dan kecanggihan google dalam merayapi artikel-artikel yang dipasang pada situs tertentu.

Nah dari google tersebut lah, maka visitor akan datang ke blog / website kita, kita sebagai penyedia informasi lebih sering disebut sebagai SEO (Search Enghine Optimization) artinya pengoptimal mesin pencarian, disini google sebagai mesin pencari (ada situs pencarian lain sebenarnya seperti Bing, Yahoo Search, dll) dan kita adalah SEO nya. Namun karena saking banyaknya situs didunia ini yang menyediakan informasi yang baru, tentunya ini akan menjadi pekerjaan yang berat bagi Mesin Pencari untuk mendeteksi artikel baru yang membahas mengenai suatu hal yang di cari oleh pengguna internet. Disisi lain, mesin pencari ingin menampilkan situs dengan artikel yang memuat fakta yang akurat, berkualitas, dan mudah untuk di jelajahi.

Untuk mengatasi ini, Google telah membangun sebuah mesin perayap yang disebut sebagai Google Webmasters Tool. Google Webmasters Tool adalah tempat untuk melakukan pengindeksan berbagai artikel di situs diseluruh dunia dan ini merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang SEO jika ia ingin artikelnya lebih cepat terindeks oleh google. Disini saya tidak hanya membahas pengertianya saja tetapi juga cara melakukanya. Nah pertanyaanya adalah, bagaimana supaya artikel saya cepat terindeks oleh Webmaster Tool? karena Blogspot dan Webmasters merupakan satu produk dari google, anda hanya perlu menggunakan akun blog untuk masuk ke Google Webmasters Tool. Lalu setelah itu mendaftarkan/verifikasikan Blog atau situs anda ke Google Webmaster tool, hal ini supaya google percaya bahwa situs tersebut merupakan situs anda

Memverifikasi blog di Webmaster Tool sebenarnya mudah, sehingga jangan takut untuk mengikuti tutorial ini. selain berfungsi untuk mencari artikel diinternet, Webmaster tool juga berfungsi untuk menyembunyikan halam tertentu agar tidak di tampilkan di pencarian Google. Disini saya mempraktekanya dimana saya telah memiliki akun blogger, dalam parakteknya saya menggunakan browser PC, kalaupun anda menggunakan browser mobile juga tidak tampak terlalu berbeda, berikut tutorianya. (Ingat Verifikasi Blog lalu Lakukan peng Index an)

Langkah Verifikasi Blog Anda
1. Dimulai dari halaman awal webmaster, masuk > Add property.

2. Masukkan alamat blog kamu lalu Tambahkan / Add. Contoh https://example.blogspot.com.

3. Selanjutnya anda masuk ke halaman Verifikasi, disini ada dua opsi yaitu Recommend Methods dan Alternate Methots > pilih Alternate Methods > lalu pilih HTML Tag.
4. Buka Blog anda, Copy kode Html tersebut ke template blog anda dengan cara Buka menu template > Edit Html, lalu letakkan kode tersebut antara kode html dan /html, setelah itu kembali ke webmaster tool, lalu pilih cek verifikasi.
5. Jika berhasil maka akan ada notif yang mengatakan kurang lebih seperti ini " selamat anda telah sukses memverifikasi kepemilikan blablablaa'.

Verivikasi hanya dilakukan sekali, hal yang harus anda lakukan setelah melakukan verifikasi blog anda adalah melakukan pengindekan terhadap artikel baru anda, hal ini supaya Google dapat langsung mengetahui jika anda telah selesai memposting / mengedit artikel anda, dan dengan anda yang ingin melakukan pengindekan menandakan bahwa artikel anda sudah siap untuk di baca oleh khalayak ramai. Berikut cara melakukan pengindekan di Google Webmaster Tool. Oh ya anda harus melakukan pengindekan artikel terus menerus setiap anda selesai membuat artikel baru.

Langkah Mengindex Artikel Ke Google Webmasters Tool
1. Masuk ke Google Webmaster Tool.
2. Buka tab baru di browser anda > lalu buka link google.com/addurl > Submit link artikel anda.
3. Pada Google Webmaster Tool, gunakan fitur Fetch as google dan masukan link artikel ke kolom fetch.


4. Gambar diatas terlihat sebelum kolom fetch ada tulisan http://www.dukuntekno.com/ . ketika anda ingin mengindeks artikel dengan alamat contohnya http://www.dukuntekno.com/p/cara-santun.html maka anda hanya perlu memasukkan bagian yang p/cara-santun.html saja. setelah itu pilih fecth and render (ambil dan render). Selesai.

Nah sekian tutorial blog dari dukuntekno. terimakasih telah mampir di blog saya dan saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jika anda belum mengerti mengenai cara melakukan verifikasi dan indek artikel, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang belum anda pahami, tentunya saya akan membimbing anda sebaik baiknya. Terimakasih dan semoga berhasil.

Related Posts:

2 Responses to "Cara Verifikasi Blog Dan Mempercepat Index Artikel Lewat Googel Webmasters Tool"