Mantra Sakti Dukun Teknologi

Apa Itu Defragmentation Hard Disk?


Fragmentasi Hardisk adalah waktu yang dibutuhkan sebuah head pada ujung actuator untuk menemukan data yg tersimpan di platter, sedangkan Defragment Hard Disk.

Defragment Hard Disk adalah suatu proses untuk mengurangi Fragmentasi, dengan menyusun file-file digital dimana setiap data digital yang penyusun file-file ini bertebaran di permukaan piring HDD dengan tidak merata/ satu arah dengan arah putaran plat/piringan Harddisk, hal ini akan menghambat kecepatan Harddisk untuk menemukan transfer tercepat/kinerja terbaiknya.
Bagian-bagian dari file merah tersebar di di antara file-file lain, begitu pula file-file yang lain yang tersebar tidak merata. defrgamen berfungsi agar bagia file-file tersebut menjadi rapi, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menemukan bagian bagian file tersebut lebih cepat.

Defragment Hard Disk adalah suatu proses untuk mengurangi proses Fragmentasi, dengan menyusun file-file digital dimana setiap data digital yang penyusun file-file ini bertebaran di permukaan piring HDD dengan tidak merata/ satu arah dengan arah putaran plat/piringan Harddisk, hal ini akan menghambat kecepatan Harddisk untuk menemukan transfer tercepat/kinerja terbaiknya.

bagian-bagian pada HDD/Hard Disk Drive seperti: head sebagai sensor magnetic, actuator untuk menggerakkan head, spindle untuk memutar plat/piringan, platter/plat/piringan untuk menyimpan data.

Hardisk adalah media penyimpan dengan cara kerja yang membutuhkan sebuah media bergerak didalamnya. bagian-bagian pada HDD/Hard Disk Drive seperti: head sebagai sensor magnetic, actuator untuk menggerakkan head, spindle untuk memutar plat/piringan, platter/plat/piringan untuk menyimpan data. Platter pada HDD adalah sebuah piringan yang memiliki permukaan magnetic dan berbentuk bundar. Lihat gambar dibawah:

Umumnya bentuk platter pada HDD seperti diatas, terdiri dari track, sector, cluster. Kemajuan teknologi suatu prusahaan dapat membuat bentuk tataletak bagian platter berbeda dari contoh gambar diatas.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+