Mantra Sakti Dukun Teknologi

Apa Itu Firewall?



Firewall ( Tembok/Dinding Api ) adalah sebuah program perangkat lunak atau juga dalam bentuk perangkat keras yang membantu untuk menyaring hacker, virus, dan worm yang mencoba untuk mencapai komputer Anda melalui Internet. Firewall Bertindak sebagai penghalang antara jaringan yang terpercaya dan jaringan tidak dipercaya seperti pada Interne. Ini berarti bahwa hanya lalu lintas diizinkan yang masuki ke jaringan lokal sudah sesuai kebijakan firewall, semua lalu lintas lainnya ditolak.

Simbol Firewall

Firewall atau dalam bahasa indonesia memiliki arti dinding api, simbol tersebut merujuk kesebuah konteks dimana dinding tersebut berfungsi untuk menghalangi/memblok api agar tidak menyebar ( seperti sifat api yang mudah menyebar ).

Pertumbuhan Internet dan peningkatan konektivitas yang dihasilkan dari jaringan berarti bahwa jenis penyaringan tidak cukup lagi untuk mencegah lalu lintas berbahaya karena hanya informasi dasar tentang lalu lintas jaringan yang terkandung dalam paket header. Digital Equipment Corp membuat firewall komersial pertama, pada Desember tahun 1992, dan teknologi firewall telah berkembang untuk memerangi kecanggihan sekaligus meningkatnya serangan cyber.

Paket firewall

Firewall awal difungsikan sebagai paket filter, memeriksa paket yang ditransfer antara komputer di Internet. Ketika sebuah paket melewati firewall packet-filter, sumber dan alamat tujuan, protokol, dan tujuan nomor port diperiksa oleh firewall. Setiap paket yang tidak secara khusus diizinkan ke jaringan dijatuhkan ( yaitu, tidak diteruskan ke tujuan mereka ). Sebagai contoh, jika firewall dikonfigurasi dengan aturan untuk memblokir Telnet akses, maka firewall akan drop paket ditakdirkan untuk TCP nomor port 23, port mana dari aplikasi server Telnet akan mendengarkan.

Windows 8 , Windows 7 , Windows Vista , dan Windows XP SP2 atau lebih tinggi memiliki firewall built-in dan diaktifkan secara default. ( Catatan: Dukungan untuk Windows XP berakhir pada bulan April 2014. )

Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer yang terhubung di rumah, atau jika Anda memiliki jaringan kecil-kantor, penting untuk melindungi setiap komputer. Anda harus memiliki firewall perangkat keras ( seperti router ) untuk melindungi jaringan Anda, tetapi Anda juga harus menggunakan firewall perangkat lunak pada setiap komputer untuk membantu mencegah penyebaran virus di jaringan Anda jika salah satu komputer terinfeksi. Jika komputer Anda merupakan bagian dari bisnis, sekolah, atau jaringan organisasi lainnya, Anda harus mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh administrator jaringan.