Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pengertian Timing Pada RAM


Pengertian Timing Pada RAM

Penjelasan
Timing pada memory RAM adalah suatu proses penundaan ( delay, letancy ) operasi perclock yang disebabkan operasi didalam modul Chip RAM yang belum selesai. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan waktu yang lebih lama didalam modul chip RAM dari pada frequensi RAM itu sendiri, sehingga Modul-Modul RAM menutup arus data untuk beberapa siklus clock.
Gambar diatas adalah modul Chip RAM dari Hynix


Penulisan
Penulisan pada TIMING RAM biasanya terdiri dari deretan angka, bisa berupa 4 digit angka atau 5 digit angka yang dipisa oleh tanda strip (-). Contoh: 7-8-8-24-2T, deretan pertama CL, deretan kedua Trcd, deretan ketiga Trp, deretan keempat Tras, deretan kelima Command Rate. Semakin kecil nilainya semakin baik performanya.


Nama
Simbol
Definisi
CL
Waktu antara mengirim alamat kolom untuk memori dan awal data di respon. Ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk membaca bit pertama dari memori DRAM dengan baris yang benar sudah terbuka.
Row Address to Column Address Delay
RCD
Jumlah siklus clock yang diperlukan antara pembukaan deretan memori dan mengakses kolom di dalamnya. Waktu untuk membaca bit pertama dari memori DRAM tanpa baris yang aktif adalah T RCD + CL.
Row Precharge Time
RP
Jumlah siklus clock yang diperlukan antara penerbitan perintah precharge dan membuka baris berikutnya. Waktu untuk membaca bit pertama dari memori DRAM dengan baris yang salah terbuka adalah T RP + T RCD + CL.
Row Active Time
RAS
Jumlah siklus clock yang diperlukan antara deretan perintah aktif dan mengeluarkan perintah precharge. Ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyegarkan baris internal, dan tumpang tindih dengan T RCD. Dalam modul SDRAM, itu hanya T RCD + CL. Jika tidak, kurang lebih sama dengan T RCD + (2 * CL).

Aplikasi CPUz

Jika Timing RAM tidak ditulis oleh produsen pada kemasanya anda bisa menggunakan aplikasi CPUz lalu buka tab Memory SPD, disana ada kolom memory timing.

Jika Timing RAM tidak ditulis oleh produsen pada kemasanya anda bisa menggunakan aplikasi CPUz lalu buka tab Memory SPD, disana ada kolom memory timing.

Sumber: Wikipedia, Hardwarescret, 

Share Artikel

Facebook Twitter Google+