Cara Menambah Shader Di PPSSPP


Apa itu Shader?
Shader adalah sebuat tehnik untuk memanipulasi grafis sehingga menghasilkan sebuah efek grafis tertentu, umumnya shader bertujuan untuk memperbaiki kualitas grafis yang buruk selain itu juga digunakan untuk menghasilkan efek lain seperti untuk melakukan uji kemampuan GPU (Graphic Processing Unit) dalam menghasilkan citra warna. Beberapa contoh efek grafis yang dihasilkan oleh fitur shader adalah Antialiasing, efek shading jenis ini akan memperbaiki grid/ garis bergerigi pada permukaan game 2D, sehingga tampal lebih lembut. ada juga jenis shading lainya.

Pada emulator PPSSPP di Androi maupun pada versi komputer Windows ada fitur untuk menambahakan shading dipengaturan grafis, ada banyak jenis algoritma shading yang diberikan, dan setiap shading yang ada akan memberikan bentuk grafis yang berbeda. Namun tak hanya sampai disitu, anda juga dapat menambah jenis shading yang lain sehingga lebih bisa lebih banyak dan berfariasi. Apalagi saat ini PPSSPP merupakan emulator paling populer dari emulator PSP yang lain dan paling banyak digunakan, hal ini akan tambah seru buat kamu yang punya hobi oprek android.

Kali ini Dukun Tekno akan berbagi tutorial mengenai cara menambah shader kedalam aplikasi emulator PPSSPP, shader ini akan membuat tampilan game seperti colorcorection, lighting, antialiasing akan bekerja lebih maksimal, intinya shading ini akan membuat grafis lebih realistis. Tetapi Shader ini hanya cocok untuk android dengan 4 Otak ke atas, lainya akan terasa lemot. Berikut tutorial nya:

Kumpulan Shader
Ada banyak sekali shader untuk emulator PPSSPP yang bertebaran diinternet, jadi anda bisa mengunduhnya selain dari link yang saya berikan. Berikut beberapa shader yang telah saya kumpulkan jika punya request bisa langsung berkomentar di bawah, cekidoottt bradar!!
Shader Mod
Kimochi Shader Extended
Kimochi Shader
MikuShaders

Langkah Untuk Android
1. Download file berektensi .ini, .vsh, .fsh
2. Paste file tadi ke PSP/Shaders/<disini>.
3. Jika belum ada folder Shaders, buat terlebih dahulu.
4. Buka Emulator PPSSPP > Setting > Graphic > PostProcesing Shader > Pilih 'Mode Buffered Rendering'.


Langkah Untuk Windows
1. Download file berektensi .ini, .vsh, .fsh
2. Copy lalu paste file yang anda unduh ke PPSSPP/Assets/Shaders/<disini>.
3. Buka file .ini menggunakan Notepad > lalu paste ke dalam file defaultshaders.ini ( hapus tulisan yang ada di defaultshaders.ini terlebih dahulu baru di paste ).
4. Buka Emulator PPSSPP > Setting > Graphic > PostProcesing Shader > Pilih 'Mode Buffered Rendering'.

Nah diatas merupakan tutorial mengenai cara menambahkan menginstal shader di emulator PPSSPP, terimakasih telah berkunjung ke situs dukuntekno dan jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, dan jika anda masih belum mengerti cara memasukkan shader ke dalam emulator PPSSPP, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang masing membuat anda bingun. Sekian tutorial dari dukuntekno semoga berhasil.