Fenomena Penyebab Trafik Visitor Blog Turun Yang Jarang Di Bahas Berdasarkan Pengalaman

Visitor blog yang turun hari demi hari, tetapi ada juga yang terjadi dalam hitungan jam, jika itu yang sedang terjadi pada situs atau blog Agan, munkin pengalaman Dukuntekno yang akan saya bahas kali ini bisa dijadikan referensi.

Namun, sebelum ke topik utama Saya akan membritahukan mengenai sejauh mana saya bermain didunia internet sampai sekarang, supaya bisa jadi pertimbangan apakan Agan mau lanjut baca atau tidak.

Cerita Singkat Pengalaman Ngeblog
Saya memulai ngeblog sejak 2015, waktu itu coba-coba saja, jadi di tahun ini saya bisa dibilang tidak serius ngeblog. Nah ditahun 2016 mulailah saya serius nge blog tetapi masih tidak mengetahui faktor-faktor SEO, Saya mulai serius karena saya baru tahu kalau nge blog itu bisa menghasilkan Uang.

Namun karena minim pengetahuan tentang SEO, disini saya hanya sekedar menulis atau bisa dibilang mengupdate Blog saya secara rutin berdasarkan apa yang menjadi Hobi saya waktu itu, yaitu mengenai komputer dan itulah mengapa blog saya ini namanya Dukuntekno. Jadi artikelnya pun jelek-jelek, penempatan kalimat tak tertata rapi, tidak tau istilah meta tag dan semacamnya, hanya sekedar update update dan update.

Di tahun 2017 saya mulai benar-benar serius ngeblog namun kali ini skil dalam menulis sudah mulai bagus dan saya merasa tulisan saya sudah bisa diandalkan, ya bisa bersainglah dengan situs yang memiliki nice yang sama dan saya punya dua situs utama waktu itu. Saya serius karena ditahun ini saya pertama kali gajian dari Adsense kalo gak salah bulan November dan pada Febuary 2018 gajian tiap bulan, disini saya mulai memikirkan secara detail agar situs terlihat bagus dan memikirkan untuk membuat situs-situ dengan nice yang lain.

Pengalaman Pertama Trafik Visitor Blog Terjun Drastis
Dibagian ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika trafik saya terjun drastis dalam hitungan Jam, wew 😱! (bukan turun hari demi hari lho ya! kalo yang ini saya bahas nanti). Dulu ketika pertama kali nge blog, mendapatkan trafik yang hanya puluhan visitor saja udah seneeeng 😍 banget! Hingga pada akhirnya situs Dukuntekno ini memiliki trafik lebih dari 10.000 PV/hari dari Google Search.

Saya melihat situs-situ besar yang satu nice dengan Dukuntekno, mereka memiliki tampilan yang bagus-bagus dan saya mulai memikirkan tentang Theme / Tema / Template, Waktu itu saya menggunakan template gratisan dari mas sugeng yaitu EVOMAGZ. Saya coba deh ganti template nya ke templat yang lain yang lebih bagus tampilanya, dan apa yang terjadi besoknya? trafik malah turun menjadi 7.000 an PV/hari.

Panik? tentu, saya niat ganti template supaya nambah visitor tetapi ini malah anjlok. Jadi saya berfikir "Ah munkin visitor saya pada gak suka sama template baru ini", lalu saya balikan lagi ke template EVOMAGZ dan tebak apa yang terjadi? trafik turun jadi 5.000 an PV/hari, WTF 😡!. Lalu saya search di Google "Penyebab Trafik Blog Turun", dan saya menemukan tidak sedikit artikel yang mengatakan salah-satu penyebabnya adalah karena mengganti template.

Pengalaman Pertama Kali Blog Dukuntekno Tidak Ditemukan Di Google Search
Waktu itu saya lagi gila-gila nya meng edit template blogspot, cuz karena saya juga butuh pengetahuan soal ini. Disini saya udah tau kalo mengedit template itu bisa membuat trafik anjlok, jadi momen ini adalah setelah saya melewati momen Pengalaman Pertama Trafik Visitor Blog Terjun Drastis.

Tapi Saya rada tenang karena blog saya yang satunya juga mulai bertrafik dan malah dari blog yang satunya ini saya bisa gajian tiap bulan. Berbeda dengan blog Dukuntekno ini, tafik sekitar 6.000 an tapi pendapatan Adsense rata-rata masih Rp15.000 an perhari, paling banter sekitar 25.000 dan yang ter rendah sekitar 6.000. dengan CPC dan RKT Adsense yang rendah untuk nice teknologi, membuat Saya merasa blog ini ga bisa diandalkan buat ladang Adsense.

Ketika mengedit template, saya bermain-main dengan kode yang bernama "nofollow/noindex". Entah waktu itu saya taruh kode ini dimana (kayaknya di header), pokoknya seingat waktu itu saya sedang mempelajari istilah "nofollow/noindex", setelah bereksperimen dengan template, saya Save template dan dalam hitungan jam blog saya tidak ditemukan di Google, bahkan ketika saya mengetikkan "site:dukuntekno.com". Waktu itu super panik karena yang saya duga kalo mengedit template cuman kehilangan beberapa visitor tapi ini malah Terhapus di Google Search.

Saya hapus semua kode template yang memuat "nofollow/noindex", dan butuh setidaknya 2 hari supaya blog Dukuntekno nongol lagi di Google Search. Dan visitor pun terpangkasa menjadi sekitar 2000 PV/hari. Geleng-geleng klo inget waktu itu cuy!.

Trafik Turun Karena Ganti Domain Ke TLD
BTW Saya membangun blog Dukuntekno ini dari sejak visitor masih ratusan udah make domain .com, tapi karena saya juga punya blog lain yang bertrafik yang masih make domain blogspot.com dan saya upgrade domainnya ke Tld. Jadi punya gambaranlah soal pengaruh trafik visitor setelah upgrade blog ke domain Tld.

Blog utama yang ke 2 saya waktu itu memiliki trafik kalo gak salah sekitar 7.000 PV/hari, saya langsung upgrade ke Tld karena takut domainnya di caplok duluan sama orang lain. Dari visitor yang awalnya sekitar 7.000 PV/hari setelah saya upgrade visitor turun menjadi 4000 PV/hari, tetapi sekitar satu bulan setelahnya visitor naik sampai 15.000 PV/hari dan sempat tembus 60.000 PV/hari sampai artikel ini ditulis.

Perlu diingat ya, upgrade domain gak akan bikin visitor blog jadi rame. Waktu itu saya tau blog saya yang ke 2 ini akan rame soalnya waktu itu pada mbahas nice ini dan situs kompetitor dari indonesia pun gitu-gitu aja jadi blog saya yang ini berkuasa hehehee, tapi sekarang ya banyak artikel yang bahas nice yang sama.

Trafik Naik Dan Turun Di Musim Tertentu
Ada momen dimana trafik saya naik melejit polanya kayak jarum, tapi setelahnya normal atau bahkan turun dari biasanya. Musim yang memperlihatkan perubahan trafik paling mencolok adalah Bulan Ramadhan, yup dimusim ini dari malam sampai malam selanjutnya trafik selalu konsisten ramai, paling jam-jam sepi cuman pas waktu sekolah saja.
Fenomena Penyebab Trafik Visitor Blog Turun Yang Jarang Di Bahas Berdasarkan Pengalaman

Setelah Bulan Ramadhan trafik blog menjadi normal kembali, bagi kalian yang punya blog dengan nice pendidikan biasanya akan sepi di musim liburan dan kembali normal setelah musim liburan berakhir. Seperti yang terjadi pada blog teman saya, dimana liburan tahun baru kemarin blognya turun menjadi 400PV/hari yang biasanya 10.000PV/hari.

Trafik Turun Hari Demi Hari Karena Ada Link Mati
Saya baru-baru ini punya blog dengan nice Download dengan trafik sekitar 3.000PV/hari, visitornya turun menjadi 2.000PV/hari, grafiknya terlihat turun secara perlahan tidak langsung anjlok. Sempat bingung apa yang terjadi padahal saya update postingan hampir setiap hari.

Setalah usut punya usut, ternyata pada salah satu postingan populer saya linknya mati (link download / backlink mati). Saya perbaiki linknya dan visitor pun grafikkanya mulai ke atas lagi, disini saya mengecek link-link mati menggunakan tool online https://www.brokenlinkcheck.com/

Trafik Turun Hari Demi Hari Karena Nice Artikel Tidak Diminati Lagi
Dulu Saya punya artikel menganai "Cara Setting Grafis Game VGA AMD Melalui Catalyst Control Panel" artikel saya ini dulu sempet ramai dan mendapatkan posisi no 1, namun sekarang sudah tidak seramai dulu karena sekarang AMD telah mengupdate Drvernya mejadi "Crimson" dan katanya akan diganti lagi ke "Adrenalin".

Trafik Anjlok Karena Terkena DMCA
Saya juga pernah membuat blog khusus AGC karena pengen coba-coba dan akhirnya terkena yang namanya DMCA. Buat kalian yang belum tau apa itu DMCA atau Digital Millennium Copyright Act, itu merupakan perlindungan hak cipta digital, termasuk konten text, gambar, file, video, dll. Dulu saya sempat membuat blog AGC yang metodenya dengan cara ambil file xml dari situs yg masih menggunakan blogspot.

Visitor saya yang awalnya sekitar 1000 an PV/hari, menjadi turu tak sampai 10 PV/hari. Tetapi setelah sekian lama saya tidak mengecek blog saya yang AGC, sekitar 2 - 3 bulan visitor saya balik normal lagi. Entah pengaruh trafik anjlok karena DMCA hanya sekitar 3 bulan atau ini hanya asumsi saya.

So, jadi faktor-faktor diatas merupakan faktor-faktor yang pernah dialami oleh Admin Dukuntekno langsung dan menjadi penyebab paling berpengaruh trafik blog turun. Semoga bermanfaat!