Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard Yang Rusak Dengan Tombol Lain

Hai gaes kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengganti tombol keyboard yang telah rusak dengan tombol lain. Bagi kalian yang memegang komputer munking tinggal ganti atau membeli keyboard yang baru, dengan uang Rp30.000 sudah bisa membeli Keyboard yang merek Votre.

Namun akan berbeda bagi pemilik laptop, mengganti keyboard leptop tak semudah mengganti keyboard PC Komputer. Biaya untuk mengganti keyboard laptop bisa ratusan ribu, apalagi jika Anda meminta di pasangkan keyboardnya, akan ada biaya tambahan untuk jasa pemasangannya.

Nah disini Dukuntekno akan memberikan solusi cara mengganti input tombol di Keyboard dengan tombol yang jarang di pakai. Contoh nya, tombol "A" kamu rusak, Anda bisa menggantinya dengan tombol CTRL atau SHIFT. Karena tombol CTRL dan SHIFT ada dua jumlahnya yaitu kiri dan kanan, Anda bisa mengganti fungsi tombol ini menjadi fungsi input huruf "A".

Untuk metodenya disini Dukuntekno merekomendasikan aplikasi SharpKeys, kenapa saya menggunakan aplikasi ini? karena aplikasi ini tidak berjalan dilatar belakang. SharpKeys hanya berfungsi menyuntikkan kode ke registry Windows, jadi aplikasi ini hanya berjalan ketika Kita melakukan konfigurasi tombol-tombol yang rusak saja, dan setelah selesai setting tombol, aplikasi ini sepenuhnya tertutup jadi tidak akan membebani kinerja Laptop / PC kamu.

Tutorial Mengganti Fungsi Tombol Keyboard Yang Rusak Dengan Tombol Lain
1. Download dan install aplikasi SharpKeys, Instal next next terus sampai aplikasi SharpKeys terinstall di Windows kamu.

2. Buka aplikasinya, Anda dapat membukanya lewat menu Start atau di menu Desktop.

3. Setalah terbuka aplikasi SharpKeys nya, klik tombol "Add" untuk menambah tombol yang ingin diganti fungsinya dengan tombol lain.

4.Maka terbukalah jendela baru seperti gambar berikut, Misalnya tombol yang tidak befungsi adalah tombol CTRL kemudian Anda hendak menggunakan tombol ALT sebagai pengganti fungsi tombol CTRL tersebut, maka silahkan cari tombol kode tombol ALT pada list bagian kiri dan kode tombol CTRL pada list bagian kanan.

5. Jika anda kesulitan mencari kode tombol Alt, silahkan klik Type Key. Kemudian tekan tombol  Alt, Kamudian klik Ok. Untuk menambahkan tombol lain silahkan ulangi langkah 3 dan langkah 4 pada setiap tombol yang ingin dikehendaki.

Agar perubahan pada fungsi tombol keyboard yang telah dilakukan bisa berjalan, silahkan Restart Komputer anda atau Log Off/Log Out. Setelah proses Restart atau Logout selesai, maka tombol yang sebelumnya tidak berfungsi sudah dihgantikan fungsinya oleh tombol yang anda pilih.

Mengembalikan Fungsi Tombol Seperti Semula
Jika sebelumnya Anda pernah mengatur beberapa tombol untuk menggantikan fungsi tombol lain pada Keyboard, kemudian anda hendak untuk mengembalikannya seperti semula maka caranya sangatlah mudah.

Anda hanya perlu membuka kembali SharpKeys, kemudian klik Delete All lalu klik Write to Registery. Setelah itu silahkan Restart atau Log Out komputer anda agar perubahannya bekerja. Setelah proses Restart selesai, maka fungsi tombol Keyboard anda akan kembali seperti semula.

Itulah cara mudah mengganti fungsi tombol Keyboard dengan tombol lain. Dengan adanya cara ini anda tidak perlu langsung membeli Keyboard baru, atau menggunakan On Screen Keyboard ketika hendak mengetik. Selain itu agar perubahan yang dilakukan bisa bekerja, anda tidak perlu terus membuka Software SharpKeys, melainkan hanya pada saat melakukan konfigurasi fungsi tombol Keyboard.