-->

Samsung PlayGalaxy Link Menawarkan Solusi Bermain Game PC Di Smartphone


Dalam satu atau dua minggu, Google akan memberikan rincian lebih lanjut tentang platform streaming game Stadia. Bersama dengan orang-orang dari Microsoft xCloud dan bahkan platform yang lebih berpengalaman dalam bidang game seperti NVIDIA GeForce Now, sepertinya industri game sedang menuju era streaming cloud gaming. Yang pasti tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya tetapi ada semacam jalan tengah yang didorong oleh Valve dan sekarang secara teori Samsung, menawarkan manfaat bermain game PC di perangkat apa pun, meskipun dengan beberapa peringatannya.

Cloud Gaming: Kebebasan Namun Ditebus Dengan Uang

Di atas kertas, premis dan janji streaming game berbasis cloud tentunya begitu memikat bagi gamer. Dimana ia menawarkan kebebasan untuk bermain game di mana saja, di perangkat apa pun, dan tanpa membutuhkan perangkat keras yang berat, akan menarik bagi mereka yang membayangkan diri mereka bermain di mana saja keinginan itu menyerang mereka. Namun, dalam praktiknya, masih ada banyak bagian yang perlu diterapkan agar era itu berjalan baik, dan tidak semuanya teknis.

Contohnya saja seperti persyaratan untuk koneksi internet yang cepat, sesuatu yang tidak tersedia di mana-mana. Tetapi lebih dari sekedar bandwidth, ada juga pertimbangan kepemilikan dan akses, terutama di masa depan ketika penerbit mengeluarkan game dari layanan tersebut. Sementara Google menjanjikan para pemain game yang membeli di Stadia akan menjadi milik mereka selamanya, pasar distribusi game digital sama sekali tidak permanen.

Menghubungkan Steam

Meskipun tidak sepenuhnya baru, Steam Link Valve baru-baru ini mengalami transisi. Menghapus perangkat keras Tautan dari persamaan, Steam Link sekarang langsung mengalirkan game ke perangkat seluler. Memiliki awal yang buruk, terutama di iOS, tetapi tentunya sekarang lebih baik dibanding masa lalu. Sekarang bahkan versi beta dari Aplikasi ini tersedia untuk platform Android.


Dengan Steam Link, gamer akan dapat terus menjalankan game Steam PC yang dibeli di perangkat seluler mereka. Itu memberi mereka kebebasan untuk bergerak di sekitar rumah atau area dalam jaringan yang sama, asalkan jaringannya cukup cepat.

Play Samsung

Anehnya, Samsung tampaknya bermain-main dengan sesuatu yang serupa. Sebuah video yang hampir terbang di bawah radar mengungkapkan apa yang dicap perusahaan tersebut sebagai PlayGalaxy Link-nya yang tampaknya beroperasi dengan cara yang sama. Mulai permainan di PC dan kemudian lanjutkan pada ponsel Samsung dengan kontrol khusus.

Saat ini, sistem tanpa pemberitahuan ini masih memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab, seperti perangkat dan permainan yang kompatibel. Cukuplah untuk mengatakan, Samsung tampaknya tertarik untuk mencelupkan jari-jari kakinya dalam layanan game semacam ini.

Kepemilikan dan Kontrol di rumah

Kecuali PlayGalaxy Link memungkinkan untuk streaming jarak jauh, baik itu maupun Steam Link secara teknis terbatas untuk berjalan di jaringan lokal. Ini memberi pemain beberapa kebebasan terbatas tetapi itu masih mengharuskan mereka berada di jaringan Wi-Fi cepat yang sama. Namun, bagi beberapa gamer, itu mungkin baik-baik saja mengingat apa yang mereka dapatkan sebagai imbalan.

Itu cukup banyak bermuara untuk menjaga kontrol atas permainan yang mereka mainkan di ponsel. Harus diakui, game masih bisa menghilang dari Steam, tetapi pengguna memiliki lebih banyak kontrol dan pilihan dibandingkan berada di tangan server cloud gaming dan kesepakatan yang mereka buat dengan penerbit dan pengembang. Ya, mereka mungkin tidak bisa bermain ketika jauh dari rumah, tetapi rintangan itu mungkin lebih mudah diatasi ketika Anda memiliki lebih banyak kontrol atas platform dan belum menyerahkan segalanya ke cloud.