-->

Cara Memperbaiki Game PS3 Yang Tidak Keluar Suara Pas Di Mainkan 100% Work

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat malam gaes, kali ini Dukuntekno bakal share cara memperbaiki error pada PS3 yang tidak mengeluarkan suara padahal di Menu XMB (menu utama PS3) suara muncul pas waktu gulir/navigasi analog dan pilih Opsi. Pastinya kalian dibikin bingung kan? Apakah ada yang error dengan PS3 nya atau TV nya yang udah rusak?.

Pengalaman ini saya dapat tadi sore gaes, ketika saya sedang menambahkan konsol PS3 baru di rentalan PS3 saya dan karna hal ini saya sempet dibikin bingun. Cari sana sini ada tutor di gugle nyuruh buat Rebuild Database, ada yang nyuruh pengaturan HDMI ke default/ automatic. Tapi tidak ada yang work, setelah cari sana sini ada tutorial yang ternyata memberikan pencerahan atas penyebab mengapa PS3 tidak mengeluarkan suara ketika dipake untuk main Game.

Penyebab Utama Masalah PS3 Tidak Mengeluarkan Suara Waktu Main Game
Penyebab utamanya adalah bahwa TV Anda tidak mendukung decoding Audio dari Dolby ataupun DTS. Beberapa TV keluaran lama tidak menambahkan fitur baru seperti Chip Audio terkenal saat ini yaitu Dolby dan DTS.

Sebenarnya port Audio PS3 mampu menghasilkan berbagai jenis decoding Audio mulai yang terkenal saat ini yaitu Dolby, DTS, AAC, dll. Yang menjadi masalah adalah pengaturan default PS3 ketika dicolokkan ke TV melalui port HDMI secara default ia akan menyeting decoder Dolby dan DTS sebagai decoding Audio. Hal ini menjadi masalah ketika PS3 nya di colokkan ke TV yang tidak mendukung decoding dan encoding Dolby Audio. Terus bagaimana memperbaikinya? berikut tutorialnya.

Tutorial Memperbaiki PS3 Yang Tidak Mengeluarkan Suara Ketika Main Game
1. Buka menu XMB.
2. Pilih Pengaturan > pilih Sound Setting.
3. Pilih Manual.
4. Disini Anda akan memilih jenis decoder Audionya, jangan centang semua (intinya decoder Dolby dan DTS jangan dicentang).
5. Lalu simpan pengaturan, dan sekarang coba mainkan game PS3.

Nah ternyata mudah bukan? jika tutorial ini tidak memperbaiki error yang ada. Coba cek lagi jenis decoder yang disuport sama TV yang Anda miliki, lalu atur decoder PS3 dan samakan dengan decoder yang didukung oleh TV Anda. Jika masih tidak Work juga pastikan di menu XMB PS3 masih mengeluarkan suara ketika pencet tombol stik, jika di menu utama PS3 saja tidak ada suara Audio yang muncul bisa jadi ada yang error dengan konektornya.