Penyebab Utama Iklan Admob Tidak Mau Muncul

Hai gaes, kali ini Dukuntekno akan membahas mengenai apa saja yang menjadi kendala bagi penayang iklan Google Admob. Saya sendiri merupakan pemain baru gaes dan baru mengetahui solusi masalah iklan yang tidak tayang ini setelah baca artikel sana-sini. Dan pada akhirnya iklan saya berhasil muncul setelah memahami faktor-faktor penyebab iklan tak mau tayang yang saya kumpulkan.

Setidaknya ada 4 penyebab utama yang saya tau yang perlu diperhatikan ketika iklan Admob Anda tidak mau muncul, padahal kode iklan sudah pasang dengan benar. Berikut beberapa faktor iklan admob tidak mau muncul, perhatikan dengan baik ya 😀.

Akun Google Telah Terkait Dengan Akun Admob Lain
Yang perlu Anda perhatikan ketika iklan admob Anda tidak mau muncul adalah Akun admob itu sendiri. jadi Anda perlu cek dulu apakah Anda dulu punya akun admob, apakah akun admob Anda benar-benar aman tidak terdapat peringatan apapun dari Policy Google.

Jika memang terdapat pelanggaran di situ sudah pasti iklan admob kita tidak di munculkan atau di tayangkan oleh pihak Google karena Anda telah menyalahi aturan.

Package Name APK Telah Di Blokir Oleh Google
Yang kedua adalah bagian Package Name nya. Mengapa package name juga perlu di perhatikan?, karena jika package name sudah terblokir oleh Google iklan admob pun tidak dapat muncul karena pihak Google tidak menginginkan iklannya muncul di package name yang sudah terblokir. Contoh gambar berikut merupakan nama package name dari aplikasi Clean Master yang saya buka menggunakan aplikasi Apk Editor Pro v1.6 yang suport menu common file.

Metode Pembayaran
Yang ketiga, sebenarnya ini sangat perlu di perhatikan adalah akun pembayaran, ketika Anda membuat akun Admob, Biasanya sering kali melewatkan bagian mengisi akun pembayaran dan langsung membuat unit iklan, lalu setelah itu segera memasang unit iklan ke dalam aplikasi, hal itulah yang menyebabkan iklan admob tidak mau muncul, perhatikan gambar di bawah, itu adalah penampakan akun admob yang belum melengkapi data akun pembayaran.

Jadi cobalah lengkapi data akun pembayaran terlebih dahulu agar iklan admob Anda dapat di tayangkan oleh pihak Google, biasanya setelah mengisi data akun pembayaran tersebut iklan tidak langsung dapat muncul harus tunggu dulu sekitar 5-10 menit.

Iklan Tidak Begitu Saja Langsung Muncul

Seperti yang Dukuntekno kutip dari Pusat Bantuan Google Admob:

Bila aplikasi baru saja didaftarkan ke AdMob, butuh beberapa waktu dan beberapa permintaan iklan untuk memungkinkan inventaris dibuat. Oleh karena itu, Anda mungkin tidak dapat segera melihat tayangan langsung.

Setelah aplikasi Anda membuat lebih banyak permintaan, Anda akan melihat hasil yang lebih konsisten. Harap perhatikan bahwa iklan uji coba berjalan melalui saluran yang sama seperti iklan aktif. Kemampuan mengembalikan iklan uji coba memastikan bahwa aplikasi Anda berkomunikasi dengan baik dengan jaringan kami.