-->

Cuma 5 Langkah Cara Instal CPanel VastaCP Di VPS Beserta MariaDB, PHP 5.6 dan Lainnya Langsung Pakai

VestaCP merupakan salah satu control panel yang paling banyak digunakan untuk VPS saat ini. Selain masih gratis, juga mudah untuk dilakukan instalasi. Panel yang terdapat pada VestaCP juga cukup lengkap, sehingga kita lebih mudah melakukan manage web server.

Walaupun lisensi VestaCP gratis, tapi kita bisa mendapatkan fitur yang cukup menarik seperti Web hosting, FTP, Apache, MySQL, PHP, NGINX reverse proxy hingga management dns server. Karena itu, VestaCP kami rekomendasikan jika Anda melakukan pemesanan VPS non Panel.

Berikut kami berikan panduan install VestaCP pada layanan VPS

1. Kita mulai dari Login ke root server menggunakan SSH dan ketikkan perintah berikut untuk mendownload filenya dari situs VestaCP.

curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh

2. Setelah perintah download diatas di jalankan, instal file yang telah di download menggunakan perintah

bash vst-install.sh

3. Berikut ini adalah tampilan ketika perintah vst-install.sh dijalankan.
  • Ketik “y” selanjutnya tekan Enter untuk konfirmasi instalasi.
  • Isi email yang akan digunakan. VestaCP akan mengirim email pemberitahuan yang berisi detail login setelah instalasi selesai.
  • Ketik  hostname.

Proses instalasi akan berlangsung kurang lebih 15 minute. Setelah instalasi selesai, akan menampilkan halaman sebagaimana screenshot berikut.

Pada langkah ini, VestaCP akan memberikan informasi IP yang digunakan untuk akses vestaCP dengan mengetikkan di browser, serta user dan password yang digunakan untuk login. Anda juga mendapatkan informasi yang sama dikirimkan juga ke email yang sudah Anda masukkan.

4. Ketik URL IP Publik yang diberikan ke browser website Anda ( termasuk https : // dan nomor port ). Anda mungkin mendapatkan peringatan tentang non-private connection, klik “Show advanced” dan kemudian “Proceed to (your URL) (unsafe)” untuk melanjutkan login ke halaman VestaCP.

5. Anda akan diarahkan ke halaman utama VestaCP. Dari sini Anda dapat mengelola users, domain, database dan fitur yang tersedia di VestaCP.

Mudah sekali bukan untuk melakukan instalasi VestaCP di sisi hosting ? Bila Anda alami kendala dalam proses instalasi, Anda bisa menghubungi berkomentar.