Cara Memasang reCaptcha Dan Membuat Tombol Form Download Jadi Beku Sebelum Tercentang

Hai gaes pada artikel kali ini Dukuntekno akan membuat tutorial mengenai cara memasang reCaptcha dan membuat tombol jadi tidak bisa ditekan sebelum si visitor mengkonfirmasi bahwa dirinya bukan robot. Fungsi reCaptcha ini tentu sangat berguna untuk mencegah robot merayapi hingga link terakhir karena si robot perayap tidak bisa melewati reCaptcha.

Metode Pemasangan
Jadi untuk memasangnya kita akan menaruh kode PHP yang artinya jika Anda pemain Blogspot, Anda butuh Hosting dan semua metode pemasangan reCaptcha seperti itu, Anda bisa mencari hosting gratisan untuk menyimpan file PHP.

Setelah itu lalu kita akan menambahkan sedikit baris kode Javascript dan satu bari tag Div di bagian HTML. Tapi sebelum semuanya dimulai kita harus mendaftarkan domain kita ke Google reCaptcha, caranya mudah dan semua tutorial akan saya jelaskan di bagian berikut ini.

Tutorial Memasang reCaptcha Dan Membuat Tombol Form Download Jadi Beku
1. Daftarkan domain Anda dengan membuka link berikut https://www.google.com/recaptcha/admin

2. Tambah label baru dan isi sesuai data yang dibutuhkan, contoh gambar berikut untuk mendaftarkan situs Dukuntekno.com

3. Klik tombol "Register" maka anda akan dibawa ke halaman baru, Anda akan mendapatkan kode 2 key yaitu Site Key dan Scret Key, Ini yang akan kita pakai untuk tahapan selanjutnya.

4. Setelah tahap register / pendaftaran domain selesai, saatnya kita mengimplementasikan ke Blog kita. Buka halaman situs yang ingin diberi reCaptcha lalu edit dalam mode HTML.

5. Tambahkan baris kode Javaskrip berikut, Anda bisa menambahkanya di bagian <head> atau bisa hanya di halaman. Kode JS nya tak perlu diedit, biarkan seperti itu, Anda cukup Copas saja.

<script src="https://www.google.com/recaptcha/api.js"></script>
<script>
document.getElementById("button1").disabled = true;
function enableBtn(){document.getElementById("button1").disabled = false;}
</script>

6. Cari kode </form> (dan pastikan form yang membuat tombol), diatasnya taruh kode berikut ini.

<div class="g-recaptcha" data-sitekey="ISI DENGAN KODE SITE KEY YANG DIBERIKAN GOOGLE reCAPTCHA" data-callback="enableBtn"></div>

7. Pada bagian kode form, cari kode bertipe button, lalu tambahkan ID berikut id="button1". Contoh yang dimaksud

<form action="/dukuntekno.php" method="post" enctype="multipart/form-data">
<input class="button" type="submit" name="submit" value="Get Link" id="button1">

<div class="g-recaptcha" data-sitekey="ISI DENGAN KODE SITE KEY YANG DIBERIKAN GOOGLE reCAPTCHA" data-callback="enableBtn"></div>
</form>

8. Sekarang kita ke bagian mengedit file PHP nya, pada Hosting yang Anda miliki cari file PHP yang mengesekusi input form. Contoh pada kode form seperti nomor 7 diatas, file phpnya bernama dukuntekno.php.

Lihat kode PHP berikut ini, buatlah posisi kode PHP yang lama supaya di apit dengan kode PHP yang baru, seperti berikut.

<?php
$captcha = $_POST['g-recaptcha-response'];
if (!$captcha) {
echo $error;
} else {
  $response = file_get_contents("https://www.google.com/recaptcha/api/siteverify?secret=ISI DENGAN KODE SCRET KEY YANG DIBERIKAN GOOGLE reCAPTCHA
&response=".$captcha."&remoteip=".$_SERVER['REMOTE_ADDR']);
  if ($response.success != true) {
} else {


Tauruh kode PHP Yang Ada Sebelumnya Di Dagian ini


echo 'Congrat! You are not spammer.';
}}
?>

9. Dan tutorialpun selesai.

Giamana gaes udah bisa?, tutorial ini akan mudah jika anda punya pengalaman edit kode-kode terutama PHP dan HTML. Dan akan lebih mudah lagi jika anda telah terbiasa dengan konfigurasi file di Hosting yang anda miliki.