Cara Mencari Judul Keyword Yang SEO Dengan Tool Gratisan

Didalam SEO, judul bisa diibaratkan sebagai wajah dan artikel adalah isi hatinya. Memberikan judul yang cantik sangat penting karena hal ini akan mengundang visitor supaya mau mengunjungi situs yang kita miliki, kalo para bloger / vloger itu menyebutnya klick bait atau pancingan supaya visitor terpancing untuk baca artikel yang kita tulis.

Namun dalam menulis artikel untuk keperluan SEO juga banyak faktor yang harus diperhatikan. Misalnya kompetisi keyword, udah berapa penulis yang udah membuat artikel tersebut, banyak kah? apakah kita punya peluang seandainya membuat artikel dengan tema yang sama mampukah artikel yang dibuat dapat berada diposisi paling atas dalam daftar pencarian Google? atau artikel kita hanya menjadi butiran debu diantara artikel-artikel yang lain? hmm.

Nah disini Dukuntekno akan membahas tool untuk menangani masalah dalam membuat judul artikel, ada beberapa tool dan disini fungsinya akan semakin powerfull jika kita bisa mengkombinasikan tool-tool tersebut, karena beberapa tool hanya memiliki fungsi tertentu saja. Berikut beberapa tool gratis untuk optimasi judul artikel anda.

Mencari Keyword Yang Paling Dicari Dengan Tool Google Trend
Google Trend menyediakan kata kunci yang akhir-akhir ini sedang dicari oleh para netizen, selain itu ia juga menyediakan hasil penelusuran kata kunci tertentu. Fungsi inilah yang bisa kita gunakan untuk membuat judul artikel.

Contoh seperti gambar berikut, saya memasukkan katakunci "kuliner" dan Google Trend pun memberikan hasil daftar kata kunci yang mengandung kata "kuliner", kita bisa lihat katakunci "kuliner jogja 2018" adalah paling banyak dicari di Google Indonesia. Anda bisa menggunakan daftar tersebut sebagai judul artikel yang akan Anda buat.

Cara Mengetahui Kompetisi Artikel Sulit Atau Mudah
Nah setelah Anda tau judul apa yang sedang dicari para netizen di Google Search menggunakan Google Trend, sekarang saatnya melihat kompetisi artikel. Apakah jika mengunakan judul "kuliner 2018" artikel yang akan kita buat mampu bersaing dengan artikel yang lain atau judul "Kuliner 2019" memiliki peluang lebih baik?

Ketika saya mencoba memasukkan katakunci "Kuliner 2018" dan "Kuliner 2019" ternyata keduanya sudah memiliki persaingan yang terlalu amat banyak, lihat saja kedua katakunci memiliki daftar artikel diatas 50juta wadaw!. Nah, sekarang Anda yang menentukan, apakah mau bersaing dengan 50juta artikel atau mencari judul artikel yang lain?? Apakah Anda yakin akan kualitas konten anda mampu bersaing dengan 50juta artikel tersebut??.

Tenang ada tool lain yang lebih mempermudah anda untuk membuat judul artikel, saya kutip dari situs mastimon.com, berikut beberapa tool online untuk mencari judul artikel.

Soovle.com
Situs Soovle.com bisa memberikan solusi mudah buat Anda yang sedang mencari kata kunci tertentu dalam menentukan judul artikel blog. Anda cukup menuliskan kata kunci utama di kotak tenggah lalu klik Soovle. Lihat hasilnya banyak kata kunci terlihat di Google, Wikipedia, Amazon, Yahoo, Youtube, Bing dan Answers.com.

Spyfu.com
Toll Gratis ini cukup lengkap karena Anda hanya menuliskan satu kata kunci pada kolom yang disediakan maka akan tampil penjelasan lengkap mengenai katakunci tersebut, seperti Data harian, bulanan bahkan tahunan untuk banyaknya pencarian dan berapa besar CPC/BPK Adsense yang bisa kita dapatkan. Untuk detailnya sih lebih baik Anda mencobanya secara langsung supaya paham apa yang disediakan pada tools ini, gak ada ruginya kok.

LSIGraph.com
Toll gratis ini hanya menampilkan judul saja dan tidak selengkap tools SpyFu seperti sebelumnya tetapi bisa anda coba untuk mencari kata kunci tertentu. Dengan bantuan situs ini maka anda akan mendapatkan judul artikel dengan mudah tanpa pusing memikirkan bagaimana cara menyusun kata untuk judul yang panjang. Tulis saja kata kunci utamanya maka akan banyak pilihan Judul yang bisa anda gunakan.

Ubersuggest
Tool yang satu ini cukup lengkap dan paling saya sukai karena dengan satu kata kunci saja sudah tampil berbagai macam pilihan judul bahkan sampai ribuan. Selain Keyword pada tools ini juga diberikan informasi berapa Volume Pencarian, CPC atau harga Iklan yang ditawarkan, sampai dengan berapa banyak persaingannya. Silahkan dicoba!.

Kesimpulan
Setelah anda berhasil menemukan judul yang paling banyak dicari di Google Pencarian dan menambahkan sedikit klik bait. contohnya "Kuliner 2019" menjadi "Kuliner 2019 Paling Laris", saatnya anda membuat konten yang berkualitas.

Pastikan kamu tidak hanya sukses dalam membuat judul tetapi juga sukses dalam membuat isi konten artikelnya. Jangan sampai visitor lari setelah membuka artikel karena artikel anda tidak menarik, karena ini jauh lebih penting. Gunakan Tool seperlunya saja, jangan berpatokan dengan Keyword yang disediakan karena akan berakibat fatal yaitu anda hanya akan pusing mencari Keyword saja tetapi tidak di praktekkan menulis.

Semoga informasi ini bermanfaat buat anda sekalian supaya Visitor/Pengunjung blog meningkat dikemudian hari, selamat mencoba, sekian dan terimakasih.