Cara Mematikan Log Di CPanel Untuk Melonggarkan Ruang Memory Yang Penuh

Pernah suatu ketika saat saya mengecek CPanel pada website saya yang lama, terlihat bagian penggunaan memory saya udah kelewatan batas, waktu itu sekitar 101% penggunaan memory. Saya menggunakan share hosting dengan jatah sekitar 1GB an memory, yah karena memang ini merupakan web saya untuk belajar Wordpress karena sebelumnya saya adalah pemain Blogspot, jadi beli yang murah saja untuk belajar.

Sempat terfikir bahwa munkin ada orang yang meng hack Website saya dan membuat menjadikan situs saya sebagai file Hosting gratisan, saya coba cek sana-sini dibagian File Manager CPanel, teryata eh ternyata ada file-file yang berukuran bengkak di folder "Log". Dari sini saya menyimpulkan bahwa ternyata situs saya tidak dihack melainkan karena adanya fitur Error Log yang aktif.

Karena ini merupakan pengalaman pertama saya menemukan file-file berukuran besar berformat tar.gz, Saya coba menghapus semua file di folder "Log" dan situs saya baik-baik saja, karena sempat khawatir jika situsnya jd error kalau file-file nya saya hapus. Lalu bagaimana mematikan fitur "Error Log"?

Mematikan Log Di CPanel Untuk Melonggarkan Ruang Memory Yang Penuh
Untungnya fitur "Error Log" ini bisa dimatikan tanpa perlu akses administrasi servernya, cukup edit file .htaccess dan tambahkan kode berikut:

php_flag log_errors Off

Dan pembuatan catatan error akan langsung terhenti saat itu juga. Untuk mengedit file .htaccess tanpa perlu masuk ke CPanel bisa menggunakan pluggin WP File Manager.

Sayangnya saya tidak sempat me screenshot file-file log tersebut karena udah saya apus, tapi file itu berukuran besar paling besar 500mb an dan terdiri dari beberapa file seperti file backup, error log, dll. dalam hitungan menit sudah cukup besar, apalagi kalau dibiarkan sekian lama.