Mantra Sakti Dukun Teknologi

Solusi Untuk Meningkatkan Kinerja PC Komputer Laptop Yang Memiliki RAM Kecil



Jika anda memiliki memiliki keluhan atas kinerja perangkat PC Komputer Laptop yang terasa lemot karena mungkin anda menggunakan OS 64bit tetapi spesifikasi PC Komputer Laptop hanya memiliki memory RAM 2GB. Tips ini khusus bagi anda yang curiga pada RAM yang hanya 2GB sebagai penyebab kelemotan dan tidak memiliki spesifikasi pada komponen lain yang dirasa menjadi penyebab PC Komputer Laptop anda lemot.

Selain mengupgrade RAM ke mode dual chanel dan menambah kapasitasnya ada cara lain yang mungkin akan memberi solusi sebelum mengupgrade RAM, yaitu dengan menambah Virtual Memory. Sudah saya buktikan dengan membandingkan PC Komputer Laptop dengan Virtual Memory dan Tanpa Vitrual Memory. kinerja PC Komputer Laptop dengan Virtual Memory memiliki performa yang bagus dan terhindar dari pesan 'memory habis', sedangkan pada PC Komputer Laptop tanpa Virtual Memory memiliki kinerja yang buruk terkadang macet dan sering mendapatkan pesan 'memory habis'.

Di praktek ini, anda harus memiliki HHD minimal 2 buah, dan pada drive D, E, F dan seterusnya memiliki ruang kosong minimal 10GB, trik ini bisa diandalkan untuk komputer dengan RAM dibawah 8GB.

Langkah-Langkah

1. Start > klik kanan file explorer > klik kanan Computer > Property.

2. Pilih Advance System Setting.
win advance system setting


3. Pilih tab Advanced > Pada Virtual pilih Setting.
windows advance virtual setting

4. Maka terbuka jendela baru, Pilih tab Advanced > lalu pilih Change.

5. Maka terbuka pengaturan ruang Virtual Memory, jangan gunakan Drive C untuk Virtual Memory, klik drive C dan pilih no paging file lalu set. Gunakan selain Drive Sistem untuk Virtual Memory, klit satu per satu setiap drive selain Drive C pada initial size pilih 1000MB dan Maximum Size pilih 10000MB lalu set, ingat lakukan satu persatu.

6. Restart PC, Done.

Tutorial di atas di praktekkan pada OS Windows 7 Pro.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+