Apa Itu Root Android? Keuntungan Dan Resiko Kerugianya

Apa itu Root Android? sebelumnya kita harus tau apa itu Root, Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan OS Android untuk mencapai kontrol istimewa (dikenal sebagai akses root) atas berbagai subsistem pada Android. Android menggunakan kernel Linux, rooting perangkat Android memberikan akses yang mirip dengan administrasi (superuser) hak akses seperti pada Linux atau lainnya Unix-seperti sistem operasi seperti FreeBSD atau OS X.

Keuntungan
Ada beberapa akses yang anda dapatkan ketika Android anda dalam keadaan Root dibandingkan dengan Android tanpa Root.

Hapus Aplikasi Sistem
Meroot Android memungkinkan anda dapat menghapus semua aplikasi sistem, seperti tema, sms, phone, layanan Google. Namun untuk melakukan hal ini dibutuhkan aplikasi uninstaller pihak ke 3.

Kontrol Penuh Atas CPU
Meroot android memungkinkan anda dapat mengontrol CPU, seperti Overclocking untuk mendapatkan kinerja di atas rata2, begitupun sebaliknya.

Firmware Kustom
Meroot android memungkinkan anda dapat menginstal Firmware pihak ke 3. contoh saja jika anda membeli ponsel lama dan ponsel tersebut sudah tidak mendapatkan update OS terbaru, dengan Android yang terRoot membuat anda bisa memasang firmware pihak ke 3, seperti Cyanogen, dll.

Kerugian
Ada beberapa kerugian yang akan timbul jika anda melakukan akses Root pada smartphone android anda. Oleh karena itu pikir terlebih dahulu apakah anda siap menerima semua resiko yang akan timbul atau tidak, Berikut beberapa hal yang timbul jika melakukan root pada smartphone Android.

Garansi Hangus
Beberapa pihak produsen melarang untuk agar tidak melalukan Root pada produknya, dan jika dilakukan akan menghanguskan masa Garansi.

Gagal Root
Gagal melakukan root biasanya tidak berdampak apa-apa, namun beberapa kasus menyebabkan Androidnya tidak dapat booting / hidup. Jadi pastikan dulu apakah orang lain pernah melakukan root model smartphone anda?.

Malware
Mendapatkan hak akses membuat pengguna dapat melakukan insatalasi berbagai aplikasi, Malware biasanya datang jika pengguna menginstal aplikasi virus yang menyamar seolah-olah seperti aplikasi yang baik-baik saja.