2016-01-15

Settingan Grafis Performa Gaming Terbaik AMD Crimson

AMD baru saja merilis Driver baru bernama Crimson yang menggantikan driver yang lama bernama Catalyst, Crimson dikatakan lebih baik dibanding Catalys karena dibuat dari NOL, artinya AMD benar-benar merancang Crimson berbeda dari Catalyst. Beberapa perbedaan yang dapat di temui seperti membuka aplikasi Crimson yang terasa lebih cepat, dimana pada catalyst akan menemui loading yang lumayan lama, beberapa perbedaan lain seperti optimasi kinerja. Crimson sepenuhnya mendukung semua kartu grafis AMD  arsitektur GCN (Graphic Core Next) untuk 64bit maupun 32bit, unduh drivernya disini.

Hampir tidak ada perbedaan istilah yang ditemui antara AMD Crimson dengan Catalyst, Hanya saja Crimson datang dengan tampilan yang baru, disini yang membingungkan adalah tata letaknya saja jika anda pengguna yang terbiasa dengan Catalyst. Perlu Dicatat Bahawa Crimson Lebih Di Optimalkan Untuk GPU Berarsitektur GCN (Graphic Core Next) Bukan TerraScale. Jika anda menggunakan arsitektur terra scale sebaiknya instal catalyst.


Cara Pengaturan Game Dan 3D ( Global Graphic ) Buka saja Tab Game dengan logo stik > Global Setting > Disana anda akan menemui Global Graphic dan Global Overdrive. Global Graphic untuk mengatur grafis 3D seperti anti aliasing, texture dan lainya. Jika anda tidak menyukai keterangan panjang yang akan saya terangkan, anda bisa meniru pengaturan grafis pada tab dibawah ini. Tetapi jika masih mengalami masalah dalam performa game, anda bisa membaca isi artikel ini sehingga menjadi sedikit lebih paham cara menyesuaikan kemampuan VGA Card anda dengan pengaturan grafis. Berikut pengaturan singkat pada driver Crimson.

Feature
Optimal
Low 
Med
High
Anti-Aliasing Mode
Off
Off
On
On
Anti-Aliasing Level
-
-
4x
8xEQ
Anti-Aliasing Filter
-
-
Box/ Standard
Box/ Standard
Anti-Aliasing Method
Multisampling
Multisampling
Multisampling
Supersampling
Morphological Filtering
Off
Off
Off
Off
Anisotrophic Filtering Mode
On
On
On
On
Anisotrophic Filtering Level
4x
2x
8x
16x
Texture Filtering Quality
High
Standard
High
High
Surface Format Optimization
On
On
On
Off
Wait For Vertical Refresh
On
Off
On
On
OpenGL Triple Buffer
On
On
On
On
Shader Chace
On
On
On
On
Tessellation Mode
Overide App Setting
Overide App Setting
App Optimized
Overide App Setting
Maximum Tessellation Level
Off
Off
-
64x
Framerate Control
Off
Off
Off
90fps
Perlu dicatat bahwa tidak semua fitur akan tersedia pada semua Chip GPU AMD, sehingga beberapa fitur yang ada diatas bisa jadi tidak akan ditemui pada menu Global Graphic di Radieon Setting anda. Contohnya Shader Chace hanya akan tersedia pada GPU AMD berarsitektur GCN. Dan pada opsi Framerate Control, pastikan jumlah fps nya disamakan dengan jumlah Refresh Rate pada monitor.

Anti Aliasing
Atas: Antialias OFF. Bawah: Antialias ON Fitur Antialiasing ini untuk menghaluskan garis grid yang ada pada bidang miring sehingga tampak halus. semakin tinggi level anti aliasing, semakin halus permukan garis miring dan semakin besar pula beban komputasi kinerjanya. ada 3 pilihan pengaturan. Dari yang telah saya rasakan, antialiasing menyedot banyak performa. saya sarankan untuk dinonaktifkan fitur Anti Aaliasing karena tidak setimpal antara kualitas grafis yang didapat dan pengorbanan performa.
  1. Use Aplication Setting > artinya pengaturan grafis Antialiasing mengikuti pengaturan pada game.
  2. Enhance Aplication Setting > artinya pengaturan Antialiasing akan mengikuti pengaturan game, namun jika aktif Crimson yang menentukan jenis Antialiasing mana yang akan digunakan.
  3. Override Aplication Setting > artinya pengaturan grafis Antialiasing akan mengikuti pengaturan Crimson.

Anistrophic Filter Mode
Kiri: Anistrophic OFF. Kanan: Anistrophic ON. Fitur ini meningkatkan fokus tekstur gambar pada permukaan grafis yang berada di sudut pandang miring (sudut gambar miring ditandai oleh gambar lantai pada gambar diatas) jika dilihat dari sudut pandang kamera yang biasanya gambar mengalami bercak-bercak tidak rapi. Ini mirip seperti kamera menggunakan lensa yang fokus terhadap jarak tertentu saja.

Jika diaktifkan maka gambar akan lebih rapi dan lembut, tingkat fokus tergantung pada level pengaturan, semakin tinggi semakin jauh jarak kamera yang fokus namun semakin menyedot performa GPU, njika lemot anda bisa menonaktifka fitur ini.
  1. Use Aplication Setting > artinya pengaturan grafis mengikuti pengaturan game bukan crimson.
  2. Override Aplication Setting > artinya pengaturan grafis game akan mengikuti pengaturan Crimson bukan game.

Texture Filter Mode
Kiri: antialiasing OFF, texture filter OFF. Tengah: antialiasing ON, textur filter OFF. Kanan: antialiasing On, texture filter ON.
Fitur ini hampir mirip dengan antialiasing, perbedaan textur filter adalah fitur ini untuk menghaluskan gambar pada permukaan 3d, sedangkan antilalias untuk menghaluskan gambar pada permukaan 2d. Yang saya rasakan Textur filter hampir tidak menguras performa cocok untuk bandwidth memory VRAM tinggi, jadi set pada level tertinggi.
  1. High > artinya kualitas texture di tingkatkan dan mendukung efek bayangan.
  2. Standar  > artinya masih mendukung efek bayangan tapi texture menjadi blur.
  3. Performance > artinya textur tidak mendukung fitur bayangan dan kualitas menjadi blur

Surface Format Optimization Setting 
Sebuah efek demosi yang merubah grafis 64 bit ke 32 bit agar lebih mudah diproses, tetapi mengurangi kualitas grafis.

Fitur ini dapat meningkatkan performa hingga 30%, jadi aktifkan saja.

Surface Format Optimization sendiri merupakan trik AMD untuk mempercepat proses kalkulasi framebuffer, dengan mengurangi kalkulasi biner pada nilai warna framebuffer. fitur ini tersedia pada driver seri Catalyst Control Center v10.10e keatas dan kemungkinan besar tersedia untuk semua seri Crimson. Fitur ini membawa mode 32bit bukan 64bit, dan pada pencitraan warna digital yang saya tau saat ini ada Red, Green, Blue, dan Alpha atau lebih dikenal sebagai RGBA. masing-masing membawa nilai 16bit artinya seperti ini Red = 16bit, Green = 16bit, Blue = 16bit, Alpha = 16bit. sehingga didapat hasil 16 + 16 + 16 + 16 = 64, umunya grafis game sepenuhnya menggunakan 64bit untuk satu texel.

Untuk mengurangi memory dan mempercepat proses, fitur Surface Format Optimization akan mengubah nilai bit pada masing-masing warna menjadi Red = 11bit, Green = 11bit, Blue = 10bit, Alpha = None. Sehingga didapat nilai 11 + 11 + 10 = 32, Fitur ini akan membuat nilai kalkulasi menjadi 32bit untuk setiap satu texel, sehingga perhitungan menjadi sederhana dan cepat tentunya.

VSync
VSync atau disebut / memiliki kepanjangan Vertical Synchronization atau dalam bahasa indonesia memiliki arti 'menyingkronkan garis vertikal'. Monitor / TV akan menghasilkan seluruh warna pada layar dengan mengganti warna pixel ( titik ) secara urut, dimulai dari deretan paling atas, dari pixel kiri kekanan, lalu deretan-deretan pixel ke bawahnya ( Vertikal ) dan selanjutnya, dan itu di lakukan secara cepat dan berulang-ulang, dan mata manusia sulit menangkapnya.

Dikarenakan sebuah Frame harus ditampilkan dengan jadwal yang telah di tetapkan, terkadang ada beberapa deretan Pixel yang belum diganti warnanya. contoh adegan 60 fps, artinya dalam satu detik GPU harus mampu menghasilkan 60 adegan gambar penuh, namun dikarenakan proses untuk menggambar sebuah frame menjadi berat akhirnya terjadi keterlambatan penggambaran, jika hal ini terjadi maka GPU akan melewati proses tersebut dan melanjutkan adegan gambar selanjutnya, ini membuat gambar terlihat robek seperti gambar di atas. Hal lain juga dapat menyebabkan gambar robek adalah Refresh Rate, dimana antara monitor dan mesin pengolah grafis memiliki Refresh Rate yang berbeda.

Fungsi Firtur VSync berguna untuk membuat GPU menggambar adegan Frame dengan penuh dan tidak akan menggambar frame berikutnya sebelum frame yang ia kerjakan sudah selesai. ini membuat gambar tidak akan terlihat robek, sehingga adegan gambar terlihat singkron, tetapi biasanya akan memberi pengaruh terhadap resource komputasi GPU.

Triple Buffer
Fitur Triple Buffer akan memanfaatkan resource komputasi GPU yang masih kosong untuk mengerjakan adegan frame berikutnya dan GPU akan terus bekerja tanpa menunggu jadwal berikutnya, sehingga dapat meninggkatkan kualitas gambar, karena frame gambar telah terproses dan CPU tinggal menampilkannya ke monitor.

Tessellation
Fitur ini untuk menggandakan Polygon/Segitiga pada Object 3D sehingga lekukan-lekukan pada permukaan 3d tampak halus dan realistis. Pilih AMD Optimize pada semua pilihan.

Frame Target Control
Merupakan fitur untuk mengontrol jumlah fps ( frame per second ), Frame per Second merupakan jumlah gambar yang muncul dalam satu detik, sebuah adegan animasi tersusun dari frame-frame, Frame tadi berganti-ganti terus menerus dilayar sehingga menghasilkan animasi bergerak. Normalnya untuk menghasilkan grafis terbaik atur ke 60fps, sedangkan terendah adalah 55fps. Jangan atur di bawah 55fps takutnya game berjalan seperti mengalami lag atau patah-patah.

Global Overdrive
Tips ini khusus untuk GPU berarsitektur GCN yang berfungsi untuk melakukan overclocking, yang saya rasa aman karena telah saya uji dari perangkat harga sedang dengan cara ubah clock GPU menjagi Full, Naikkan Clock memory 2 tingkat jangan lebih, Ubah nilai tegangan ke Full, Atur Fan bekerja Full. Alhamdullillah sejauh ini aman-aman saja di VGA saya.

Sedangkan untuk GPU arsitektur TerraScale pada bagian frequensi memory naikkan maximal 20Mhz, dan bagian GPU clock naikkan maximal 80Mhz.

Pengaturan Grafis Didalam Game Selain Crimson (Advance Graphic Option)

Dynamic Lighting
Dynamic Lighting adalah algoritma khusus pada lapisan Shader graphic untuk menghasilkan efek silau dan pantulan aliran cahaya yang lebih akurat. Game dengan dukungan API DirectX11 keatas banyak yang mengadopsi fitur ini, fitur ini hampir tidak menguras performa.

Shadow / Bayangan
Fitur ini memang tidak ada di dalam menu Crimson. tetapi biasanya game-game populer menyertakan pengaturannya. Dari semua pengaturan yang ada, pengaturan yang satu ini memang agak berat apakan ini harus di non aktifkan fiturnya atau di aktikan. fitur ini memberikan citra yang membuat game terlihat realistis seperti di kehidupan nyata tetapi juga menguras Performa yang besar. namun jika VGA Card milik anda masih bisa menjalankan gamenya dengan lancar, anda bisa aktifkan fitur ini. tetapi jika tidak lebih baik di nonAktifkan saja.

Seputar Pertanyaan (Post Up Date 2017)
Tanya: Bagaimana cara menambah game ke driver laptop supaya pake GPU /VGA utama?
Jawab:
  • Buka menu Radeon Additional Setting. lalu buka opsi Switchable Graphic Global Setting dan pastikan semua ter set maximum performance
  • Pada bagian Allow power saving jangan dicentang. 
  • Lalu buka opsi Switchable Graphic Aplication Setting trus pilih game atau aplikasi (cari file exe dari aplikasinya)

Tanya: Bagaimana supaya VGA Card / GPU tidak cepat panas?
Jawab: Penyebab panas secara keseluruhan akibat dari jumlah clock yang tinggi, buka menu Global Overdrive lalu turunkan nilai Clocknya, ini akan menurunkan suhu hingga 5 derajat celcius tetapi juga akan menurunkan performa dan menurunkan konsumsi listrik. Ada opsi lain yaitu mengganti thermal paste.

Tanya: Saya pakai Radeon Crimson tetapi tidak menemukan pilihan Global OverDrive
Jawab: Jika Anda menggunakan Laptop (GPU mobile) silahkan ikuti langkah-langkah dibawah (karena cara ini mengubah nilai registry, saya tidak akan bertanggung jawab jika ada kegagalan sistem windows / kerusakan yang lain). Caranya download file berikut http://upfile.mobi/d5MxSyOwfDh lalu exsekusi file tadi dengan run as admin. Restart PC / Komputer / Laptop. Oh ya selain itu anda bisa menggunakan MSI Afterburner untuk mengaktifkan Global Overdrive.
Disqus Comments