Cara Perbaiki Error CPU Hanya Terdeteksi 1 Atau 2 Core Padahal Ada 4 Core

Hai gaes ketemu lagi dengan admin Dukuntekno, kali ini saya akan membagikan tutorial cara memperbaiki error pada Windows yang salah mendeteksi jumlah core pada Prosesor. Misalnya prosesor anda memiliki jumlah core 2, namun di task manager cuman nongol 1 core saja. Atau juga misalnya CPU Anda memilik 4 buah core, namun yang terdeteksi hanya 2 atau bahkan 1 core saja. Jika anda sedang mengalami hal ini maka tutorial kali ini mungkin akan memberikan solusi, semoga saja ya! 😊.

Tutorial Perbaiki Error CPU Hanya Terdeteksi 1 Atau 2 Core Padahal Ada 4 Core
1. Pertama-tama buka jendela "Run" dengan cara klik tombol logo Win + R.

2. Setelah muncul jendela "Run", isikan "MSCONFIG" lalu enter.

3. Maka muncul jendela "System Configuration", lalu pilih "Advance Options".

4. Setelah memilih "Advance Options" maka akan muncul jendela "BOOT Advance Option", di bagian "Number of processors" pastikan jangan dicentang / tidak tercentang.

5. Lalu pilih "OK", setelah itu restart Komputer / Laptop Anda.

Nah setelah ter-restart sekarang coba lihat bagian CPU di Task Manager apakah jumlah corenya sudah benar atau tidak. Jika ternyata di bagian "Number of processors" memang tidak tercentang dari awal, coba deh cek kembali tipe / model CPU Anda. Bisa jadi anda salah menebak jumlah corenya, soalnya kebanyakan penjual Laptop / Prosesor biasanya mengatakan "CPU ini memiliki 4 core lho gan!" padahal bukan 4 core melainkan 4 thread (Maklum teknik marketing biar barang cepet laku 😄).