Cara Mendaftarkan Situs Ke Google News Dan Segudang Manfaat Yang Gila-Gilaan

Kali ini Dukuntekno punya postingan lagi nih, postingan ini cocok sekali buat para blogger / publisher yang punya situs bergenre Berita Populer.Yaitu cara mendaftarkan Situs ke Google News dan manfaat apa saja yang akan didapat jika sudah diterima. Sebelum membahas topik utama sebaiknya kita cari tau dulu apa itu Google News.

Apa Itu Google News?
Berdasarkan Dukuntekno kutip dari wikipedia bahasa Inggris, Google News adalah agregator dan aplikasi berita yang dikembangkan oleh Google. Ini menyajikan aliran artikel yang kontinu dan dapat disesuaikan, yang diorganisir dari ribuan penerbit dan majalah. Google News tersedia di Android, iOS, dan web. Gambar berikut merupakan aplikasi Google News untuk android, beberapa postingan juga bisa muncul didalam aplikasi Chrome.

Terdaftar sebagai bagian dari Google News merupakan kabar gembira bagi publisher, kenapa begitu? karena hal ini akan membawa dampak yang sangat positif bagi pemilik situs. Ada segudang keuntungan pokok (yang paling dicari oleh para publisher) jika berhasil menjadi bagian dari Google News. Berikut beberapa yang bisa saya sebutkan.

Manfaat dan Keuntungan Jika Situs Diterima Oleh Google News
Trafik Meningkat Pesat Secara Signifikan
Hal pertama yang dirasakan oleh para publisher adalah peningkatan jumlah trafik yang begitu tinggi, yup secara aplikasi Google telah tertanam di smartphone Android dimana semua orang pasti punya. ketika Anda memposting sebuah berita untuk lokasi tertentu secara otomatis postingan kamu kemungkinan muncul di Aplikasi Google.

Peningkatan Pendapatan Adsense
Meningkatnya trafik ke situs juga akan diikuti oleh meningkatnya jumlah pendapatan Adsense, penenempatan iklan yang baik akan membuat pendapatan Adsens bisa berlipat. Jadi buat kalian yang punya situs berita segeralah daftarkan situs anda ke Google News dengan mengikuti tutorial yang akan saya terangkan nanti :).

Lebih Cepat Terindex Oleh Google Pencarian
Google News seperti Google Webmaster Tool kedua, postingan bisa langsung muncul dipencarian Google dalam hitungan menit. Seseorang butuh informasi terbaru dan terupdate, disini Google Sepertinya memprioritaskan situs bergenre berita supaya cepat terindex. Karena sifat informasi berita yang cepat berlalu jadi keburu tidak viral lagi.

Berbeda jika kalian melakukan submit ke Google Webmaster Tool, postingan blog kamu bisa saja akan terindex setelah sekian hari atau bahakan yang paling parah beberapa minggu baru terindex :(.

Mudah Sekali Nangkring Di Posisi Pertama Di Pencarian Google
Karena sifat berita yang sifatnya memiliki tingkat keviralan sementara dan sedikit persaingan (Cepet-cepetan posting supaya paling uptodate), tentunya supaya tingkat persaingan sedikit musti cepet-cepet posting keburu situs yang lain ikut posting juga.

Namun dari beragam keuntungan yang menggiurkan dari Google News, ada syarat-syarat yang musti terpenuhi pada situs anda. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh publisher jika ingin mendaftar di Google News.

Syarat-Syarat Mendaftarkan Situs Ke Google News
Situs Harus Berdomain TLD
Syarat pertama adalah Domain situs haruslah TLD (Top Level Domain), contoh Dukuntekno.com bukanya dukuntekno.blogspot.com. Anda tidak bisa mendaftarkan situs yang masih menggunakan subdomain, misalkan dukuntekno.xtgem.com atau dukuntekno.mobie.in.

Isi Konten Situs Membahas Hal Yang Sedang Terjadi Didunia
Bisa dibilang jenis situs yang dimaksud adalah situs Berita namun tidak mencakup hal itu saja, situs bergenre lain juga bisa misalnya jika situs Anda membahas teknologi. Anda bisa memposting berita-berita terkini mengenai update-an Windows 10 seperti yang dilakukan oleh situs WinPoin.com. Atau situs lain yang membahas game seperti gamebrott.com, situs ini membahas updatean game-game terbaru yang akan dirilis.

Jika Anda baru saja membaca artikel saya ini dan ternyata blog anda merupakan blog tutorial bisa dibilang kemungkinan blog Anda untuk diterima oleh Google News sangatlah kecil. Boleh-boleh saja membuat artikel tutorial tetapi setidaknya mengenai hal yang sedang panas-panasnya, contoh kasus virus ramsomware, Anda bisa membuat artikel mengenai tutorial cara menanggulangi virus Ramsomware, malahan hal ini dianjurkan.

Tampilan Situs Menarik Dan Ramah Bagi Pengunjung
Maksudnya ramah itu seperti apa? istilah ramah untuk situs sendiri contohnya seperti situs yang mudah dinavigasi, halaman situs responsif yang artinya dapat tampil dengan baik disegala ukuran layar. Mudah dinavigasi artinya tidak memberikan laman Pop-Up (munculan laman/tab baru) yang mengganggu plus situs mudah dijelajahi oleh visitor maupun bot Google. Dan tentunya ringan dan cepat untuk dimuat di berbagai kualitas jaringan.

Memiliki Banyak Penulis
Entah ini opsional atau tidak, namun situs yang masuk Google News bisanya memiliki banyak penulis. Sehingga banyak postingan yang terkait oleh topik tertentu yang uptodate untuk dibaca dimana satu hari saja bisa sampai puluhan postingan.

Blog / Situs Telah Berumur
Pastikan situs anda telah berumur dan pastikan pula ketika Anda membangun blog, blog kamu memiliki reputasi yang baik dimata Google, artinya situs Anda memberikan informasi apa adanya sesuai fakta yang terjadi bukanya karangan cerita.

Gunakan Hosting Yang Tidak Mudah Down Ketika Trafik Melejit
Ini tips saja sih, jika blog / situs kamu sudah diterima oleh Google News, sebaiknya upgrade hosting situs Anda. Hal ini untuk menghindari situs Anda down ketika situs mendapatkan trafik yang banyak dari Google News dalam waktu yang bersamaan.

Nah, jika situs Anda telah memenuhi syarat diatas, tunggu apa lagi saatnya Anda mencoba mendaftarkan situs Anda ke Google News.

Tutorial Mendaftarkan Situs Ke Google News
1. Buka link berikut accounts.google.com/.....

2. Pada saat laman diatas terbuka, anda akan melihat semua daftar situs anda yang telah diverifikasi di Google Webmaster Tool, selanjutnya kita pilih satu untuk didaftarkan ke Google News. Situs yang telah diverifikasi memiliki notifikasi “Request Inclusion in Google News”, dan situs yang telah daftar google news akan memiliki notifikasi “Inclusion Request Submitted”. Seperti pada gambar berikut.

3. Tentukan blog mana yang akan anda daftarkan ke Google News, setelah sudah ditentukan maka klik pada “Request Inclusion In Google News”.

4. Lengkapi keterangan pada kolom yang sediakan dan centang hal yang menurut anda cocok dengan kriteria blog agan.

5. Pada About your news site disitu isi dengan deskripsi blog anda yang jumlah kata nya tidak boleh lebih dari 1000 kata.

6. Pada Site Information disitu ada banyak kolom yang harus diisi, pertama Source Url : Isi dengan Url blog anda. Source name : nama blog anda, Site Languange : Bahasa yang ingin digunakan, city : kota tempat tinggal anda, state/proince : provinsi tempat tinggal anda, dan terakhir Region : negara dimana anda tinggal.

7. Pada “Select All Category That Apply to the content on your site” pilih blog, karena anda menggunakan blog.

8. Pada “News sections information” bagian URL isi subdomain yang ingin di review oleh pihak google news, contoh : www.namablogkamu.com/tutorial-blog/. Dan pada bagian label, pilih kategori blog anda.

9. Terakhir klik submit. Maka anda sudah berhasil mendaftarkan blog ke google news.

10. Sampai Disini cara daftar google news tinggal menunggu review dari pihak google news apakah diterima atau tidak.

Setelah mendaftar, maka google news akan memantau perkembangan blog anda selama 30 hari. Saya sarankan agar anda rutin update artikel berita berkualitas, hot/trending selama masa review ini. Hal ini agar supaya pihak Google News yakin akan kualitas blog dan artikel milik sobat.