2018-06-25

Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Dapat Mendownload Video

Internet Download Manager (IDM) -adalah sebuah aplikasi downloader yang sudah digunakan oleh banyak pengguna internet di dunia ini di komputer ber OS Windows. Karena dengan Menggunakan IDM, proses download file dari internet akan terasa jauh lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa pause unduhan kamu jika kamu belum sempat menyelesaikannya.

Walaupun aplikasi ini menjanjikan fitur masakini yang merupakan kebutuhan basic masyarakan modern. Terkadang kita menemui kendala ketika hendak mengunduh suatu file menggunakan IDM, khususnya ketika hendak mendownload video. Jadi, pada artikel ini, saya akan menguraikan beberapa faktor penyebab masalah-masalah yang umum dijumpai ketika mengunduh video dari Youtube beserta solusinya.
 
Berikut beberapa masalah yang umum dijumpai ketika hendak mengunduh (download) video dari:

1.   IDM malah mendownload halaman web.

Hal ini terjadi karena kamu menyalin (copy) link halaman youtube tersebut dan meletakkan (paste) hasil salinan link tersebut pada IDM kamu. Ini adalah cara yang keliru. Kamu mustinya memainkan video tersebut secara online terlebih dahulu, baru kemudian panel download IDM akan muncul pada bagian sudut kanan atas webplayer. Setelah itu, barulah kamu bisa klik panel tersebut untuk mendownload video yang kamu mainkan.

2.   Panel IDM tidak muncul sama sekali

2.1. Mungkin ada yang salah dengan integrasi IDM ke browser kamu.
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa pelajari di sini.

2.2. Beberapa video di Youtube menggunakan protokol yang memang tidak didukung oleh IDM

2.3. Coba periksa apakah Youtube ada dalam Exception List (daftar pengecualian) kamu. Klik Options kemudian General pada IDM dan klik Edit yang sejajar dengan Customize IDM Download panels in browsers. Klik Exceptions dan kemudian hapus youtube.com jika terdapat dalam daftar tersebut.

3.   Ada bagian file yang tidak terunduh ketika mendownload dengan IDM
4.   IDM error ketika proses REBUILDING (pada tahap akhir pengunduhan).
5.   Ketika file video hendak dibuka, muncul pesan bahwa file tidak ditemukan
Ketiga masalah di atas terjadi karena kamu menggunakan IDM yang tidak up-to-date. Silahkan update IDM kamu ke versi yang terbaru dan kemudian restart komputer kamu.

6.   Ketika panel download IDM diklik, IDM malah memunculkan pesan error ‘403 Forbidden’.
Ini dapat terjadi apabila browser dan IDM kamu menggunaka IP address yang berbeda. Misalnya, mungkin kamu menggunakan proxy pada browser kamu namun tidak menggunakannya pada IDM. Oleh karena itu, pastikan IDM dan browser kamu menggunakan IP Address yang sama.

Atau bisa juga hal ini terjadi karena IDM kamu tidak up-to-date. Jadi, silahkan perbarui IDM kamu dan restrart.

7.   IDM tidak memunculkan semua jenis dan kualitas video pada panel download nya.
Jika kamu telah menggunakan IDM yang up-to-date namun tetap saja IDM tidak memunculkan semua pilihan kualitas video yang bisa didownload, kamu mungkin bisa memilih kualitas video yang kamu inginkan pada webplayer video tersebut, baru kemudian IDM akan menambahkan pilihan untuk medownload video dengan kualitas tersebut pada panel Download.

Masalah ini juga bisa terjadi karena aplikasi Ccleaner atau semacamnya yang membersihkan registry keys dan temporary internet files. Pada Ccleaner, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan memilih pilihan Temporary Internet Files dan Cookies pada tab Windows, klik analyze dan remove. Adapun pada tab Applications, pilih Internet Cache dan Cookies, klik analyze, dan terakhir remove.

8.   Tidak ada pilihan download dengan kualitas video 360p dan 480p untuk video dengan format FLV.

9. Browser Anda Update Versi Terbaru
Kebalikan dari yang diatas ya, biasanya browser yang baru selesai diperbahasui akan otomatis mendisable add on yang tidak kompatible sehingga add on IDM yang lama akan otomatis terdisable oleh browser. Untuk cara ngatasinnya cobalah reinstal IDM kembali supaya extensi IDM terinstal di browser.

10. Hosting Video memblokir extensi IDM
Beberapa situs sengaja memblokir / mencegah video untuk dapat diunduh.

Solusi jitu jika masih tidak dapat mendownload Video dari website carnya cukup mudah, anda bisa menggunakan extesi/plugin browser yang berfungsi untuk Video Download. Hal ini sebagai langkah alternatif jika memang masih tidak dapat mendownload Video.

Sekarang ini, memang Youtube hanya menyediakan kualitas video 240p untuk format FLV. Ini bukan masalah yang disebabkan oleh IDM.

Demikian uraian masalah-masalah yang bisa muncul ketika hendak menggunakan IDM.

Disqus Comments