Cara Bermain ROS Menggunakan Stik IPega Android Tanpa Root

Bermain ROS (Rules of Survival) di Android tentunya akan tambah menyenangkan dan sangat seru pastinya jika dimainkan menggunakan stik. Dari segi tombolnya yang sangat user friendly dengan para player, yang membuat betah untuk bermain terus. Berbeda jika hanya menggunakan layar smartphone yang kurang sreg dari segi kontrol dan gameplay dimana tombol-tombol touchscreen menutupi layar.

Nah di kesempatan kali ini admin Dukuntekno, blog Selubun akan membagikan sebuah tutorial yaitu Tutorial Bermain ROS Dengan Menggunakan Stick Gamepad di HP Android. Jadi membuat kesan saat bermain ROS itu lebih mengasikkan. Lalu apa saja alat/tool yang digunakan dan bagaimana cara menymbungkan stick gamepadnya. Langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini :

Bahan Persiapan
1. Smartphone Android
2. Stick GamePad Bluetooth ( Saya menggunakan Sniper Gamepad , kalau di indonesia itu ada seperti DOBE , bisa pakai Ipega , Gamesir atau gamepad lainnya )
3. Download Aplikasi GameSir World lewat Playstore
4. PC ( untuk aktivasi mapping gamepadnya )

Tutorial Cara Bermain Rules of Survival Menggunakan Stik IPega Android Tanpa Root
Nah jika semua bahan persiapan di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yaitu step by step cara menghubungkan sticknya sampai bisa bermain game ROS anda. Jadi simak langkah-langkahnya dibawah ini dengan cermat ya:

1. Pertama hidupkan Bluetooth pada HP Android Anda.

2. Selanjutnya hidupkan bluetooth pada gamepad anda dengan menekan tombol X , jangan dilepas dahulu, kemudian tekan tombol Home pada gamepad anda. Maka joystick anda akan aktif dengan mode gamepad. Tanda jika sudah terkonek maka lampu pada joystick biasanya tidak berkedip lagi.

Perhatian! : Jika hanya mengaktifkan bluetooth tanpa tombol X, maka joystick anda kedetek namun tidak dalam gamepad mode.

3. Setelah joysticknya sudah terkonek, lalu buka aplikasi GameSir World, lalu pilih menu gamesir spirit yang ada di pojok kanan bawah .

4. Pastikan joystick anda sudah terdetek pada aplikasi gamesir, tandanya nama device nya (mikiman-M1) bisa terlihat seperti gambar di bawah ini.
Cara Bermain Rules of Survival Menggunakan Stik IPega Android Tanpa Root

Perhatian! : Mikiman-m1 connected merupakan nama joystick saya dan tanda sudah terdetek oleh aplikasinya. Untuk mencoba tombol-tombol joysticknya kalian bisa menekan menu tes.

5. Lakukan mapping joystick, caranya pilih menu mapping di urutan kedua. Tanda mapping masih merah , berarti belum bisa di mapping joysticknya. klik menu start, pilih saja menu nomor 1 ( Open by [ Computer ] ), Jadi disini kalian harus menggunakan bantuan PC

6. Unduh aplikasinya untuk mengaktifkan mappingnya dengan mengunjungi link resminya DISINI.

7. Unduh untuk versi windowsnya, setelah itu instal dan buka aplikasi xiaoji nya. Lihat gambar dibawah ini :
Cara Bermain Rules of Survival Menggunakan Stik IPega Android Tanpa Root

Ada pemberitahuan untuk mengaktifkan mode debugging USB di HP Android anda. Caranya dengan masuk ke menu setting ponsel  >> pilih opsi pengembang  >> lalu aktifkan opsinya pengembangnya >> dan centang Debug USB nya.

Perhatian! : Untuk yang belum ada menu opsi pengembang , anda harus mengaktifkannya dengan masuk menu setingan ponsel >> pilih tentang ponsel >> lalu tekan nomor bentukan beberapa kali hingga muncul menunya.

8. Hubungkan HP Android anda dengan kabel USB ke PC, setelah tekan menu OK pada aplikasi xiaojinya maka proses pengaktifan akan di mulai. Biasanya akan muncul notif debug usb lalu klik izinkan saja.

9. Jika muncul tulisan Connected Mobile Success, Lalu pilih Start Activation, akan  muncul debug USB lagi, ijinkan saja dan tunggu sampai proses penginstalan apikasinya selesai dan muncul pemberitahuan FINISHED.
Cara Bermain Rules of Survival Menggunakan Stik IPega Android Tanpa Root

10. Masuk ke aplikasi gamesir pada HP Android anda. Langsung aktifkan mapping nya.

11. Proses mapping sudah selesai, selanjutnya tinggal menambahkan game yang mau di mainkan menggunakan joysticknya. Caranya dengan menekan menu Add Game lalu pilih saja game ROS dan tekan tombol ADD yang ada dibawah.

12. Tinggal main game Rules of Survival deh. Ini tampilan game ROS dengan menggunakan joystick.
Cara Bermain Rules of Survival Menggunakan Stik IPega Android Tanpa Root

Gimana mudah bukan tutorial bermain Rules of Survival di Android menggunakan stick?, Congrat! enjoy the game with joystic. Oh ya gaes tutorial ini dapat juga di gunakan untuk memainkan game android lainnya. Mungkin itulah tutorial paling mudah menghubungkan stick ipega atau gamepad lainnya ke android yang pernah saya temui, saya ucapkan terimakasih, sampai ketemu di tutorial selanjutnya.