Cara Disable Googleweblight Di Situs CMS Wordpress

Hai gaes, kali ini saya akan memberikan tutorial bagi para wordpresser mengenai cara disable Googleweblight. Googleweblight merupakan layanan oleh Google yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kecepatan browsing yang lebih cepat, terutama pada peramban Chrome pada ponsel Android.

Google secara otomatis akan mendeteksi kecepatan internet yang lambat seperti internet pada jaringan 2G lalu mengalihkannya ke server proxy Google dengan kompresi data internal. Ini dapat mempercepat waktu pemuatan untuk situs web berbasis teks, Googleweblight tersedia di negara-negara tertentu termasuk Indonesia, Brasil dan India.

Namun beberapa situs ditemui memiliki tampilan yang tidak sesuai yang berakibat buruknya pengalaman visitor dalam menavigasi situs yang dialihkan ke mode Googleweblight. Selain itu beberapa javascript juga ditemui tidak berjalan walau munkin hal ini disebabkan karena attribut nofollow pada external javascrip pada situs.

Nah disini dukuntekno menawarkan solusi nih bagi anda yang ingin menonakktifkan mode Googleweblight pada blog yang Anda miliki, syaratnya situs anda harus ber CMS (Content Management System) dari Wordpress. Berikut tutorialnya.

Cara Setting Disable Googleweblight
1. Atur Header set Cache-Control "no-transform" yang ada pada file .htaccess.
2. Caranya bisa menggunakan pluggin "WP File Manajer".
3. Cari file .htaccess yang bisa ditemu di root folder /domain_anda/.htaccess.
4. Edit dan tambahkan baris kode Header set Cache-Control "no-transform" taruh di baris paling bawah. Lihat gambar berikut:

Cara Disable Googleweblight Di Situs CMS Wordpress

5. Biarkan google mendeteksi adanya perintah "no-transform" pada file header situs anda.
6. Selesai.

Nah gimana gaes, mudah sekali bukan? Hal ini secara perlahan akan menonaktifkan fitur Googleweblight pada seluruh halaman di situs anda. Tentunya ini tidak langsung instant ya, Sobat musti nunggu si Googlebot merayapi situs anda dan menemukan perintah no-transform dibagian .htaccess pada semua halaman yang terayapi. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat!.