2018-01-05

Cara Mereset BIOS Laptop Dengan Mudah

Reset BIOS atau Clear CMos lebih mudah apabila dilakukan di komputer, namun apa jadinya jika dilakukan pad Laptop? tentu agak sulit ya, karena secara desain laptop memiliki skrup yang kecil, banyak dan biasanya tempatnya terselip. Jadi jika anda ingin mereset BIOS Laptop maka harus membongkar laptopnya.

Tahap Bongkar Laptop
Membongkar laptop sebenarnya sangat mudah, namun supaya tidak terjadi human error harus dilakukan dengan baik dan benar dan juga kehati-hatian yang tinggi. Apa lagi Desain atau kerangka laptop yang memang berbeda – beda.

Penempatan baterai CMOS pada laptop merek satu sengan yang lain mungkin tidak akan sama. Namun bentuk baterai CMos yang mudah di temukan, Anda bisa memeriksa sendiri dimana letak baterai CMOS ini ditaruh. Berikut tutorialnya yang saya lakukan pada laptop CQ40:

1. Pertama, Balikan laptop kemudian perhatikan beberapa baut, terkadang juga ada baut yang tertutupi oleh stiker.

2. Posisi Baterai CMOS pada laptop CQ40 berada di area dekat bagian RAM atau belakang baterai. Perhatikan gambar dibawah ini, perhatikan bagian yang ditandai, buka bagian tersebut

3. Tempat BIOS bisa diketahui dari adanya sebuah baterai yang disambung menggunakan kabel.

4. Reset Bios  bisa dilakukan dengan 2 cara :
  • a. Mencabut Jumper Bios. Jumper BIOS biasanya lebih banyak ditemukan pada perangkat CPU komputer (bukan laptop), jadi reset CMOS pada Komputer selain bisa dilakukan dengan cara mencabut baterai CMOS juga bisa dilakukan dengan cara mencabut jumper CMOS.
  • b. Mencabut Baterai CMOS. Cara lainnya untuk dapat mereset CMOS Bios adalah dengan cara mencabut baterai CMOS Bios, nah untuk perangkat laptop, Notebook atau sejenisnya untuk reset BIOS lebih banyak dilakukan dengan cara mencabut baterainya, biasanya desain penerapan baterai BIOS tidak ditanam langsung ke board laptop melainkan menggunakan Kabel.

Bila sambungan tersebut dilepas atau dicabut kemudian dipasang kembali, maka secara otomatis Bios akan tereset atau kembali ke pengaturan semula.

5. Setelah selesai reset CMOS Bios, tahapan berikutnya adalah pengaturan tanggal di sistem Bios. Setelah direset tanggal akan berubah ke tanggal produksi, jadi harus disetting dulu tanggalnya.

Manfaat Reset Baterai CMOS Bios
Berdasarkan pengalaman ada keuntungan atau manfaat dari tindakan mereset Baterai CMOS Bios. Saya pernah mengalami kegagalan fungsi pada seluruh sambungan USB di laptop Saya, semua perangkat usb yang disambungkan tidak terdeteksi, dan ternyata hal tersebut bisa dengan mudah diatasi dengan cara merest baterai CMOS Bios.
Disqus Comments