Cara Mempercepat Loading Halaman Blog Terbukti Berhasil

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini mbah dukuntekno bakal share cara meningkatkan kecepatan loading blog yang tentunya sudah saya buktikan sendiri. Untuk mengukur kecepatan blog tidak hanya melalui fitur Google Page Insight atau Google Test Speed, tetapi juga melalui analitik aktifitas Googlebot yang ada di Webmaster, untuk melihat analitik loading blog di Webmaster setidaknya ahrus menunggu 3 hari, karena biasanya analitik blog hari ini akan di tampilkan setekah 3 hari kedepan.

Alasan Saya menggunakan Analytic Google Webmaster adalah lebih akurat dalam mengukur rata-rata kecepatan blog di semua laman. Berbeda di Google Page Insigh biasanya yang di ukur adalah laman homepage (anuanu.com). Tetapi kalo di Webmaster semua laman, contoh anuanu.com/anuanu/anuanu.html.

Berikut beberapa cara yang mudah untuk diikut:

Submit Ke Webmaster Http Dan Https Tanpa Dan Dengan WWW
Alasan kenapa submit http dan https bisa meningkatkan kecepatan blog adalah proses redirect yang lama. Proses redirecting bisa memakan waktu rata-rata 0.5 detik, itu baru proses redirec saja belum loading page nya. Contoh visitor membuka laman blog anda dengna alamat http://anuanu.com maka visitor akan di alihkan (redirect) ke laman dengna alamat https://anuanu.com.

Nah supaya blog tidak perlu diredirect, lakukan submit blog anda ke Webmaster entah itu Google Webmaster Tool, Bing Webmaster Tool ataupun Yandex Webmaster Tool. Submit domain anda dengan http:// , http://www , https:// dan https://www.

Jangan lupa untuk menonaktifkan proses redirecting http:// ke https:// dari penyedia jasa SSL yang and apakai.

Pangkas Ukuran CSS
Memangkas kode CSS secara signifikan dapat meningkatkan loading page laman Blog anda. Alasanya kode CSS adalah kode yang pertama kali di unduh oleh browser sebelum kode HTML yang lain.

Untuk memengkas ukuran kode CSS sangat mudah, biasanya kode CSS bentuknya seperti ini:

.kodecss1 {
float:left;
font:14px;
background:#111111;
}

.kodecss2 {
float:left;
font:14px;
background:#111111;
}

Pangkas kode diatas menjadi seperti ini:

.kodecss1 {float:left;font:14px;background:#111111;}.kodecss2 {float:left;font:14px;background:#111111}

Lakukan kesemua kode CSS di template anda, dan jangan lupa untuk Back Up terlebih dulu Template anda untuk menghindari human error.

Hapus Javascript Atau Ubah Ke Mode Asyncron
Menghapus kode Javascript secara signifikan dapat meningkatkan loading Blog. Apalagi jika ditemukan banyak kode javascript yang ditempatkan di paruh atas atau bagian Header blog. Biasanya ada beberapa fungsi kode CSS yang bisa menggantikan fungsi Javascript, misalnya fungsi Sticky Sidebar atau Sticky Menu.

Namun jika kode Javascript yang tertanam sangat penting anda bisa mengubahnya ke mode Asyncron dengan cara menambah tag async="async". Contoh script async="async" type="javascript", perintah tag async membuat kode javascript di load / eksekusi setelah halaman sudah di load 100% sehingga meningkatkan kecepatan Blog.

Pangkas Ukuran Generate Gambar Dan Thumbnail
Idealnya, untuk memangkas ukuran byte gambar bisanya kita akan mengkompress sekitar 30% ukuran gambar, dari yang ukuranya 100kb menjadi 70kb. Untuk melakukan hal ini anda tidak perlu menggunakan aplikasi sejenis kompressi image. Kita cukup menggunakan fungsi kode css.

Gunakan Template AMP
Sudah terbukti, blog yang telah mendapatkan label Valid AMP memiliki kecepatan loading page hingga 80% lebih cepat dari sebelumnya. Blog Dukuntekno.com telah menggunakan template AMP buatan sendiri. Dari yang saya pantau dari Analytic Webmaster, blog saya memiliki rata-rata kecepetan Load Page sekitar 0.3 detik. Sedangkan blog pada umumnya memiliki Load Speed sekitar 1 sampai 3 detik. Luar biasa bukan?.

Nah diatas merupakan beberapa cara mudah tanpa biaya untuk meningkatkan kecepatan loading blog, jika ada ide dan waktu luang lainya mungkin akan saya tambahkan. Sementara segitu dulu.

Wassalam.