-->

Pengertian Berbedaan OpenAL, OpenGL, OpenCL Dan OpenCV

Ada beberapa jenis platform komputasi dalam dunia komputer, pada artikel saya ini, saya akan membahas jenis platform yang namanya hampir identik dan cukup terkenal dan dipakai atau banyak di aplikasikan pada mesin pengolah data digital, yaitu OpenAL, OpenGL, OpenCL dan OpenCV. Ketiganya membawa kata Open dan membuatnya terlihat identik atau hampir sama padahal ketiganya ditunjukkan untuk tujuan yang berbeda, untuk menghilangkan kebingungan saya akan mengulas beberapa hal dari ketika platform komputasi tersebut.

OpenAL
OpenAL adalah singkatan dari Open Audio Library. OpenAL dikhususkan untuk mengolah data audio dalam mode 2D maupun 3D. OpenAL juga bisa dipadukan dengan API lain yaitu OpenGL, seperti ketika dalam adegan game dimana OpenGL mengolah efek ledakan yang di gambar pada layar sebelah kiri dan OpenAL akan memberikan efek suara ledakan di audio sebelah kiri juga, sehigga indra manusia akan merasakan sensasi yang lebih realistis.

OpenGL
Open Graphics Library (OpenGL) adalah cross programing language, cross programing artinya dapat ditemukan dan diprogram pada mesin lain. Dan ini salah satu jenis cross-platform application programming interface (API) yang ditunjukkan untuk membuat grafis rendering 2D dan vektor 3D. Karena OpenGL merupakan jenis cross platform, Maka OpenGL dapat ditemui pada pltaform yang berbeda seperti Android, Windows, VGA AMD, VGA nVidia. Pemrograman API biasanya digunakan untuk berinteraksi dengan mesin grafis Graphics Processing Unit (GPU), untuk mengatur dan menampilkan grafis kemonitor. Anda juga dapat menemui istilah OpenGL pada VGA Card melalui aplikasi GPUz dan memiliki pesaing dalam hal API grafis, seperti Cuda, PhysX dan Direct Compute.

Silicon Graphics Inc ( SGI ) mulai mengembangkan OpenGL pada tahun 1991 dan dirilis pada Januari 1992, aplikasi menggunakannya secara ekstensif di bidang desain dibantu komputer ( CAD ), virtual reality , visualisasi ilmiah , visualisasi informasi, simulasi penerbangan , dan game. OpenGL dikelola oleh non-profit teknologi konsorsium Khronos Grup.

OpenCL
Open Computing Language (OpenCL) adalah kerangka kerja untuk menulis program yang mengeksekusi seluruh platform arsitektur silikon yang terdiri dari CPU / Prosesor dan unit pengolahan grafis / GPU, Atau lainya. OpenCL menentukan bahasa pemrograman (berdasarkan C99) untuk pemrograman perangkat dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk mengontrol platform silicon arsitektur dan mengeksekusi program pada perangkat komputasi. OpenCL menyediakan antarmuka standar untuk komputasi paralel menggunakan berbasis tugas-dan paralelisme berbasis data. Pararel artinya data yang diproses dapat di olah secara bersama-sama oleh prosesor dan gpu sehingga meningkatkan kecepatan pemrosesan. OpenCL mengambil dan menggabungkan keunggulan dari tiap unit core, contoh GPU memiliki keunggulan dalam komputasi FPU (Floating Point Unit). dengan OpenCL CPU / Prosesor tidak perlu menghitung bilangan FPU, karena tugas untuk menghitung bilangan FPU telah di alihkan ke GPU.

OpenCL adalah standar terbuka yang dikelola oleh non-profit teknologi konsorsium Khronos Grup. Implementasi tersedia dari Altera , AMD , Apel , ARM Holdings , Creative Technology , IBM , Imagination Technologies , Intel , Nvidia , Qualcomm , Samsung , Vivante , Xilinx , dan ZiiLABS.

OpenCV
Open Source Computer Vision (OpenCV) adalah library dari fungsi pemrograman terutama ditujukan untuk real-time visi komputer (visi komputer artinya sebuah komputer dengan komputasi yang mengikuti konsep perhitungan pada diri manusia), awalnya dikembangkan oleh pusat penelitian Intel di Nizhny Novgorod (Rusia), kemudian didukung oleh Willow Garage dan sekarang dikelola oleh Itseez. Memiliki pustaka cross-platform dan gratis untuk penggunaan di bawah open source lisensi BSD.