Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pengertian OpenCL, CUDA, PhysX, Direct Compute



Biasanya istilah tersebut biasa di temui pada prosesor atau Kartu grafis tertentu, terutama bagi yang menggunakan aplikasi GPU-Z, namun apa pengertian dari istila-istilah di atas?, bDukun Tekno akan membahasnya sebagai berikut.

OpenCL ( Open Computing Language )

OpenCL adalah Sebuah mekanisme eksekusi programm pada Prosesor multi core dimana di antara corenya memiliki platform berbeda dari core yang lain seperti CPU dan GPU atau biasa di sebut heterogen arsitektur prosesor, biasanya peran GPU pada komputasi heterogen ini adalah sebagai akselerator. OpenCL membagi beban kerja pada CPU dan GPU, sehingga Resource CPU lebih lega, alhasil ini mempengaruh kinerja aplikasi latar belakang.

CUDA ( Compute Unified Device Arcitecture )

CUDA adalah mekanisme komputasi pararel sekaligus platform API yang di buat oleh NVidia. CUDA hampir sama dengan OpenCL dimana tujuanya untuk mendapatkan komputasi seefisien mungkin, bedanya CUDA hanya untuk vendor NVidia sedangakan OpenCL sudah di pakai banyak Vendor. Klaim NVidia bahwa CUDA lebih cepat 30% di banding OpenCL.

PhysX

PhysX Adalah Simulasi fisika yang mengacu pada hukum fisika Newton dimana perhitunganya mampu menghasilkan citra partikel, partikel cair, kain robek, dinamika tubuh, dan lainya. PhysX biasanya ada pada kartu grafis NVidia dan jika VGA Card NVidia anda hanya suport CUDA, stidaknya membutuhkan VRAM sebesar 256MB maka PhysX dapat aktif dengan sendirinya.

Direct Compute

Microsoft Direct Compute adalah antarmuka pemrograman aplikasi atau API ( Aplication Programing Interface ) yang mendukung komputasi tertentu untuk GPU ( Graphic Processing Unit ) pada Microsoft Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8. Direct Compute merupakan bagian dari Microsoft DirectX koleksi API, dan awalnya dirilis dengan DirectX 11 API tapi berjalan pada unit pengolahan grafis yang menggunakan DirectX 10 atau DirectX 11. Direct Compute sebuah arsitektur API komputasi dengan pesaingnya: OpenCL dari Khronos Grup, shader menghitung dalam OpenGL, dan CUDA dari NVIDIA.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+