Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan RAM dan VRAM



Umumnya kita hanya mengenal istilah RAM pada komputer, kemunculan VRAM tentunya membuat penasaran, semakin besar ukuran RAM pada komputer membuat pengguna dapat membuka semakin banyak aplikasi secara bersamaan, semakin besar ukuran VRAM pengguna dapat menampilkan konten grafis berdefinisi tinggi.

RAM ( Random Access Memory )

Ram adalah jenis memory digital dimana CPU dapat baca dan tulis data secara acak atau baca dan tulis dalam urutan apapun. Di 2015 ini ada 2 jenis Ram yang cukup terkenal yaitu SRAM dan DRAM, SRAM hampir unggul dalam segala hal di banding DRAM namun dalam produksinya lebih mahal dari DRAM, keunggulanya meliputi kecepatan baca / tulis dan lebih hemat energi, SRAM biasanya di pasang pada CPU untuk memory Cache. Tidak hanya bentuk secara fisk, tipe data tertentu bisa dianggap RAM contoh data swap pada HDD.

VRAM ( Video Random Access Memory )

VRAM adalah jenis memory DRAM dan digunakan untuk menyimpan famebuffer pada Video Adapter. framebuffer adalah data ram yang berisi nilai warna untuk adegan video, kualitas warna berdasarkan jumlah bit pada pixel seperti 1bit hanya bisa menyimpan hitam dan putih, 4bit mampu menghasilkan 256 warna, 8bit untuk 16777216 warna, dll. Penyimpanan data VRAM biasanya mengikuti konsep framebuffer sehingga bisa menghasilkan Output yang lebih cepat, Biasanya VRAM berada di VGA Card berdekatan dengan Chip GPU dan mengelilinginya.

Kesimpulan

VRAM biasanya hanya di pakai oleh Video Adapter, seperti Graphic Card. Sedangkan RAM dapat sepenuhnya di akses oleh CPU. VRAM umumnya lebih cepat, mampu baca / tulis data hingga 1024 bit per.Clock nya sedangkan RAM  biasanya hanya 64 bit saja.