Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Mengetahui Spesifikasi RAM Secara Fisik



Di sini Dukun Tekno akan menjelaskan bagamana mengartikan tulisan pada kemasan RAM secara fisik. Di ketahui bahwa jenis ram sendiri ada banyak dan memiliki nilai teknis sendiri-sendiri. biasanya tulisan yang di tulis oleh Vendor / Produsen RAM pada kemasan memiliki bentuk yang berbeda-beda untuk menyebut spesifikasi yang sama, misalnya seperti produsen Kingston memiliki tulisan berbeda dengan Cossair ketika menyebutkan RAM DDR3 1333Mhz 4GB. sehingga anda harus bisa berfikir sendiri setelah membaca penjelasan saya.

Membedakan Jenis DDR ( Double Data Rate )

PC3 = DDR3

Pada Kemasan biasanya akan ditulis D3 / DDR3 / PC3 untuk menyebutkan DDR3, ini juga berlaku ketika menyebutkan DDR2 yaitu D2 / DDR2 / PC2. DDR ( Double Data Rate ) adalah sejenis generasi teknologi RAM yang mampu menghasilkan 2 sinyal dalam satu clocknya, penomeran angka setelah DDR menunjukkan generasi teknologi.

Membedakan Jenis ECC ( Error Corecting Code )

RAM jenis ini memilik Chip tambahan untuk mendeteksi kesalahan kode dan memperbaiki kesalahan kode, berbeda dengan RAM non-ECC yang tidak mampu mengoreksi kesalahan. tidak semua komputer kompatible dengan jenis RAM ECC walaupun memiliki DDR yang sama, termasuk tipe ECC. Contoh saja komputer yang mendukung RAM ECC Full Buffer belum tentu mendukung RAM ECC Registered.

Untuk membedakan RAM ECC dengan non-ECC, biasanya Jumlah Chip pada RAM ECC akan Habis dibagi 3. Berikut adalah singkatan untuk jenis RAM ECC yang biasa di temui pada kemasan:

- 'U' berarti ECC Unregistered RAM ECC, Contoh: PC3-10600U.
- 'E' berarti terintegerasi ECC. Contoh: PC3-10600E.
- 'R' / 'P' berarti ECC Registered. Contoh: PC3-10600R / PC3-10600P.
- 'F' / 'FB' berarti ECC Full Buffer. Contoh: PC3-10600F / PC3-10600FB.

Mengetahui Kecepatan Frequensi Dan Bandwidth

Biasanya pihak pembuat Ram akan menulis PC3 atau DDR3, untuk PC3 setelah tulisan PCx selanjutnya ada nomor. Contoh saja 10600, maka nomor tersebut adalah kecepatan Bandwidth RAM, namun biasanya untuk penulisan versi PCx tidak diikuti penulisan Frequensi atau Clock.

Sedangkan penulisan nomor setelah DDR3 adalah Frequensi, Contoh: 1333. Maka memor RAM tersebut memiliki frequensi 1333mhz, untuk mengetahui bandwidth pada penulisan versi DDR biasanya menggunakan rumus seperti berikut, Contoh: DDR3 1333.

Formulanya seperti ini:
Frequensi x Bus Clock Multipler x DDR x Bit Transfer per Clock / Perubahan Nilai Bit ke Byte.

Contoh DDR2 dengan frekuensi 533MHz: kecepatan kerjanya RAM ini bisa memiliki denyut listrik sebanyak 533 juta kali/detik.

PC 4200 (Megabit/detik) : kecepatan transfer rate data RAM tersebut. Setiap proses penulisan data 1 byte = 8 bit. Jadi 533MHz/s x 8bit/Hz = 4200 Megabit/second
Begitu seterusnya. DDR2 800MHz x 8 = PC6400

Share Artikel

Facebook Twitter Google+

2 komentar

I love math owo)b.
Ngomong2, bisakah mengetahui bandwidth ram laptop tanpa harus lepas dulu ramnya?
Saya coba check di Cpu-z nggak work.

Gini mas bro tomas.. di aplikasi CPUz itu nampilin setengah frequensinya.. contoh untuk RAM 1333mhz di aplikasi CPUz tertulis 650mhz.. karena DDR kepanjangan dual data rate, jadi harus di kali dua.. jadi 650mhzx2 = 1300mhz ato sekitar 1333mhz.. Gitu..