-->

Perbedaan Frame, Refresh Rate Dan Vertical Synchronization

Ada perbedaan antara syncronisasi antara Monitor dan Mesin Grafis (GPU atau VGA Card), kedua perangkat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Monitor bertugas untuk menampilkan apapun yang digambar oleh Mesin Grafis, sedangkan Mesin Grafis berfungsi untuk menggambar frame. Ibarat sebuah lukisan, Mesin Grafis (GPU) diibaratkan sebagai kuas atau pensil, sedangkan Monitor merupakan kanvas / kertas putih.

Anda mungkin pernah melihat bagaimana cara kerja film kartun, ya! film kartun terdiri dari ratusan lembar gambar. Dan gambar-gambar tersebut terus berganti-ganti sehingga gambar kartun tersebut terlihat sepeti benda hidup. Begitulah kurang lebih konsep pada Monitor dan GPU ketika menampilkan konten gambar bergerak, yuk kita pelajari lebih lengkap mengenai hal ini.

Framerate
Framerate adalah jumlah gambar yang mampu digambar oleh GPU, memiliki satuan yang disebut FPS (Frame Per Secon), contoh 60fps artinya GPU tersebut mampu menggambar hingga 60 frame per detiknya. Gambar yang telah buat oleh GPU/Mesin Grafis tersebut akan dikirim ke monitor melalui kode digital.

Refresh Rate
Refresh Rate atau Refresh Rate Vertical adalah jumlah layar monitor dalam memperbaharui warna di layar dalam satu detik, satuannya adalah Hz (Hertz). Ada perbedaan jumlah FPS dan Refresh Rate yang menyebabkan beberapa ketidak syncronan, ini dikarenakan Monitor dan GPU merupakan perangkat yang terpisah. Contoh saja ketika GPU menghasilkan 24fps sedangkan Monitor memiliki refresh rate sebesar 72Hz, maka Monitor mampu menampilkan warna 3 kali lebih cepat dibanding GPU, alhasil setiap satu Frame yang dikirim ke monitor akan digambar oleh monitor setiap 3 kali refresh warna.

VSync
VSync (Vertical Synchronization) adalah fitur untuk menyingkronkan jumlah frame yang digambar oleh GPU dengan jumlah Refresh Rate yang ada pada Monitor. Dalam hal ini GPU harus dituntut untuk menggambar frame dengan jumlah yang sama dengan refresh rate pada monitor, contohnya 60hz. akan tetapi GPU  tidak selalu mampu menggambar hingga 60fps karena terkadang ada frame yang membutuhkan proses lama, alhasil terjadi keterlamabatan dan ketidak syncronisasi antara GPU dan Monitor, efeknya adalah terlihat gambar yang robek. Untuk mencegah effek gambar robek, fitur VSync akan memblok gambar yang belum terselesaikan oleh GPU.

Teknologi yang sama yang mencegah gambar robek pada layar juga ditemui pada perusahaan perakit VGA card yaitu AMD dan nVidia, anda bisa membacanya disini Perbedaan AMD FreeSync Dan nVidia G-Sync