Cara Termudah Mendisable Cortana Di Windows 10

Hai gaes, kali ini mimin Dukuntekno akan berbicar mengenai Cortana pada Win 10. Fitur Cortana sebenarnya merupakan asisten digital yang fungsinya seperti Search Enghine, namun bedanya ketika mencari sesuatu kita cukup mengucap bukanya mengetik di kolom pencarian. Sayangnya saat ini fitur Cortana tersedia dalam bahasa inggris saja, jadi jika Anda berbicara dalam bahasa Indonesia, si Cortana ini akan salah dalam mendengarkan kata yang Anda ucapakan.

Nah dari pada fitur ini aktif tapi tidak bermanfaat lebih baik di non aktifkan saja, karena apa? karena si Cortana ini juga memakan sumber komputasi seperti menggunakan memory RAM yang ada, CPU, Data Internet, dll. Ketika fitur ini terlanjur aktif, ternyata pihak Microsoft tidak/belom menyediakan opsi non aktifkan Cortana untuk pengguna Awam.

Disinilah Dukuntekno akan meberikan tutorial cara menonaktifkan fitur Cortana, silahkan simak baik-baik.

Tutorial Mematikan Assisten Cortana Di Windows 10
1. Pertama tekan logo Win + R, lalu masukkan "gpedit.msc", maka akan terbuka jendela Lokal Group Policy Editor.

2. Jika sudah masuk ke Lokal Group Policy Editor, silahkan kamu klik pada Computer Configuration > lalu dobel klik pada Administrative Templates > Windows Components > Search > double click "Allow Cortana".
Cara Termudah Mendisable Cortana Di Windows 10

3. Maka akan muncul terbaru silahkan pilih opsi Disable kemudian klik OK untuk mematikan Cortana.
Cara Termudah Mendisable Cortana Di Windows 10

Untuk mengetes nya silahkan coba ketikan Cortana pada kotak pencarian. Jika Cortana sudah berhasil dimatikan maka akan muncul tulisan Search indexing was turned off .